Contoh Pemanfaatan SIG di Bidang Lingkungan Hidup

Teman-sahabat tentu acapkali menemukan soal di UN tentang SIG bukan?. Nah soal SIG pada UN ini poly variasinya serta galat satu yang acapkali timbul adalah mengenai pemanfaatan SIG di berbagai bidang kehidupan. Sistem Informasi Geografi merupakan gugusan antara kartografi dengan teknologi personal komputer sehingga bisa membentuk peta digital. Lalu bagaimana sih model pemanfaatan SIG di bidang lingkungan hidup?. Kalian wajib bisa mengidentifikasi indikator-indikator yang berkaitan dengan lingkungan hidup jangan hingga tertukar menggunakan bidang meteorologi, SDA, kesehatan, ekonomi atau lainnya. 

Perhatikan contoh soal berikut adalah:

1. Salah satu model pemanfaatan SIG pada bidang lingkungan hayati merupakan ....
a. Memantau perubahan garis pantai karena abrasi
b. Menyajikan peta per-awanan pada atmosfer
c. Melihat sebaran titik api di lahan gambut
d. Menciptakan zonasi daerah rawan gempa
e. Memilih titik-titik eksplorasi bahan tambang

Jawabannya merupakan c. Karena titik barah berkaitan tentang berita lingkungan hayati yaitu kebakaran huma. Jadi pilihlah jawaban yg berkaitan berita lingkungan. Jawaban a) lebih mengarah ke bidang oseanografi, jawaban b) lebih menunjuk ke bidang meteorologi, jawaban d) lebih menunjuk ke bidang kebencanaan serta jawaban e) lebih mengarah kepada bidang SDA atau ekonomi.


Jadi buat menjawab soal misalnya ini kamu wajib bisa membedakan dulu indikator-indikator tiap bidang kehidupan misalnya berikut:

1. Meteorologi 
2. Ekonomi
3. SDA
4. Ekonomi
5. Kesehatan
6. Militer
7. Kebencanaan
8. Lingkungan hidup
9. Hidrologi 

Silahkan diskusikan serta cari tahu mengenai hal-hal yang berakitan menggunakan 9 aspek bidang kehidupan diatas izin engkau gak galau atua salah menjawab pada soal UN. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI