Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 Pilihan Ganda Terbaru

Berisikan materi yg sama dengan contoh soal essay bahasa Indonesia kelas XI Semester 1 dan jawabannya, yaitu mengenai sambutan/khotbah, artikel/buku dan paragraf deduktif serta induktif, serta soal tentang menulis proposal. Soal Pilihan Ganda bahasa Indonesia goresan pena ini, diharapkan dapat membantu murid kelas XI pada menghadapi uji kompetensi, ulangan harian, mid/uts, ujian sekolah, dan sebagainya.
Baca jua: Contoh Soal PG Bahasa Indonesia K13 Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban
Berikut, model soal dan jawaban bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 bersama jawabannya.
1. Seorang ketua OSIS ditugaskan buat memberi sambutan pada program perpisahan kelas XII. Kalimat pembuka yg tepat adalah ….
a. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan pada aku . Saat ini, aku berdiri di sini buat menyampaikan sepatah dua patah kata.
b. Salam jumpa aku ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalam program yang sama.
c. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena berkat rahmat serta karunia-Nya kita bisa berkumpul buat melaksanakan program perpisahan ini.
d. Inilah acara yang rutim kita lakukan berdasarkan tahun ke tahun. Pada kesempatan ini, aku akan mengungkapkan beberapa kesan dan pesan buat kakak-kakak kita.
e. Terima kasih atas ketika serta loka yg sudah disedikan untuk aku mengungkapkan sambutan dalam program perpisahan ini.
Jawaban: c
2. Berikut ini cotoh pembuka sambutan pada sebuah acara, kecuali ….
a. Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.
b. Bapak Kepala SMA 2,Bapak dan Ibu Guru wali murid, rekan-rekan siswa SMA dua yang berbahagia.
c. Selamat pagi teman-teman yg berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakan lomba lari.
d. Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.
e. Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali aku mampu berdiri di sini buat menaruh sambutan.
Jawaban: d
3. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama !
Hadirin yang berbahagia,
Saat ini, intensitas curah hujan sangat tinggi. Sebagimana kita ketahuim semenjak beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta serta sekitarnya. Tak pelak lagi, banjir pun tiba tanpa permisi. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama sepekan ke depan.
Seiring datangnya bencana banjir, wabah penyakit pun biasanya akan muncul. Wabah penyakit yg dimaksud merupakan leptospirosis dan diare. Leptospirosis  adalah penyakit hewan yang bisa menjangkiti insan. Penyebabnya merupakan bakteri berbentuk spiral bernama leptospira. Sementara itu, diare akan timbul lantaran wilayah yang tergenang banjir sebagai kotor.
Jiak terjangkit penyakit leptospirosis, penderita akan mengalami demam tinggi, mual, muntah, sekujur tubuh badan akan terasa sakit, air kencing berwarna merah tua, dan ada bercak kemerahan pada bola mata karena pecahnya pembuluh darah.
Isi pokok naskah pidato tersebut merupakan ….
a. Intensitas curah hujan ketika ini sangat tinggi.
b. Mewaspadai turunnya curah hujan yang sangat tinggi.
c. Bahaya yg ada akibat curah hujan tinggi.
d. Perlunya kewaspadaan terhadap berbagai penyakit dalam waktu banjir.
e. Perlunya meningkatkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkala banjir tiba.
Jawaban: e
4. Kalimat pesan yg terdapat dalam naskah pidato tadi adalah ….
a. Berhati-hatilah terhadap curah hujan yang tinggi.
b. Perlunya kewaspadaan warga terhadap banyak sekali penyakit.
c. Perlunya menggunakan sepatu boot dan sarung tangan karet.
d. Jaga kebersihan lingkungan menggunakan menggalakan higienis-bersih lingkungan .
e. Meghindari higienis-higienis lingkungan jika masih ada bagian tubuh yang terluka.
Jawaban: d
5. Hadirin yg terhormat, pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya merokok (1). Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah norma berbahaya (2). Tetapi, kalangan industri rokok serta pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise, bahwa merokok adalah pilihan pribadi serta risikonya ditanggung sendiri (3).
Alasan tersebut dibatah oleh kelompok anti merokok, bahwa alasan itu tidak ilmiah (4). Untuk mengatasi kontradiksi pendapat tadi hendaknya perokok menyadari mengenai apa laba merokok itu (5).
Kalimat yang menyatakan imbuhan dalam penggalan naskah pidato di atas masih ada dalam nomor ….
a. Satu
b. Dua
c. Tiga
d. Empat
e. Lima
Jawaban: e
6. Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan Sekolah Menengah Atas melanjutkan ke perguruan tiggi tanpa disertai loka penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua dan para pendidik barusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk gambaran di atas adalah ….
a. Untuk manjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa nir hanya sebagai sarjana pengangguran, maka dalam kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat tiba kami ucapkan atas kedatangan anak-anak dalam kesempatan ini.
c. Anak-anak seklian, dalam kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan mengenai perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi menggunakan lapangan kerja yg memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.
e. Pada kesempatan ini para anak didik disuruh berkumpul pada sini beserta-sama buat menerima penjelasan mengenai pemilihan jurusan pada perguruan tinggi.
Jawaban: c
7. Salah satu program pemerintah dalam masa pembangunan merupakan bisnis penyabaran penduduk Jawa, Bali, dan Lombok (Jambal). Untuk lebih memperjelas keprihatinan disebutlah penyebaran itu menggunakan nama spesifik, yaitu transmigrasi. Bahkan dalam kaitan itu, Bung Hatta mengatakan pada kongres ahli-ahli ekonomi (Yogya, tiga Februari 1946). “Suatu kasus yg mahapenting dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini tidak dipecahkan, Indonesia nir akan makmur.”
Gagasan primer paragraf pada atas masih ada dala kalimat ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
e. Kelima
Jawaban: a
8. Dari 13 sungai yg masuk ke daerah DKI Jakarta, tiga sungai akbar menyababkan banjir. Ketiga sungai tersebut berhulu di loka yg berdekatan, yaitu pada Puncak serta Bogor. Ketiga sungai akbar itu sekarang sedang “sakit”. Untuk menentukan sebuah sungai sehat atau sakit, digunakan parameter disparitas angka debit maksimum dan debit minimum sungai tadi. Pikiran utama dalam paragraf pada atas adalah kalimat ….
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
e. Kelima
Jawaban: a
9. Setiap warga pedesaan bisa sebagai anggota KUD. Hal ini berarti anggota KUD terdiri atas aneka macam golongan atau lapisan, misalnya petani, pedagang, peternak, serta pengrajin. Untuk sebagai anggota KUD, orang wajib memenuhi kriteria yg sudah dipengaruhi oleh Anggaran Dasar (AD) dan perundangan koperasi.
Paragraf di atas termasuk ….
a. Induktif
b. Deduktif
c. Naratif
d. Deskriptif
e. Induktif-deduktif
Jawaban: b
10. Hanya selang tiga pekan, banjir serta longsor kembali melanda Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (29/9), akibat hujan deras semenjak Rabu malam. Banjir yg menggenang kelima desa Kecamatan Watulimo ini, tidak memakan korban jiwa. Namun, akibat tanah longsor interaksi darat serta transportasi antara Trenggalek dan Watulimo putus total.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ….
a. Banjir serta tanah longsor melanda Kabupaten Tulungagung.
b. Banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Trenggalek.
c. Kabupaten Trenggalek serta Kabupaten Tulungagung dilanda banjir serta tanah longsor.
d. Hubungan darat antara Watulimo serta Trenggalek putus.
e. Banjir yang melanda Trenggalek tidak memakan korban.
Jawaban: c
Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal dan Jawaban Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 1 (Pilihan Ganda) ~ Part-2

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI