Contoh Majas Anafora Dalam Puisi dan Kalimat Bahasa Indonesia Terbaru

Contoh Majas Anafora Dalam Puisi serta Kalimat Bahasa Indonesia - Majas anafora merupakan keliru satu jenis majas Bahasa Indonesia selain majas tautologi, majas simile, majas paralelisme, majas repetisi serta sebagainya. Apa itu majas anafora? Majas ini mempunyai contoh majas anafora dalam puisi maupun contoh majas anafora dalam kalimat Bahasa Indonesia. Penerapan majas anafora memang banyak ditemukan dalam puisi puisi Bahasa Indonesia, seperti halnya jenis majas lainnya. Namun majas anafora memiliki karakteristik khas eksklusif yang dapat membedakannya dengan jenis majas Bahasa Indonesia lainnya.
Majas anafora telah dipelajari saat kita masih dibangku sekolah. Tentunya majas ini telah tidak asing lagi buat kita. Majas anafora tersebut berisi pengulangan frasa atau istilah pada satu kalimat. Pengulangan istilah tersebut asal berdasarkan istilah awal kalimat kemudian ditulis pulang pada bagian akhir ataupun tengah kalimat. Kemudian untuk pengulangan istilah dalam puisi umumnya mengulang frasa pertama dan ditulis kembali dalam frasa selanjutnya. Nah kali ini saya akan menunjukkan beberapa model majas anafora dalam puisi serta model majas anafora pada kalimat Bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Majas Anafora Dalam Puisi serta Kalimat Bahasa Indonesia

Kata anafora pada Bahasa Yunani berarti "anaphore" yg adalah pengulangan tempat. Adapula pengertian anafora secara istilah yaitu gaya bahasa yg terdiri berdasarkan pengulangan istilah pertama dalam sebuah kalimat. Majas anafora ini mempunyai ciri spesifik yaitu pengulangan kata pada kalimat atau baris puisi selanjutnya. Pengertian majas anafora berdasarkan pendapat Ratna yaitu sekelompok istilah yang mengalami pengulangan dalam kalimat atau baris selanjutnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian majas anafora yaitu pengulangan kata pertama pada kalimat selanjutnya menggunakan sifat yang sama. Selain pengertian adapula contoh majas anafora dalam puisi maupun model majas anafora dalam kalimat Bahasa Indonesia.
Baca jua : 60 Contoh Majas Sinestesia Beserta Penjelasan Terlengkap

Contoh Majas Anafora Dalam Puisi

Contoh majas anafora yg pertama aku sajikan dalam bentuk puisi. Majas anafora ini berguna buat mengulang kata pada baris pertama puisi dan ditulis pulang pada baris selanjutnya. Berikut beberapa model majas anafora dalam puisi:

Contoh Puisi 1
Karena kuasa-Mu, alam ini terbentuk
Karena kuasa-Mu, makhluk hayati jua terbentuk
Karena kuasa-Mu, hamba bisa bernaung
Karena kuasa-Mu, hamba dapat beribadah buat-Mu
Karena kuasa-Mu, hamba dapat kembali pada-Mu
Karena kuasa-Mu, hamba bisa hidup di alam Sana

Contoh Puisi 2
Cinta itu Anugerah setiap orang
Cinta itu kebahagiaaan.
Cinta itu kesabaran
Cinta itu kekuatan
Cinta itu hubungan
Cinta itu ada dalam setiap Makhluk

Contoh Puisi 3
Duhai kekasih, masih ingatkah kepadaku?
Duhai kekasih, ingatkah janjimu?
Duhai kekasih, ingatkah kenangan kita?
Duhai kekasih, ingatkan janji kita?
Mengingatmu ku hanya terluka
Mengingatmu ku hanya menderita
Mengingatmu saya pula bahagia
Duhai kekasih, hingga kapan kau terlupa?
Baca jua : Pengertian Majas Sinekdoke Beserta Contoh (Pars Pro Toto serta Totem Pro Parie)
Contoh Puisi 4
Meskipun ku jatuh
Meskipun ku rapuh
Meskipun ku lusuh
Tekad ku tak kan pernah goyah
Hanya karena tulang ini patah

Berdasarkan model diatas terdapat pengulangan istilah dibagian awal baris serta ditulis balik pada baris selanjutnya. Contoh majas anafora dalam puisi tadi berisi pengulangan kata dalam setiap barisnya. 

Contoh Majas Anafora Dalam Kalimat

Selanjutnya aku akan membagikan model majas anafora dalam kalimat. Dalam kalimat Bahasa Indonesia masih ada penggunaan majas anafora yang terletak dibagian awal kalimat. Kalimat tadi diulang balik dalam kalimat selanjutnya, baik dibagian tengah ataupun diakhir. Berikut beberapa contoh majas anafora dalam kalimat Bahasa Indonesia:
  • Apapun impian yg ingin kau raih, apapun tujuan yg ingin kau gapai, apapun pilihan yg ingin kau ambil dan apapun keputusan yg ingin ambil, saya akan permanen mendukungmu.
  • Meskipun susah, meskipun senang , meskipun capek, aku akan permanen bersyukur dengan apa yg aku miliki sekarang.
  • Walaupun saya dikucilkan, walaupun aku dihinadinakan, meskipun saya direndahkan, akan tetapi saya akan permanen dijalan yang benar.
  • Tahukah kau bahwa saya merindukanmu, tahukah kau bahwa aku menyayangimu, tahukah kau bahwa saya sangat mencintaimu?
  • Jasa baikmu akan selalu kukenang, jasa baikmu akan selalu terdapat dalam ingatanku, jasa baikmu akan selalu berguna untukku.
  • Kini ku hanya disini, kini ku hanya sanggup menantimu, sekarang ku hanya bisa mengharapkanmu balik .
Baca jua : Pengertian dan Contoh Kalimat Larangan Bahasa Indonesia Terlengkap
  • Dalam duka, pada nestapa dan dalam senang, kita akan melaluinya bersama.
  • Entah hari ini, entah besuk pagi, entah suatu hari nanti, saya akan selalu menunggu kedatanganmu.
Berdasarkan model diatas, dapat kita lihat beberapa kalimat yang mengandung majas anafora. Contoh majas anafora dalam kalimat tersebut berisi pengulangan awal istilah yg ditulis pulang dalam kalimat selanjutnya. Majas ini bahkan acapkali digunakan dalam kehidupan sehari hari.

Sekian contoh majas anafora pada puisi dan contoh majas anafora dalam kalimat Bahasa Indonesia yg bisa aku bagikan. Majas anafora adalah jenis majas yang berisi pengulangan kata dalam kalimat atau baris selanjutnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI