Contoh Kata Pengantar Pembuka Buku Pelajaran

Dalam sebuah buku tentunya di bagian awal selalu menuliskan istilah pengantar. Kata pengantar adalah sebuah paragraf yg berisikan gambaran generik dari sebuah kitab . Kata pengantar hendaknya tidak terlalu panjang serta tidak bertele-tele, relatif satu halaman saja. Berikut ini model kata pengantar yg saya buat saat menerbitkan kitab paket geografi.

KATA PENGANTAR
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yg mengusut kenyataan alam dan sosial pada permukaan bumi bersama penyebaran serta interelasinya satu sama lain. Bumi adalah planet yang bergerak maju serta senantiasa berubah semenjak awal pembentukannya sampai ketika ini. Perubahan pola struktur ruang bagian atas bumi akan berdampak pada perubahan-perubahan yg terjadi pada kehidupan mahluk-mahluk pada bumi terutama insan.


Manusia sebagai mahluk yang mayoritas di bagian atas bumi memerlukan pengetahuan geografi agar memiliki kecerdasan spasial yang baik pada mengelola setiap unsur yang terdapat dalam ruang bagian atas bumi. Tanpa memiliki kecerdasan spasial yg mumpuni, insan tidak akan bijak pada mengelola lingkungannya sehingga bencana akan senantiasa datang cepat atau lambat.


Mengacu pada hal tersebut penulis menyusun kitab paket Geografi buat tingkat SMA/MA. Buku disusun menurut kebutuhan  Kurikulum 2018 menggunakan dukungan sumber terpercaya dan dilengkapi gambar, data dan banyak sekali kenyataan aktual yg terjadi di permukaan bumi akhir-akhir ini. Buku ini dibuat menggunakan bahasa yg ringan serta gampang dicerna oleh peserta didik taraf SMA/MA.


Akhir kata semoga buku ini dapat berguna bagi penggunanya dan ilmunya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kritik dan saran yang membangun senantiasa terbuka menurut pembaca buat perbaikan buku ini pada lalu hari.
Majalengka, Agustus 2018

Penulis

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru