Contoh Soal Ekonomi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawabannya Essay Part4 Terbaru

Berisikan materi yg sama menggunakan contoh soal PG ekonomi kelas X semester 1 K13 bagian ke-7 dan ekonomi kelas 10 semester satu bagian kedelapan, yaitu mengenai "Terbentuknya Keseimbangan dan Struktur Pasar", misalnya: demand, supply, equilibrium price dan elastisitas permintaan dan penawaran. Selain itu, contoh soal essay ekonomi bagian ke-4 ini, merupakan lanjutan menurut Contoh Soal Ekonomi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawabannya ~ Essay bagian ke-3 (soal nomor 31-45).
Berikut, contoh soal essay ekonomi kelas X Semester gasal serta kunci jawabannya buat siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai menurut soal angka 46 hingga menggunakan 60.
46. Permintaan akan ada karena adanya....konsumen
Jawaban:  kebutuhan
47. Permintaan yg nir didukung oleh daya beli serta lebih adalah angan-angan disebut permintaan....
Jawaban: absolut
48. Jika pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah permintaan akan....
Jawaban: bertambah
49. Contoh pasar yg dilakukan setiap satu tahun sekali, yaitu....
Jawaban: Pekan Raya Jakarta
50. Apabila harga naik maka jumlah penawaran....
Jawaban: bertambah
51. Rumus fungsi permintaan merupakan....
Jawaban: Qd=a – bP
52. Grafik yang menerangkan jumlah barang-barang yg ditawarkan penjual dalam berbagai tingkat harga adalah pengertian....
Jawaban: kurva penawaran
53. Kurva permintaan berbentuk miring dari.... Ke ....
Jawaban: kiri atas ke kanan bawah
54. Dalam elastisitas permintaan inelastis sempurna nilai elastisitasnya (Ed)....
Jawaban: (Ed) nol
55. Titik temu antara permintaan dan penawaran barang diklaim juga....
Jawaban: equilibrium
56. Jelaskan yg dimaksud menggunakan permintaan, penawaran, serta harga pasar!
Jawaban:
a. Permintaan merupakan jumlah barang serta jasa tertentu yg diminta (dibeli) dalam berbagai kemungkinan taraf harga dan dalam saat tertentu
b. Penawaran merupakan kesediaan penjual buat menjual/menyerahkan aneka macam jumlah barang pada berbagai taraf harga dan dalam ketika tertentu
c. Harga pasar adalah harga yg disepakati oleh penjual serta pembeli dalam saat terjadinya transaksi
57. Mengapa adanya barang pengganti berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan?
Jawaban: adanya barang pengganti berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan karena jika barang pengganti harganya lebih murah maka konsumen akan beralih buat menggunakan barang pengganti tadi. Hal ini menyebabkan turunnya jumlah permintaan.
58. Sebutkan serta jelaskan peran IPTEK terhadap perubahan jenis dan struktur pasar!
Jawaban: kiprah IPTEK terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
a. Memunculkan industrialisasi baru di pada pasar
Pemanfaatan iptek tadi memunculkan industrialisasi baru dalam aktivitas ekonomi merupakan e-commerce. Industri e-commerce sebagai aktivitas bisnis yg sedang berkembang serta disukai sang para pelaku usaha baru. Mereka memanfaatkan iptek yang ada buat menyebarkan kreativitas dalam industri e-commerce tersebut.
b. Menghasilakn produk baru pada kegiatan pasar
Perkembangan penemuan produk akan terus berlanjut seiring menggunakan perkembangan iptek, galat satu jenis produk yg menjadi inovasi pada kemajuan iptek merupakan handphone. Awalnya fungsi dasar handphone hanya sebatas komunikasi serta mengirim pesan saja. Seiring berkembangnya zaman, timbul smartphone yang menyebut dirinya menjadi handphone pintar, lantaran kecanggihannya bisa memenuhi kebutuhan insan.
c. Menciptakan persaingan kompetentif pada aktivitas ekonomi
Kemajuan iptek sangat mendukung taktik yg dimiliki pelaku bisnis buat menignkatkan produktivitasnya di pasaran, sehingga persaingan untuk mendapat perhatian konsumen atas produk yang dihasilkan lebih maksimal .
d. Menghasilkan produk yang berkualitas pada pasar
Perkembangan iptek yang terdapat, menciptakan pelaku usaha membentuk produk-produk yang berkualitas baik. Dengan pemanfaatan iptek yg tepat, maka pengelolaan mutu dan kualitas produk dapat terjaga dengan baik
59. Jelaskan pengertian pasar dalam ilmu ekonomi!
Jawaban: pasar dalam ilmu ekonomi adalah bertemunya permintaan dan penawaran buat suatu barang/jasa yg diperjualbelikan.
60. Jelaskan karakteristik-karakteristik pasar persaingan sempurna!
Jawaban: karakteristik-karakteristik pasar persaingan sempurna adalah:
a. Terdapat poly sekali penjual (perusahaan) dan pembeli
Oleh lantaran terdapat poly sekali penjual serta pembeli masing-masing tidak dapat memilih harga (price taker). Harga terbentuk menggunakan kesepakatan antara ke 2 belah pihak (mekanisme pasar).
b. Produk-produk sejenis (persis sama)
Barang yg dihasilkan oleh para pembuat sejenis, persis sama baik dalam bentuk, warna, kualitas, serta lain-lain. Sehingga produk yg satu merupakan substitusi yang sempurna bagi produk dari penghasil yang lain.
c. Bebas keluar masuk pasar
Dalam pasar persaingan sempurna baik penjual juga pembeli bebas buat keluar masuk pasar, tidak ada aturan eksklusif yang membatasi hal tadi. Adanya batasan dan hambatan akan mengurangi persaingan.
d. Penjual serta pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna
Masing-masing penjual maupun pembeli dapat memperoleh fakta menggunakan cepat dan tepat tentang perubahan harga dan produksi sebagai akibatnya masing-masing tidak bisa menjadi penentu harga.
e. Faktor-faktor produksi bergerak bebas
Faktor-faktor produksi berkiprah bebas nir dikuasai sang keliru satu atau beberapa produsen saja sehingga nir ada pihak yg bisa memilih harga secara sepihak.
f. Tidak ada campur tangan pemerintah
Adanya campur tangan pemerintah akan menyebabkan batasan-batasan serta hambatan buat terbentuknya persaingan paripurna. Oleh karena itu, di pada pasar persaingan sempurna nir ada campur tangan pemerintah.
Lanjut ke soal angka 61-75 => Contoh Soal Ekonomi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawabannya ~ Essay (Part-5)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru