Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawabannya Part5 Terbaru

Berisikan materi yang sama menggunakan soal PG PKN kelas 10 semester satu K13 bagian kelima, yaitu tentang "Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara Menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945". Selain itu, essay bagian kelima adalah lanjutan Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawabannya bagian ke-4 (soal angka 16-25).
Berikut, model soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X semester ganjil dengan kunci jawaban buat anak didik SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat dimulai menurut soal angka 26.
26. Jelaskan yg dimaksud menggunakan sistem politik!
Jawaban: sistem politik diartikan sebagai gugusan atau keseluruhan berbagai aktivitas dalam negara yg berkaitan menggunakan kepentingan generik termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi, serta penyusunan skala prioritasnya.
27. Sebutan komponen-komponen suprastruktur politik Indonesia!
Jawaban: Lembaga suprastruktur politik Indonesia dari Undang-Undang Dasar 1945 meliputi Majelis Permusyawaratan Rakyat, DPR, DPD, presiden danwakil presiden, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, Badan Pemeriksa Keuangan, serta lembaga penyelenggara pemerintahan lainnya misalnya menteri, jaksa, polisi, dan TNI.
28. Sebutkan tugas serta kewenangan Dewan Perwakilan Daerah!
Jawaban: tugas serta wewenang DPD yaitu:
a. Mengajukan rancangan undang-undang pada DPR yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan wilayah, pengelolaan asal daya alam, serta sumber daya ekonomi lainnya, dan yang berkaitan menggunakan perimbangan keuangan sentra serta wilayah.
b. Ikut membahas rancangan undang-undang yg berkaitan menggunakan swatantra daerah, hubungan sentra dan wilayah, pembentukan pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan asal daya alam, dan sumber daya ekonomi lainnya, dan yg berkaitan dengan perimbangan keuangan sentra serta daerah, yg diajukan baik sang DPR maupun pemerintah.
c. Memberikan pertimbangan pada DPR atas rancangan undang-undang APBN serta rancangan undang-undang pajak, pendidikan, dan kepercayaan .
d. Memberikan pertimbangan pada DPR dalam pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan.
e. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang mengenai otonomi wilayah, pembentukan dan pemekaran, dan penggabungan daerah, pembentukan serta pemekaran, serta penggabungan wilayah, hubungan sentra dan wilayah, pengelolaan asal daya alam, dan asal daya ekonomi lainnya, aplikasi APBN, pajak, pendidikan, serta agama.
f. Menerima hasil pemeriksaan keuangan negara menurut Badan Pemeriksa Keuangan buat dijadikan bahan menciptakan pertimbangan bagi DPR mengenai rancangan undang-undang yang berkaitan dengan APBN.
29. Sebutkan kewajiban serta wewenang Mahkamah Agung berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945!
Jawaban: adapun kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung dari pasal 24A UUD 1945, menjadi berikut.
Pasal 24A
(1) Mahkamah Agung berwenang mengadili dalam tingkat kasasi, menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang serta mempunyai kewenangan lainnya yang diberikan oleh undang-undang.
30. Sebutkan fungsi partisipasi masyarakat negara pada sistem politik Indonesia!
Jawaban: beberapa fungsi partisipasi politik adalah menjadi berikut.
a. Sarana buat mengejar kebutuhan ekonomi, partisipasi politik acapkali ada dalam bentuk upaya-upaya berakibat arena politik buat memperlancar bisnis ekonominya ataupun menjadi sarana untuk mencari keuntungan warga .
b. Sarana buat memuaskan suatu kebutuhan bagi penyesuaian sosial, yakni memenuhi akan harga diri, meningkatnya status sosial, serta merasa terhormat lantaran berteman dengan pejabat-pejabat terkemuka serta penting.
c. Sarana buat mengejar nilai-nilai spesifik. Dalam hal ini, orang berpartisipasi dalam politik dianggap bisa dijadikan wahana bagi pencapaian tujuan-tujuan eksklusif misalnya buat mendapatkan pekerjaan, menerima proyek dan tender, dan melancarkan karir bagi jabatannya. Nilai-nilai spesifik serta kepentingan individu tersebut bila tercapai akan makin mendorong partisipasinya dalam politik.
d. Sarana buat memenuhi kebutuhan alam bawah sadar serta kebutuhan psikologi eksklusif, misalnya kekuasaan batin perasaan terhormat, merasa menjadi sosok yg krusial dan dihargai orang lain dan kepuasan-kepuasan atas target yang telah ditetapkan.
Lanjut ke soal nomor 31-40 => Contoh Soal Essay PKN Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawabannya ~ Part-6

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI