Contoh Soal Essay PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part4 Terbaru

Melanjutkan Contoh Soal Essay PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban bagian ketiga (soal angka 36-55), soal essai/uraian Pendidikan Pancasila serta Kewarganegaraan bagian keempat dimulai dari soal angka 56.
56. Dalam negara demokrasi, rakyat mempunyai kebebasan buat melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk kegiatan politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Mengapa demikian?
Jawaban:
Rakyat mempunyai kebebasan buat melakukan seluruh aktivitas kehidupan termasuk kegiatan politik tanpa adanya tekanan dari pihak manapun, Lantaran pada hakikatnya yg berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.
57. Apakah yg dimaksud keinginan kerakyatan dalam demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Cita-cita kerakyatan, yaitu bentuk penghormatan pada rakyat Indonesia menggunakan memberi kesempatan pada rakyat Indonesia untuk berperan atau terlibat dalam proses pengambilan keputusan yg dilakukan sang pemerintah.
58. Sebutkan 2 asas demokrasi Pancasila pada sistem demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Dalam sistem demokrasi pancasila, terdapat dua asas antara lain sebagai berikut:
a. Asas kerakyatan: Pengertian asas kerakyatan adalah asas pencerahan buat cinta kepada rakyat, bersatu dengan nasib serta impian masyarakat, dan memiliki jiwa kerakyatan atau menghayati pencerahan senasib serta secita-cita dengan warga .
b. Asas nusyawarah: Pengertian asas musyawarah merupakan asas yg memperhatikan aspirasi dan kehendak semua warga yg jumlahnya poly serta melalui lembaga permusyawaratan buat menyatukan pendapat dan mencapai konvensi beserta atas kasih sayang, pengorbanan buat kebahagiaan beserta.
59. Bagaimanakah sebuah negara dapat diklaim menjadi negara yang demokratis?
Jawaban:
Sebuah negara dapat dianggap sebagai negara yang demokratis bila pada pada pemerintahan tadi masyarakat memilih persamaan di depan hukum, memiliki kesempatan buat berpartisipasi pada pembuatan keputusan, serta memperoleh pendapatan yang layak lantaran terjadi distribusi pendapatan yang adil, dan memiliki kebebasan yang bertanggung jawab
60. Sebutkan 2 model perilaku positif rakyat negara pada demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Sikap positif masyarakat negara pada Demokrasi Pancasila diantaranya menjadi berikut.
a. Turut mendukung serta berpartisipasi dalam usaha penataan kehidupan politik yang diarahkan pada menumbuhkembangkan tatanan politik berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945.
b. Ikut menaikkan pencerahan dan kiprah dan politik warga , termasuk upaya pemantapan keyakinan rakyat terhadap Pancasila sebagai asas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.
61. Bagaimanakah demokrasi yang dikehendaki sang UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945?
Jawaban:
Demokrasi berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 menghendaki diberlakukannya sistem pengadilan yg merdeka (independen) yang memberi peluang seluas-luasnya pada seluruh pihak yang berkepentingan buat mencaridan menemukan aturan yg seadil-adilnya.
62. Jelaskan pengertian demokrasi Pancasila!
Jawaban:
Demokrasi pancasila adalah suatu paham demokrasi yg bersumber pada kepribadian serta falsafah hidup bangs Indonesia yang digali menurut kepribadian bangs Indonesia sendiri, yaitu pancasila.
 63. Sebutkan isi serta Dekrit Presiden 5 Juli 1959!
Jawaban:
a. Pembubaran konstituante
b. Pemberlakuan kembali UUD 1945 dan nir berlakunya UUDS 1950
c. Pembentukan MPRS serta DPAS dalam saat yg sesingkat-singkatnya
64. Apakah maksud demokrasi Pancasila adalah pelembagaan menurut kebebasan?
Jawaban:
Demokrasi merupakan pelembagaan dari kebebasan maksudnya kebebasan yang dimiliki warga diatur dan diarahkan oleh sebuah lembaga kekuasaan yang asal kekuasaannya dari dari warga serta dijalankan sendiri oleh warga , sehingga kebebasan yg mereka miliki dapat dilaksanakan secara bertanggung jawab serta tidak melanggar kebebasan yang dimiliki orang lain.
65. Tulislah definisi demokrasi Pancasila menurut Prof. Dr. Drs. Notonegoro!
Jawaban:
Menurut Prof. Drs. Notonegoro, S.H., Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yg dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilanyang berketuhanan Yang Maha Esa, yg berperikemanusiaan yg adil dan mudun, yg mempersatukan Indonesia, dan yang berkeadilan sosial bagi seluruh warga Indonesia.
66. Sebutkan beberapa prinsip pada demokrasi menurut Lyman Tower Sargent!
Jawaban:
Lyman Tower Sargent beropini ada beberapa prinsip secara umum dipercaya krusial dalam demokrasi, yaitu menjadi berikut.
a. Ketertiban rakyat negara dalam pembuatan keputusan politik
b. Taraf persamaan eksklusif di antara rakyat negara
c. Taraf kebebasan atau kemerdekaan eksklusif yang diakui serta dipakai sang warga negara
d. Suatu sistem perwakilan
e. Suatu sistem pemilihan kekuasaan mayoritas
67. Tuliskan 3 kendala dalam menciptakan kehidupan demokrasi di Indonesia!
Jawaban:
Pelaksanaan demokrasi pancasila nir berjalan mulus, tetapi harus menghadapi berbagai hambatan diantaranya menjadi berikut:
a. Masih kurangnya pengembangan demokrasi politik, demokrasi ekonomi.
b. Terdapat gejala demokrasi menunjuk pada demokrasi liberal, bahkan demokrasi terbukti tak jarang terjadinya demonstrasi yg brutal, asnarkhis, dan tiranis.
c. Ciri kemajemukan masyarakat bangsa Indonesia memberi peluang luas terhadap terjadinya disintegrasi (perpecahan). Oleh karenanya, jiwa semangat kesatuan serta persatuan wajib terus menerus dibina serta diperjuangkan.
d. Hambatan budaya feodalistik yg menyulitkan diberlakukannya prinsip negara aturan. Persamaan masyarakat negara dalam aturan serta pengadilan masih sulit diwujudkan. Di samping itu budaya feodalistik melahirkan budaya ewuh pakewuh, bapakisme, patrimonialisme, kharismatik, dari bapak senang , yes men, sebagai akibatnya seringkali control sosial politik warga nir jalan.
68. Apakah yang dimaksud hasrat permusyawaratan pada Demokrasi Pancasila?
Jawaban:
Cita-cita permusyawaratan, yaitu impian buat mewujudkan negara persatuan yg dapat mengatasi paham perseorangan atau golongan.
69. Sebutkan dua model pelaksanaan demokrasi terpimpin dalam periode 1959-1965!
Jawaban:
Berikut aplikasi demokrasi terpimpin pada periode 1959-1965.
a. Ir. Soekarno menjadi presiden dan perdana menteri dengan kabinetnya yg dinamakan kabinet kerja
b. Pembentukan MPR ad interim menggunakan penetapan presiden No. Dua Tahun 1959, yang berisi keanggotaan MPRS terdiri berdasarkan 583 anggota DPR ditambah dengan utusan-utusan wilayah dan 200 wakil-wakil golongan.
70. Berikan model penerapan sikap demokratis dalam keluarga!
Jawaban:
Contoh penerapan perilaku demokratis pada keluarga merupakan menjadi berikut:
a. Saling menghargai pendapat satu sama lain.
b. Saling menghormati dan mencintai satu sama lain.
c. Mendiskusikan pertarungan yang terjadi pada famili.
d. Saling berbagi peran dalam famili.
Lanjut ke soal Penilain Tengah Semester => Contoh Soal UTS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban
Atau.....
Lanjut ke soal nomor71-90  maeri setelah UTS => Contoh Soal Essay PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban ~ Part-lima

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI