Contoh Gelombang Transversal dan Longitudinal Beserta Penjelasan Terbaru

Contoh Gelombang Transversal serta Longitudinal Beserta Penjelasan - Dalam pelajaran Fisika masih ada materi mengenai gelombang. Gelombang ialah suatu getaran yang melakukan perambatan. Gelonbang sendiri dapat dibagi menajdi 2 jenis yaitu gelombang transversal serta gelombang longitudinal. Setiap gelombang mempunyai penjelasan dan contoh masing masing. Lalu apa saja model gelombang transversal? Apa contoh gelombang longitudinal? Kedua jenis gelombang ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Tetapi kita tidak begitu menyadarinya.
Ketika kita dibangku sekolah, pastinya kita telah dijelaskan tentang kedua jenis gelombang tersebut. Bagaimana jua model kenyataan menurut gelombang itu? Untuk mengingatkannya pulang, saya akan memberikan beberapa contoh gelombang transversal dan contoh gelombang longitudinal beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya bisa anda simak dibawah ini.

Contoh Gelombang Transversal serta Longitudinal Beserta Penjelasan

Sudah aku jelaskan diatas bahwa gelombang adalah sebuah getaran yang merambat menggunakan diikuti pemindahan materi yang sudah dilaluinya. Gelombang tadi dapat disebut menjadi perambatan energi. Tetapi model gelombang transversal dan model gelombang longitudinal tidak sama beda. Dalam sebuah gelombang masih ada besaran besaran yg perlu anda ketahui yaitu :
  1. Amplitudo gelombang (A) merupakan jeda yg terjadi antara zenit gelombang dengan titik acuan (titik nol). Satuan Internasionalnya yaitu meter (m).
  2. Panjang gelombang (λ) ialah jeda yg terjadi antara dua lembah yg saling berurutan ataupun dua zenit gelombang yang saling berurutan. Satuan Internasionalnya yaitu meter (m).
  3. Frekuensi gelombang (f) ialah banyaknya jumlah gelombang setiap satuan ketika. Satuan Internasionalnya yaitu Hertz (Hz).
  4. Periode gelombang (T) merupakan waktu yg dibutuhkan dalam perambatan satu gelombang. Satuan Internasionalnya yaitu sekon (s).
  5. Cepat rambat gelombang (v) adalah kecepatan pada gelombang ketika mengalami perambatan. Satuan Internasionalnya yaitu meter/sekon (m/s).
Baca pula : Rumus Percepatan serta Perlambatan Beserta Contohnya
Berdasarkan arah getarannya, gelombang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Setiap gelombang memiliki penjelasan serta contoh masing masing. Berikut model gelombang transversal serta model gelombang longitudinal.

Gelombang Transversal

Gelombang transversal ialah jenis gelombang yang mempunyai arah getaran serta arah perambatan gelombang yg saling tegak lurus. Biasanya gelombang periodiknya ditunjukkan dengan gambar bukit dan lembah. Gelombang ini mengalami polarisasi dalam satu arah, menggunakan begitu arah getaran yang terdapat dibidang menggunakan arah rambatannya saling tegak lurus. Berikut beberapa contoh gelombang transversal:
  • Gelombang elektromagnetik atau gelombang cahaya.
  • Gelombang yang terdapat pada riak air.
  • Gelombang love.
  • Gelombang Tali.
  • Gelombang Seismik S.
  • Gelombang Rayleigh, serta sebagainya.
Baca pula : Hubungan Antara Gaya serta Gerak Beserta Penjelasan

Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan jenis gelombang yang memiliki arah getaran dengan arat rambatan gelombang yang searah serta memiliki gerakan medium gelombang serta perambatan gelombang yg sama atau antagonis. Berdasarkan prosedur gelombang tadi, maka gelombang longitudinal terdiri dari gelombang kompresi dan gelombang mampatan. Gelombang ini nir bisa mengalami polarisasi lantaran arah osilasi gelombangnya terjadi pada sepanjang bepergian gelombang. Berikut model gelombang longitudinal yakni :
  • Gelombang Seismik P.
  • Gelombang bunyi.
  • Gelombang Slingki atau Pegas.
  • Gelombang Plasma.
Demikianlah model gelombang transversal serta contoh gelombang longitudinal yg bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru