Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan Jawabannya Pilihan Ganda Terbaru

Contoh soal bahasa indonesia kelas 12 semester 1 serta jawabannya goresan pena ini, berbentuk PG/Pilihan Ganda, yg berisikan materi mengenai Telekomunikasi dan Informasi, misalnya: membedakan berita fakta serta opini, mengungkapkan gagasan dan tanggapan dalam diskusi, membaca intensif paragraf induktif dan menulis surat lamaran pekerjaan.
Baca pula, materi yang sama pada bentuk essay: Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 dan Jawabannya ~ Essay

Berikut, di bawah ini contoh soal PG Bahasa Indonesia kelas xii semester ganjil bersama jawabannya.
1. Tanggapan penolakan di bawah ini yang tepat merupakan ….
a. Saya nir sependapat menggunakan Anda yg tidak wajar.
b. Maaf, hal itu tidak bisa diterima.
c. Saya nir setuju karena hal itu tidak benar.
d. Wah, pendapat itu harus ditolak!
e. Saya kurang sependapat menggunakan Bapak karena saya belum konfiden mengenai hal itu.
Jawaban: e
2. Di bawah ini termasuk pola menarik kesimpulan kecuali ….
a. Analogi
b. Kronologi
c. Sebab-akibat
d. Haplologi
e. Dampak-sebab
Jawaban: b
3. Di bawah ini adalah pihak-pihak yg terlibat pada diskusi atau seminar, kecuali ….
a. Moderator
b. Pembicara
c. Notulis
d. Peserta
e. Ketua
Jawaban: e
4. Berikut ini yang tidak termasuk unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan adalah ….
a. Lepas surat
b. Ucapan terima kasih
c. Alamat surat
d. Isi surat
e. Hal
Jawaban: b
5. Unsur-unsur intrinsik cerpen adalah ….
a. Psikologi – penokohan – pesen
b. Alur – perseteruan – tema
c. Latar – alur – amanat
d. Tokoh – penokohan – filsafat
e. Amanat – budaya – tema
Jawaban: c
6. Kalimat penolakan pendapat yg santun dalam diskusi merupakan ….
a. Saudara penyaji, dapatkah Saudara memberikan jalan keluar supaya perokok berhenti merokok?
b. Saya nir setuju menggunakan Saudara penyaji lantaran merokok masih poly digemari orang.
c. Saudara penyaji, rokok memang dapat Mengganggu kesehatan, namun perlu diingat bahwa poly orang hayati dari rokok.
d. Saudara penyaji, aku putusan bulat bahwa merokok berpengaruh negatif terhadap kesehatan, tapi saya sulit buat menghentikannya
e. Saudara penyaji, bagaimana kita melarang orang merokok? Media massa pun masih poly menampilkan iklan rokok.
Jawaban: c
7. Membuat surat lamaran yg baik dan benar harus dicermati dari segi ….
a. Kalimat – kata
b. EYD – hal
c. Kaitan antarkalimat – hal
d. Hal – struktur
e. Diksi – EYD
Jawaban: a
8. Perhatikan struktur lamaran kerja berikut adalah!
3. Malang, 5 November 2018
1. Lampiran    : ………
2. Perihal    : ………
4. Yth. Bapak Direktur PT Guna
    Jln. Sidomuncul 90 Surabaya
5. Dengan hormat,
6. Dengan ini ……..
7. Hormat saya



Struktur surat lamaran kerja pada atas yg keliru merupakan ….
a. 1 serta 2
b. 1 dan 4
c. 2 serta 4
d. 3 serta 4
e. 4 dan 7
Jawaban: c
9.
Tantangan Karier
PT Garuda Nusantara
Membutuhkan tenaga pembukuan
Syarat:
1. Sarjana Akuntansi
2. Pengalaman min. Dua thn
3. Domisili Jakarta
Lamaran ke PT Garuda Nusantara
Jalan Garuda 85 Jakarta Pusat

Pembuka surat lamaran kerja yg paling tepat berkaitan menggunakan iklan di atas merupakan ….
a. Bersama ini saya melamar pekerjaan sinkron menggunakan yang Bapak iklankan.
b. Degan ini aku mengajukan lamaran kerja.
c. Berdasarkan iklan yg Bapak beri tahukan, aku bermaksud melamar pekerjaan tadi.
d. Berdasarkan lowongan kerja yg Bapak iklankan buat energi pembukuan, menggunakan ini saya mengajukan lamaran buat mengisi lowongan kerja tersebut.
e. Sesuai menggunakan iklan yang Bapak tawarkan, menggunakan ini aku bermasud melamar pekerjaan tersebut.
Jawaban: d
10. Berikut yang bukan persyaratan menulis di media cetak adalah ….
a. Bersifat aktual serta faktual
b. Mengandung gagasan sentral yang jelas
c. Nir menyerang langsung seorang
d. Mengandung materi yg bersifat kenaikan pangkat komersial
e. Mengandung unsur ilmiah popular
Jawaban: d
Lanjut ke soal angka 11-25 => Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 serta Jawabannya ~ Pilihan Ganda (Part-2)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru