Contoh Sistematika PTK Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa inggrisnya class action research adalah galat satu jenis penelitian sosial yang bertujuan buat menemukan serta mencari solusi masalah-kasus terkait kualitas pembelajaran. Seorang guru tentunya harus memahami dan harus melaksanakan PTK agar kualitas pembelajaran semakin baik dan murid akan semakin antusias belajar. PTK sekarang menjadi galat satu karya tulis wajib pengajar dan poly diperlombakan baik pada tingkan propinsi hingga nasional. Pengalaman aku mengikuti lomba karya tulis pengajar, isi sebuah PTK bisa mengujii sebuah model belajar, metode belajar atau membuat alat peraga dan tentunya wajib dibuktikan menggunakan penerapannya pada kegiatan belajat di kelas. Bagi yang ingin mengetahui sistematika sebuah PTK, berikut aku berikan misalnya.


SISTEMATIKA PTK
1. Bagian Awal
Judul/Cover
Lembar Pengesahan
Pernyataan Keaslian Karya (bermaterai)
Kata Pengantar
Abstrak
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
2. Bagian Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latara Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kerangka Teori
B. Hipotesa Tindakan
BAB III METODE
A. Pendekatan Penelitian
B. Waktu dan Tempat Penelitian
C. PRosedur Siklus Tindakan
D. Analisa Data
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
B. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Daftar Pustaka
Lampiran

PENJELASAN

HALAMAN JUDUL
Halaman judul ini memuat judul penelitan, nama peneliti, nama institusi dan tahun pembuatan.
LEMBAR PENGESAHAN
Lembar ratifikasi berisi ratifikasi oleh ketua sekolah serta pihak terkait lainnya
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
Abstrak berisi saripati/inti unsur-unsur penelitian meliputi: pertarungan, tujuan, prosedur penelitian, output penelitian, konklusi serta saran. Abstrak tidak boleh lebih dari satu page.
DAFTAR ISI
Daftar isi memuat: Pengantar, Daftar Judul dan Sub Judul, Daftar Rujukan serta Lampiran dengan dilengkapi nomor halaman.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Memuat uraian syarat siswa dan masalah pembelajaran yg dihadapi pada kelas serta pentingnya perkara tersebut untuk dicari solusinya.
B. Perumusan Masalah
Memuat output identifikasi dan analisis kasus sebagai rumusan kasus yg ditulis pada bentuk kalimat tanya.
C. Tujuan Penelitian
Ditulis sinkron menggunakan rumusan masalah serta tindakan pemugaran.
D. Manfaat Penelitian
Memuat penjelasan tentang manfaat penelitian bagi guru, murid, lembaga serta pengembangan pembelajaran
BAB II KAJIAN PUSTAKA
Kajian pustaka berisi uraian teori, pendapat ahli dan atau pengalaman konkret yg nantinya akan membuat suatu hipotesis tindakan yaitu pemecahan perkara sementara serta nantinya dibuktikan melalui penelitian yg menekankan dalam proses bukan hasil.
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN
Merupakan uraian mengenai subjek penelitian, tempat, waktu, prosedur siklus PTK (perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi). Rencana proses tindakan diuraiakan secara detail mengenai apa yang harus dilakukan pengajar dan anak didik.
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Hasil penelitian menerangkan aspek kebermanfaatan, keterbaruan, keaslian, implementatif dan inovatif dalam pembelajaran.
2. Uraian data hasil penelitian secara rinci menurut mulai perencanaan, output observasi, aplikasi serta refleksi.
3. Sajian output analisis data diurutkan sesuai rumusan perkara.
4.pembahasan bisa ditulis terpadu menggunakan hidangan output penelitian, atau ditulis secara terpisah selesainya hidangan hasil penelitian.
5. Setiap sajian output disertai pembahasan, argumentasi mengapa hasilnya misalnya itu, dikaitkan menggunakan pengalaman mudah, teori atau pakar pada kajian pustaka.
6. Hasil penelitian memperlihatkan aspek kebermanfaatan, keterbaruan, keaslian, implementasi hasil penemuan dalam pembelajaran.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Memuat uraian singkat tentang konklusi serta saran. Kesimpulan mengacu dalam rumusan kasus sedangkan saran mengacu dalam hasil penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Berisi seluruh referensi atau rujukan yg dipakai sebagai acuan penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti aturan penulisan bibliograf.
LAMPIRAN
Hal-hal yg dilampirkan bisa berupa: RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, prototipe media pembelajaran, output tes, foto, video rekaman serta dokumen lain dianggap perlu dilampirkan.
Sumber serta Gambar:
Kementerian Pendidikan Nasional
disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

ADZAN IQOMAH DAN DOA SESUDAH ADZAN TERBARU

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru