Contoh Judul Penelitian Geografi

Mencari judul penelitian seperti makalah atau skripsi memang gampang-gampang susah. Bagi yg telah terbiasa meneliti, pemilihan judul mungkin sangat gampang hanya dengan megobservasi lingkungan lebih kurang. Bagi yang belum mempunyai gambaran tentang contoh judul penelitian geografi, berikut saya berikan contohnya.
Baca jua:
Soal geografi bab energi endogen serta eksogen
Menghitung angka pertumbuhan penduduk 
Proses terbentuknya pegunungan Himalaya
Perbedaan gletser serta gunung es
Daftar nama gunung api di Indonesia tiap pulau
Jenis-jenis presipitasi atmosfer
Karakter letusan gunung api pada Indonesia
Konsep asosiasi atau keterkaitan keruangan


1.fenomena alam
Berbagai kenyataan alam banyak terjadi pada permukaan bumi mulai dari erupsi gunung api, gempa, tsunami, longsor, banjir serta masih poly lagi. Berbagai kenyataan tadi bisa sebagai topik yg menarik untuk dijadikan sebuah karya ilmiah baik itu makalah atau penelitian lapangan. Dengan melakukan riset ilmiah maka nantinya akan diketahui penyebab terjadinya kenyataan tersebut, faktor-faktor yg memengaruhinya serta bagaimana cara pengurangan resiko korban dampak kejadian tadi. Beberapa judul karya tulis yg isinya berkaitan dengan suatu fenomena alam diantaranya menjadi berikut:
  • Dampak Erupsi Merapi Tahun 2018 Terhadap Kondisi Lingkungan Desa Cangkirngan.
  • Zonasi Daerah Rawan Tanah Bergerak pada Tasikmalaya.
2.kependudukan
Kependudukan merupakan keliru satu kajian khusus dalam geografi yg digambarkan dalam Demografi atau Geografi Penduduk. Pada Geografi Penduduk, insan sebagai penghuni daerah pada permukaan bumi dipelajari penyebarannya, kepadatannya, petumbuhan, gerak dan aktivitasnya terhadap lingkungan. Berdasarkan analisis tersebut akan diperoleh data-data yg berkaitan dengan masalah-kasus yg berkaitan menggunakan kependudukan. Masalah sosial yg terjadi  di bagian atas bumi saat ini terutama asal menurut penduduk seperti pertumbuhan penduduk yg nir terkendali, penyebaran penduduk yang tidak merata dan ketidakseimbangan penduduk menggunakan bahan pangan. Studi mengenai kependudukan sangat diperlukan buat mengatasi aneka macam problem tersebut sehingga ekuilibrium antara insan menggunakan lingkungan dapat terjaga. Beberapa model judul karya tulis yg berkenaan menggunakan tema kependudukan antara lain:
  • Pengaruh Urbanisasi Terhadap Perkembangan Desa Tanjungsari.
  • Efektivitas Pelaksanaan Program Pemberdayaan Keluarga Harapan pada Kelurahan Cipedes.
3.sumber Daya Alam serta Lingkungan
Kerusakan lingkungan poly terjadi saat ini yang diakibatkan kurang arifnya insan pada mengelola asal daya alam yang tersedia. Kerusakan tadi antara lain merupakan pencemaran air, udara, tanah sampai nuklir. Salah satu pendekatan geografi yang merupakan turunan berdasarkan ilmu hayati adalah pendekatan ekologi. Pendekatan ekologi dimasukan dalam geografi lantaran manusia merupakan mahluk yang lebih banyak didominasi pada lingkungan (man ecological dominant) sehingga cenderung akan merubah struktur ruang permukaan bumi tersebut. Beberapa model judul karya ilmiah yg bertema lingkungan antara lain:
  • Pengaruh Pencemaran Air Sungai Terhadap Produktivitas Pertanian Padi Di Desa Mulyasari.
  • Faktor-Faktor Penyebaran Deposit Mineral Batu Bara di Indonesia.
4.pembangunan wilayah
Pembangunan merupakan sebuah proses peningkatan kehidupan insan khususnya ke arah yg lebih baik. Setiap daerah mempunyai ciri tersendiri sehingga memerlukan perlakukan pembangunan yang sinkron menggunakan ciri tadi. Pembangunan daerah meliputi pembangunan di setiap segi baik fisik wilayah juga pembangunan manusianya. Beberapa judul karya ilmiah yang berkaitan dengan topik pembangunan daerah diantaranya:
  • Gotong Royong Dalam Kaitannya Dengan Pembangunan Masyarakat Desa .
  • Analisis Pola Pembangunan Pertanian Lahan Basah di Desa Kertajaya.
5.budaya 
Kebudayaan merupakan hasil menurut perwujudan aktivitas manusia pada bumi dan setiap daerah mempunyai corak budaya masing-masing pada masyarakatnya. Keunikan berdasarkan suatu budaya masyarakat dapat sebagai suatu topik yang menarik buat dikaji baik itu istiadat adat, norma, kearifaan lokal, benda-benda fisik maupun hal lainnya. Contoh judul karya ilmiah yang berkaitan menggunakan tema budaya diantaranya:
  • Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Naga Dalam Kaitannya Dengan Keberlanjutan Lingkungan.
  • Sejarah Tradisi Seren Taun di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.
6.transportasi 
Di zaman kini ini gerak insan di atas permukaan bumi semakin cepat dan memerlukan moda transportasi yg handal. Pembangunan sarana dan prasarana transportasi menjadi galat satu rencana pemerintah buat memperlancar arus barang serta jasa sebagai akibatnya yg nantinya berdampak dalam pemerataan ekonomi masyarakat. Beberapa judul karya ilmiah yg berkaitan dengan tema transportasi diantaranya:
  • Pembangunan Jalan Desa Kaitannya Dengan Pola Kehidupan Sosial Masyarakat.
  • Efektifitas Bussway Sebagai Moda Transportasi Massa di Jakarta.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru