Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Essay Part3 Terbaru

Bagian ketiga contoh soal essay bahasa Indonesia beserta jawabannya ini, adalah lanjutan berdasarkan goresan pena sebelumnya, yaitu: contoh soal dan jawaban bahasa Indonesia kelas X semester 2 essay (part-2). Pada bagian ke-tiga ini, berisikan materi yang sama dengan PG bagian ketiga, yaitu tentang menuliskan gagasan pada bentuk paragraf argumentatif, mendengarkan cerita masyarakat, serta mendiskusikan isi puisi.
Oke, materi essay serta jawabannya, dimulai dari soal no. 26 hingga dengan 40.
26. Paragraf yg isinya dimaksudkan buat memengaruhi pembaca supaya mendapat ilham atau pernyataan yang dikemukakan dari pertimbangan logis disebut paragraf….
Jawaban: paragraf persuasif
27. Dalam paragraf argumentatif, agar pembaca konfiden terhadap hal yang dikemukakan, maka pada penulisan perlu diberikan….
Jawaban: alasan serta bukti.
28. Dalam paragraf deduktif, kalimat topik berupa…
Jawaban: pernyataan umum
29. Paragraf yg disusun dengan menampilkan inspirasi-inspirasi spesifik dalam awal paragraf, kemudian disimpulkan menggunakan ide yang bersifat generik dalam akhir paragraf diklaim paragraf….
Jawaban: paragraf induktif
30. Dalam paragraf deduktif, wangsit-ide yang telah dirumuskan pada kalimat diatur menggunakan pandangan baru yg bersifat umum serta diletakkan dalam….
Jawaban: bagian awal
31. Nilai yang terkandung pada cerita rakyat salah satunya yaitu nilai moral. Pesan moral tadi dapat diketahui berdasarkan….
Jawaban: pelaku tokoh-tokohnya
32. Nilai estetika atau estetika yaitu aspek-aspek keindahan yg inheren dalam karya sastra. Nilai estetika itu bisa diamati melalui pilihan…..
Jawaban: gaya bahasanya
33. Cerita yg memiliki latar belakang sejarah, dipercaya masyarakat menjadi cerita yg benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal ajaib, dan umumnya ditokohi sang ilahi diklaim….
Jawaban: Mite
34. Gambaran angan berdasarkan tangkapan alat indra yang diungkapkan oleh penyair diklaim…
Jawaban: pencitraan
35. Kegiatan mengubah puisi menjadi prosa dinamakan….
Jawaban: parafrasa
36. Jelaskan perbedaan antara paragraf argumentatif pola deduktif dan paragraf argumentatif pola induktif!
Jawaban: dalam paragraf deduktif, inspirasi-wangsit yang sudah dirumuskan pada kalimat diatur menggunakan ide yang bersifat generik (premis mayor). Ide-inspirasi tersebut diletakkan dalam bagian awal serta diikuti menggunakan ide yang bersifat lebih spesifik. Penataan ini bisa direalisasikan menggunakan menampilkan kalimat topik (yg berupa pernyataan) lebih dahulu pada awal paragraf, kemudian dilanjutkan menggunakan kalimat penjelas.
Sedangkan paragraf induktif, penataan ini diperoleh dengan cara menyusun pandangan baru-pandangan baru spesifik serta diikuti dengan wangsit yg generik. Ide-ide khusus ditampilkan dalam bagian awal paragraf, kemudian disimpulkan menggunakan ilham yg lebih generik. Ide yg lebih generik itu biasanya berupa kalimat simpulan dan diikuti sang suatu pernyataan pembenaran.
37. Jelaskan perbedaan jenis cerita masyarakat Sage serta Legenda! Dan berikan masing-masing misalnya!
Jawaban: Sage adalah cerita yang berdasarkan insiden sejarah yg bercampur fantasi rakyat. Contoh: Ciung, Wanara, Lutung Kasarung.
Sedangkan Legenda merupakan cerita masyarakat yang berisikan mengenai dari mula terjadinya suatu gempat, gunung, dan sebagainya. Contoh: Sangkuriang dan Malin Kundang.
38. Jelaskan yang dimaksud dengan nilai moral, nilai estetika, serta nilai budaya yg masih ada dalam cerita
rakyat!
Jawaban:
a. Nilai moral, yaitu pesan moral. Pesan moral dapat diketahui berdasarkan konduite tokoh-tokohnya
b. Nilai keindahan/keindahan, yaitu aspek-aspek estetika yang inheren dalam karya sastra itu. Dalam cerita rakyat ini bisa diamati pada pilihan gaya bahasanya.
c. Nilai sosial budaya, yaitu suatu karya sastra akan mencerminkan aspek sosial budaya suatu wilayah tertentu, contohnya settingnya, tokohnya (baik aspek fisik maupun psikologis), atau seni budaya, serta sebagainya.
39. Jelaskan perbedaan antara karya sastra puisi dengan prosa!
Jawaban: puisi merupakan jenis karangan yang pada penyajiannya sangat mengutamakan gaya bahasa. Sedangkan prosa adalah karangan bebas/nir terikat oleh anggaran eksklusif.
40. Jelaskan perbedaan jenis cerita rakyat Mite serta Fabel! Dan berikan masing-masing contohnya!
Jawaban:
Mite adalah cerita yg mempunyai latar belakang sejarah, dipercaya warga , sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap kudus, banyak mengandung hal-hal yg ajaib, serta umumnya ditokohi sang yang kuasa. Contoh: Nyi Roro Kidul dan Dewi Sri. Sedangkan Fabel merupakan cerita yg menggambarkan watak insan yg pelakunya diperankan oleh hewan. Contoh: Si Kancil dengan Buaya.
Lanjut ke soal angka 41-55 => contoh soal essay bahasa Indonesia bersama jawaban kelas 10 semester 2 bagian keempat

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI