Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Pilihan Ganda Part2 Terbaru

Melanjutkan tulisan Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 (Pilihan Ganda) bagian pertama (soal nomor 1-15). Bagian kedua PG B. Indonesia berisikan materi yang sama menggunakan soal essay bagian kedua, yaitu mengenai mendengarkan keterangan melalui tuturan nir pribadi, menaruh persetujuan atau dukungan terhadap artikel dan membaca memindai tabel atau grafik....
Okee..berikut contoh soal B. Indonesia kelas 10 semester 2 bersama jawabannya, dimulai menurut soal nomor 16.
   (Grafik untuk soal nomor 16 serta 17)

16. Pernyataan berikut yang sesuai menggunakan grafik pada atas adalah ....
a. Jumlah angkatan kerja yang tamat SD lebih tinggi dari dalam tidak tamat SD.
b. Persentase angkatan kerja dari perguruan tinggi tidak mencapai 10%.
b. Angkatan kerja yang tamat SMP mencapai 10%.
d. Jumlah angkatan kerja menurut yg nir sekolah meduduki peringkat paling tinggi.
e. Persentase angkatan kerja dari yang nir tamat Sekolah Dasar lebih rendah berdasarkan yg tamat Sekolah Dasar.
Jawaban: c
17. Persentase angkatan kerja tamat Sekolah Menengah Atas mencapai .... %
a. 5
b. 10
c. 14
d. 15
e. 16
Jawaban: c
18.  “Adanya pendidikan nonformal merupakan galat satu upaya buat meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yg belum sempat mengenyam pendidikan formal. Dengan istilah lain, pendidikan nonformal adalah galat satu pilihan dalam mengakses pendidikan pada Indonesia. Oleh karenanya, nir terdapat alasan bagi institusi pendidikan ataupun global industri di Solo untuk membedakan lulusan Kejar Paket,” ujar Kelik pada wartawan pada ruang kerjanya pekan kemudian.
Hal berikut yg bukan merupakan isi menurut paragraf pada atas adalah ....
a. Pendidikan nonformal buat meningkatkan kualitas pendidikan bagi mereka yang belum sempat mengenyam pendidikan formal.
b. Pendidikan nonformal merupakan keliru satu pilihan dalam mengakses pendidikan pada Indonesia.
c. Institusi pendidikan ataupun global industri pada Solo dimohon buat nir membedakan lulusan Kejar Paket.
d. Kelik menghimbau untuk tidak membedakan lulusan Kejar Paket menggunakan lulusan pendidikan lainnya.
e. Pendidikan nonformal satu-satunya pilihan dalam mengakses pendidikan pada Indonesia.
Jawaban: e
19. Kepala Subdinas (Kasubdin) Pendidikan Masyarakat Pemuda dan Olahraga (PMPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Drs. Kelik Isnawan mengungkap, jangan sampai terdapat asumsi apabila kualitas lulusan Kejar Paket yang notabene bagian berdasarkan pendidikan nonformal lebih rendah daripada lulusan pendidikan formal.
Unsur-unsur yg terdapat dalam fakta pada atas adalah ....
a. Siapa dan apa
b. Kapan serta dimana
c. Mengapa serta bagaimana
d. Mengapa dan pada mana
e. Kapan serta mengapa
Jawaban: a
20. Lembaga pendidikan yang setara dengan Sekolah Menengah pertama adalah ....
a. Kejar paket A
c. Kejar paket B
d. Kejar paket C
d. Sekolah penyetaraan A
e. Sekolah penyetaraan B
Jawaban: b
21.    Putusan MK yg memerintahkan pemerintah menambah aturan pendidikan pada APBN eksklusif disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Meraka untuk merealisasikan semua program pendidikan, mulai BOS (donasi oprasional sekolah) hingga rehabilitasi gedung sekolah.
    Sekretaris Jenderal Depdiknas, Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika mengatakan, putusan MK itu sangat arif lantaran telah mengikuti sejumlah pertimbangan yang matang. “Saya sempat mengikuti beberapa kali sidang MK. Putusan yg disampaikan MK sudah melalui pertimbangan serta wajib kita cermati,” papar Dodi saat dihubungi Jawa Pos tersebut malam.
Hal berikut yang bukan adalah isi berdasarkan perihal di atas adalah ....
a. MK memerintahkan pemerintah buat menambah aturan pendidikan pada APBN.
b. Putusan MK yg memerintahkan pemerintah menambah aturan pendidikan di APBN disambut gembira Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).
c. Depdiknas akan memakai alokasi dana itu buat merealisasikan semua acara pendidikan, mulai dari bantuan oprasional sekolah sampai rehabilitasi gedung sekolah.
d. Prof. Dr. Ir. Dodi Nandika sempat mengikuti beberapa kali sidang MK.
e. Putusan yang disampaikan MK harus dipertimbangkan lagi.
Jawaban: e
22. Membaca sesuatu menggunakan cara melihat dengan cermat atas sesuatu yg dibaca diklaim membaca....
a. Indah
b. Intensif
c. Dalam hati
d. Bersuara
e. Memindai
Jawaban: e
23.    Gamelan Terpengaruh Musik Eropa
    Adjunt Profesor Musik Departemen Wesleyan University USA, Prof. Dr. Sumarsam menyampaikan, pada Amerika terdapat radio yang menyiarkan gending-gending Jawa. Juga terdapat perguruan tinggi yg menaruh mata kuliah gamelan. Namun, mata kuliah gamelan hanya mata kuliah pilihan. Umumnya mata kuliah tingkat S1 sifatnya umum. Dikatakan Prof. Dr. Sumarsam, perguruan tinggi disana juga memiliki keterbatasan. Jadi, beliau setuju kalau ada yang menyatakan suatu saat bisa terjadi orang Jawa belajar gamelan pada Amerika. “Mereka hanya untuk menyampaikan bahwa di AS gamelan menerima perhatian, sementara di Jawa sendiri seperti tersisih,” kata Sumarsam di sentra kebudayaan UGM.
    Menurut Sumarsam, sudah semenjak abad ke-19 musik gamelan terpengaruh musik Eropa. Waktu itu lagu kebangsaan Belanda “Wihelmus” diiringi gamelan buat mengiringi miyos-nya raja serta keluarganya pada hadapan generik. Sejak itu, musik Eropa masuk keraton.
Berikut yg bukan merupakan utama-utama isi dalam teks berita tadi adalah ....
a. Gending-gending Jawa telah usang dipelajari di Amerika.
b. Gending-gending Jawa kurang mendapat perhatian pada Jawa.
c. Gending-gending Jawa terpengaruh musik Eropa.
d. Gending-gending Jawa akan menerima perhatian pada Jawa.
e. Gending-gending Jawa disukai anak remaja pada Amerika.
Jawaban: d
24. Pernyataan yg salah mengenai penyajian data melalui tabel atau grafik merupakan ....
a. Data yg tersaji dalam bentuk tabel dapat menarik perhatian pembaca.
b. Data jumlah murid, jumlah lulusan, kependudukan, dan sejenisnya lebih gampang dilihat secara visual jika dinyatakan pada bentuk nomor -nomor .
c. Table menyajikan data yg diklasifikasikan secara sistematis dari kesatuan tertentu.
d. Dari tabel kita mengetahui secara panjang lebar uraian data atau sesuatu.
e. Dari judul tabel kita dapat mengetahui mengenai apa, di mana, serta bagaimana perkembangan sesuatu.
Jawaban: d
25.    Saya pergi sekolah. Waktu itu cuaca cerah. Dalam bepergian aku melihat jalan-jalan dan pohon-pohon basah semua. Pekarangan pun tampak becek. Bahkan pada sana-sini air kecokelatan tampak menggenang.
Dari paragraf di atas bisa disimpulkan bahwa ....
a. Air kali meluap
b. Tersebut turun hujan
c. Ada bendungan jebol
d. Banyak orang berteduh
e. Orang buang sampah di selokan
Jawaban: b
26.    Sebagai loka hayati, bahari memiliki kelebihan dibandingkan darat. Kelebihan-kelebihan laut, diantaranya suhu yang berubah-ubah, dukungan yang poly buat melawan gravitasi bumi, dan air yang relatif tersedia. Dengan air yg relatif tadi, makhluk hayati pada bahari dapat menyerap air langsung masuk ke sistem tubuh. Makhluk hayati pada laut dapat memperoleh oksigen serta karbon.
Paragraf pada atas menggunakan pola pengembang ....
a. Deduksi
b. Induksi
c. Deskripsi
d. Narasi
e. Silogisme
Jawaban: c
27. Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas. Ketika itu bunga-bunga sudah bermunculan. Putik tipis terumbai-umbai berkiprah ditiup angin, seperti busa air kali yang deras.
Jika ditinjau berdasarkan cara pemaparannya, paragraf pada atas adalah karangan ....
a. Narasi
b. Deskripsi
c. Argumentasi
d. Persuasi
e. Eksposisi
Jawaban: b
28. (1) Polisi kemudian lintas sibuk mengatur stagnasi kemudian lintas.
(dua) Di jalan samping, empat orang anak didik mengendarai kendaraan menyerempet mobil hingga kelenger serta luka-luka.
(tiga) Korban diangkut ke rumah sakit.
(4) Keluarga korban bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
(lima) Untung tidak menyebabkan cedera bagi si korban.
Susunan paragraf yang baik dari kalimat-kalimat di atas adalah ....
a. (2)-(lima)-(3)-(1)-(4)
b. (2)-(3)-(4)-(1)-(5)
c. (1)-(dua)-(lima)-(3)-(4)
d. (1)-(2)-(3)-(4)-(lima)
e. (1)-(dua)-(tiga)-(lima)-(4)
Jawaban: c
(Paragraf buat soal angka 29 serta 30)
    Lomba Karya Cipta serta Baca Puisi Tingkat Pelajar SMA/Sekolah Menengah Kejuruan wilayah eks Keresidenan Pekalongan dimaksudkan buat menaruh wadah kreativitas bagi para anak didik SMA pada berkarya puisi. Selama ini, sebagian akbar lomba yg ada hanyalah pembacaan puisi. Oleh karena itu, agar para siswa jua bisa menyalurkan karya puisi mereka, lomba karya cipta puisi itu diselenggarakan.
29. Berdasarkan letak gagasan pokoknya, paragraf di atas pada sebut paragraf ....
a. Deduktif
b. Induktif
c. Campuran
d. Naratif
e. Deskripsi
Jawaban: c
30. Paragraf di atas membahas tentang ....
a. Manfaat lomba
b. Maksud lomba
c. Rencana lomba
d. Kampiun terbaik
e. Peserta lomba
Jawaban: b
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester dua (Pilihan Ganda) ~ Part-3

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru