Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam PAI SMA Kelas X Semester 1 K13 Part2 Terbaru

Melanjutkan tulisan Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 1 ~ K13 bagian pertama (soal nomor 1-15), bagian kedua, berisikan materi yg sama, menggunakan contoh soal PG Agama Islam Kelas 10 semester 1 bagian kedua, yaitu tentang berpakaian sesuai syari'at.
Berikut, contoh soal PAI dan Budi Pekerti buat murid Sekolah Menengah Atas/MA/Sekolah Menengah Kejuruan/MAK/Sederajat menggunakan jawabannya, dimulai menurut soal angka 16 sampai dengan 30.
16. Perintah berpakaian dengan benar bertujuan agar harkat serta prestise manusia tetap....
Jawaban: terjaga
17. Pada dasarnya terdapat 2 macam pakaian yaitu yg bersifat jasmaniyah (fisik) buat menutupi aurat dan estetika, serta pakaian yg bersifat rohani (spiritual) buat mengisi....
Jawaban: kekosongan jiwa menggunakan ketaqwaan hati.
18. Pakaian adalah kebutuhan pokok bagi....
Jawaban: setiap orang sinkron dengan situasi serta syarat pada mana seorang berada.
19. Pakaian termasuk keliru satu kebutuhan yg nir mampu tanggal menurut....
Jawaban: kehidupan
20. Pakaian berfungsi sebagai....
Jawaban: pelindung dari hal-hal luar
21. Bagian tubuh atau aurat buat pria yang harus ditutupi, yaitu mulai menurut....
Jawaban: sentra sampai lutut
22. Aurat atau bagian tubuh buat wanita yg wajib ditutupi merupakan....
Jawaban: seluruh bagian tubuh hingga nir terlihat bentuk tubuhnya kecuali yg boleh terlihat, yaitu paras serta telapak tangan
23. Pakaian yg boleh digunakan orang Islam adalah pakaian yg sesuai menggunakan....
Jawaban: syari’at Islam
24. Berpakaian merupakan mengenakan sandang buat menutup....
Jawaban: aurat
25. Allah SWT. Melarang insan menggunakan sandang yg....
Jawaban: berlebih-lebihan
26. Apa pengertian berpakaian?
Jawaban: Berpakaian adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang nir bisa ditinggalkan. Berpakaian adalah aktivitas buat menutupi aurat atau bagian tubuh yang tidak boleh diperlihatkan pada orang lain kecuali mahramnya. Allah SWT. Memerintahkan hamba-Nya buat menggunakan pakaian yg suci serta indah ketika beribadah karena Allah menyukai kebersihan dan estetika.
27. Sebutkan tata cara berpakaian yang baik secara islami!
Jawaban: hal yg perlu diperhatikan dalam menggunakan sandang adalah usahakan pakaian wajib menutupi semua aurat, yaitu bagian tubuh yang tidak boleh terlihat sang orang lain, baik laki-laki atau perempuan dengan batas auratnya masing-masing. Kedua, sandang yg digunakan hendaklah pakaian yang nir berlebih-lebihan, lantaran Allah nir menyukai hal yg berlebih-lebihan. Ketiga, ketika hendak memakai pakaian mulailah dengan memabca do’a agar pakaian yg dipakai bisa melindungi berdasarkan segala keburukan. Keempat, waktu mulai berpakaian, dahuukanlah bagian sebelah kanan, ini merupakan sunnah nabi, karena Nabi Muhammad SAW. Ketika memulai sesuatu yg baik bahagia memulainya menurut sebelah kanan.
28. Sebutkan do’a Nabi SAW. Saat berpakaian!
Jawaban:

Artinya:
“Ya Allah, untuk-Mu segala puji, karena Engkau telah memberi pakaianku dengannya. Aku mohon kebaikan serta dan kebaikan menurut apa yg dibentuk untuknya. Dan aku berlindung dari keburukannya berdasarkan apa yg dibuat untuknya.” (H.R. Abu Dawud, Tirmidzi, serta Ahmad)
29. Sebutkan nilai positif cara berpakaian yang baik!
Jawaban:
a. Dapat melindungai diri dari segala macam penyakit yang ditimbulkan sang lingkungan, seperti debu, suhu panas, suhu dingin, dan lain sebagainya.
b. Menjadi pertanda pengenal terutama buat perempuan . Apabila berpakaian sinkron menggunakan ketentuan Islam, maka perempuan tadi adalah perempuan muslimah.
c. Dapat terhindar dari gangguan orang-orang yg nir bertanggung jawab, lantaran sebagian besar orang akan lebih segan serta menghargai orang yang nir menutup auratnya.
d. Dapat memperindah penampilan
e. Menambah percaya diri
f. Menjaga diri menurut perbuatan yang dihentikan agama
g. Mendapatkan pahala, lantaran telah menjalankan perintah agama.
30. Bagaimana cara membiasakan berpakaian sinkron menggunakan syari’at Islam?
Jawaban: agama Islam memerintahkan pemeluknya agar berpakaian yang baik dan bagus sinkron menggunakan kemampuan masing-masing. Dalam pengertiannya, bahan pakaian tadi bisa memenuhi hajat tujuan berpakaian, yaitu menutup aurat serta estetika.
Lanjut ke soal angka 31-45 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas X Semester 1 ~ K13 (Part-tiga)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI