Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Berisikan materi yang sama dengan soal Pilihan Ganda Biologi kelas 12 semester 1 bagian kelima serta keenam, yaitu tentang "Materi Genetik", soal-soal essay/uraian tulisan ini bisa Anda jadikan referensi menghadapi ulangan harian, MID/UTS, Semester serta juga Bank Soal Biologi.
Essay bagian ketiga merupakan lanjutan Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban bagian kedua (soal nomor 21-40) menggunakan soal dimulai dari angka 41.
41. Sebutkan macam-macam ARN serta jelaskan fungsi masing-masing!
Jawaban: Menurut peranan serta tempat terdapatnya, RNA dapat ibedaka menjadi:
 RNA duta (RNA d)
RNA duta ataudisingkat RNAd (messenger RNA=RNAm) dicetak sang DNA pada pada inti sel pada peristiwa transkripsi. RNAd bertugas membawa kode genetik (kodon) menurut sel menuju ke ribosom. Sering diklaim kodon lantaran urutan basa Nitrogen yang menyusunnya adalah kode genetik.
-RNA transfer (tRNA)
RNAt masih ada di pada sitoplasma. RNAt berfungsi buat menerjemahkan kodon RNAd menggunakan jalan mencairkan jenis asam amino yg sesuai menggunakan kodon. Terjemahannya berupa urutan basa N yg sinkron. RNAt diklaim juga antokodon karena berfungsi menerjemahkan kodon.
-RNA ribosom (rRNA)
RNA ribosom dibentuk oleh DNA serta terdapat di dalam ribosom. Fungsi dari RNA ribosom adalah sebagai mesin perakit dalam sinteis protein yang bergerak ke satu arah sepanjang RNA duta. Di dalam ribosom molekul RNA ini mencapai 30%-46%.
42. Kromosom berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi dua. Sebutkan serta jelaskan fungsinya!
Jawaban: Kromosom tubuh (autosom) serta kromosom kelamin (kromosom se).
43. Sebutkan fungsi gen!
Jawaban: Gen mengatur berbagai macam karakter fisik maupun karakter psikis. Contoh karakter fisik adalah morfolog, anatomi, serta fisiologi. Sementara itu, contoh karakter psikis adalah pemalu, pemarah, serta pendiam.
44. Jelaskan pengaruh keselahan pada transkripsi pada individu!
Jawaban: Transkripsi adalah pencetakan mRNA(kode) oleh DNA (DNA template/DNA sense) dengan menggunakan enzim RNA polimerase. Adanya enzim RNA polimerase ini akan menyebabkan rangkaian double helix sebagian akan membuka, akibatnya basa-basa pasangannya meyusun Adenin (A), pada mRNA serta seterusnya. Hasil penyusunan pada ribosom, yang merupakan organela pelaksana sintesis protein.
45. Tuliskan perbedaan DNA serta RNA!
Jawaban: Perbedaan RNA daengan DNA.

46. Sebutkan bentuk kromosom menurut letak sentromernya!
Jawaban:  Berdasakan letak sentromernya, kromosom dapat dikelompokkan sebagai beberapa macam, yaitu:
- Telosentrik, yakni kromosom yg letak sentromernya berada di ujung kromosom.
- Akrosentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati salah satu ujung kromosom.
- Submetasentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya mendekati bagian tengah kromosom.
- Metasentrik, yakni kromosom yang letak sentromernya berada pada tengah-tengah sehingga bentuk kromosom tampak misalnya huruf V.
47. Sebutkan sifat-sifat gen!
Jawaban: Gen-gen suatu individu mempunyai sifat sebagai berikut.
- Berada pada suatu lokus kromosom.
- Dapat berduplikasi (mengganda) sebelum pembelahan.
- Membawa informasi genetika.
- Mempunyai berat molekul yang akbar.
48. Jelaskan struktur kimia DNA!
Jawaban: Susunan kimia DNA adalah sebuah mokromolekul yg kompleks. Molekul DNA disusun sang 2 rantai polinukleotida yang amat panjang. Satu rantai polinukleotida terdiri atas rangkaian nukleotida. Sebuah nukleotida tersusun atas.
a. Gugus basa nitrogen (gugus ini terikat pada C pertama dari gula)
b. Gugus gula deoksiribosa (gula menggunakan lima atom karbon atau pentosa)
c. Gugus asam fosfat (fosfat terikat pada C kelima dari gula), Basa nitrogen dapat digolongkan menjadi dua, yaitu basa purin serta basa oirimidin. Basa purin terdiri atas adenin (A) serta guanin (G), sedangkan basa pirimidin terdiri atas sitosin (S)  serta timin (T).
49. Secara garis besar, proses sintesis protein terjadi 2 tahap, sebutkan serta jelaskan!
Jawaban: - Tahap pertama dari sintesis protein adalah transkripsi. Proses ini berlangsung di dalam inti sel. Transkripsi merupakan proses sintesis eksklusif RNA berdasarkan DNA. Pada saat ini sel memerintahkan perlunya sintesis protein, fakta DNA dialihkan melalui RNA pembawa pesan yang disebut RNA messenger (mRNA). MRNA berisikan salinan pribadi pasangan basa berdasarkan DNA. Tahap inilah yg dinamakan dengan transkripsi. Transkripsi berarti salinan.
- mRNA mengandung urutan basa yang akan diterjemahkan sebagai protein (asam amino). Kode genetic, yang dibawa pada dalamnya (kodon) dibaca pada urutan 3 basa (triplet) menjadi protein. Proses penerjemahan kodon sebagai protein atau yang dianggap dengan translasi.
50. Sebutkan fungsi DNA!
Jawaban: Berhubungan erat dengan penurunan sifat serta sintesis protein.
Lanjut ke soal MID => Contoh Soal UTS Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban
Atau lanjut ke soal setelah UTS (soal angka 51-60) => Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban ~ Part-4

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI