Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2018 Wajib Part5 Terbaru

Berisikan materi yg sama menggunakan soal PG b.indonesia kelas 10 semester 2 bagian ke-9 dan bagian ke-10, yaitu mengenai "Buku Fiksi dan Nonfiksi", essay bagian ke-5 yang sedang Anda baca ini, merupakan lanjutan Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester dua Kurikulum 2018 (Wajib) bagian ke-4 (soal angka 31-40).
Berikut, soal-soal essay bahasa Indonesia kelas x semester genap buat murid Sekolah Menengah Atas/SMK/MAK/MA/Sederajat, dimulai berdasarkan soal angka 41.
41. Jelaskan perbedaan antara kitab fiksi serta nonfiksi.....
Jawaban: Buku fiksi adalah buku yang berisi kisahan atau cerita yan dibentuk dari imajinasi atau khayalan pengarang.buku nonfiksi adalah buku yg dibuat bedasarkan fakta, realita, atau hal-hal, yg sahih-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
42. Sebutkan jenis-jenis buku fiksi serta nonfiksi....
Jawaban: jenis-jenis kitab fiksi, antara lain novel, cerpen, drama, puisi, serta sebagainya. Jenis-jenis buku nonfiksi diantaranya kitab biografi, buku motivasi, kitab keterampilan, serta sebagainya.
43. Siapa saja biasanya yg membuat buku nonfiksi? Jelaskan disertai contoh....
Jawaban: dibentuk oleh profesioanal di bidangnya yang ingin menyebarluaskan ilmu pegetahuan yg dimilikinya. Misalnya, kitab tentang bisnis yg dibuat oleh pembisnis sukses, kitab motivasi yg dibentuk oleh motivator, dan sebagainya.
44. Mengapa kitab nonfiksi lebih populer pada kalangan pembaca yang tidak terlalu hobi membaca? Jelaskan disertai model....
Jawaban: karna mereka membeli buku-kitab tadi terdesak oleh kebutuhan. Misalnya, buku sukses bertanam mangga. Buku ini akan laris pada pasaran, lantaran kebutuhan orang yang ingin bertanam mangga menggunakan sukses. Dengan membeli buku ini, pembaca bisa pribadi memperoleh fakta tentang cara bertanam mengga yang baik tanpa berusaha payah wajib bertanya pada ahlinya.
45. Apa yang dimaksud menggunakan resensi....
Jawaban: aktivitas buat mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film, menggunakan cara memaparkan data-data, sipnosis, dan kritikan terhadap karya tersebut.
46. Sebutkan aneka macam tujuan yg ingin dicapai menurut pembuatan resensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Membantu pembaca mengetahui gembaran serta evaluasi generik dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
b. Mengetahui kelebihan atau kelemahan buku yang diresensi.
c. Mengetahui latar belakang serta alasan kitab tersebut diterbitkan.
d. Menguji kualitas kitab dengan membandingkan terhadap karya menurut penulis yang sama atau penulis lainnya.
e. Memberi masukan kepada penulis kitab berupa kritik serta saran terhadap cara penulisan, isi, serta subtansi buku.
47. Jelaskan unsur–unsur dalam pembuatan resensi....
Jawaban: a. Judul resensi harus memiiki keselarasan menggunakan isi resensi yang dibentuk. Judul yang menarik jua akan memberi nilai lebih menurut oada sebuah resensi.
b. Isi resensi kitab memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, keunggulan dan kelemahan kitab , rumusan kerangka kitab dan penggunaan bahasa.
C. Pada bagian penutup umumnya berisi alasan kenapa buku tadi ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.
48. Sebutkan langkah-langkah yang wajib diperhatikan pada meresensi buku ilmiah....
Jawaban: a. Carilah dan tentukan kitab fiksi serta kitab nonfksi yang akan dibentuk resensi.
b. Catatlah identitas kitab yang akan diresensi, misalnya jenis buku, judul kitab , nema pengarang nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah page, jenis kertas, dan harga kitab .
c. Catat serta pahami tujuan dana latar belakang penulisan buku, menggunakan cara membaca istilah pengantar atau pendahuluan kitab . Buatlah daftar utama-pokok isi kitab secara keseluruhan.
d. Tentukan kelebihan dan kekurangan isi buku
e. Tulis ringkasan materi menurut kitab yg dibentuk resensi secara jelas serta sistematis.
f. Pada akhir resensi berilah saran serta kesimpulan, apakah kitab yg kita resensi tadi layak dibaca atau nir.
49. Baik buku fiksi juga nonfiksi mempunyai tujuan sendiri yang ingin disampaikan pada pembacanya. Jelaskan tentang pernyataan tadi....
Jawaban: sebagaia pemabaca kita diberi kebebasan buat menentukan jenis buku yg paling disukai buat dibaca atau membaca buku buat tujuan tertentu, misalnya memberi motivasi pada diri sendiri dengan membaca buku motivasi atau buku budidaya yang akan memberikan keterampilan spesifik kepada pembacanya.
50. Apa yang dimaksud menggunakan menganalisis....
Jawaban: Menelaah adalah kegiatan mengkaji sebuah teks buat meneliti struktur dan bahasa teks tersebut secara mendalam.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru