Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 Terbaru

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 yang sedang Anda baca ini, berisikan materi sejarah bagian kesatu alias pertama menggunakan berisikan materi yang sama menggunakan 50 Soal Sejarah Kurikulum 2018 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban, yaitu tentang "Masuk dan Berkembangnya Kolonialisme serta Imprealisme Barat pada Indonesia", dengan sub utama bahasan latar belakang masuknya bangsa Eropa ke Indonesia.
Selain itu, materi soal sejarah di atas, merupakan sub utama bahasan sebelum murid Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK mengadakan penilaian tengah semester satu sejarah kelas 11.
Berikut pada bawah ini, model soal menggunakan kunci jawabannya:
1. Apa tujuan bangsa Barat ke Indonesia sesudah abad ke-18?
Jawaban: mendapatkan bahan baku industri, tempat atau daerah pemasaran output industri, menerima energi kerja yg murah, serta loka menanamkan modal.
2. Mengapa jatuhnya konstantinopel dianggap menjadi galat satu faktor pendorong bangsa Eropa mencai daerah rempah-rempah sendiri?
Jawaban: jatuhnya Konstantinopel dalam tahun 1453 ke Turki Utsmani menyebabkan pasokan rempah-rempah ke daerah Eropa terputus. Hal ini dikarenakan boikot yang dilakukan sang Turki Utsmani kepada bangsa Eropa. Situasi ini mendorong orang-orang Eropa menjelajahi jalur pelayaran ke wiilayah yang poly memiliki bahan rempah-rempah, termasuk kepulauan Nusantara (Indonesia).
3. Bagaimana perilaku bangsa Indonesia dalam awal kedatangan bangsa Barat?
Jawaban: bangsa Indonesia menerima dengan baik atas kedatangan Bangsa Barat dalam awalnya. Setelah tahu bahwa bangsa Barat hanya akan memanfaatkan kekayaan Indonesia, maka rakyat Indonesia mulai tidak suka serta segera melakukan perlawanan menggunakan sekuat energi sampai titik darah penghabisan.
4. Apa tujuan awal bangsa Barat tiba ke Indonesia?
Jawaban: dalam awalnya, tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia hanya buat membeli rempah-rempah menurut para petani di Indonesia. Namun, dengan semakin meningkatnya kebutuhan industri pada Eropa akan rempah-rempah, mereka lalu mengkalim wilayah-daerah yang mereka kunjungi menjadi daerah kekuasaannya. Di tempat-tempat ini, bangsa Eropa memonopoli perdagangan rempah-rempah serta mengeruk kekayaan alam sebanyak mungkin. Dengan memonopoli perdagangan rempah-rempah, bangsa Eropa menjadi satu-satunya pembeli bahan-bahan ini. Akibatnya, harga bahan-bahan ini pun sangat ditentukan oleh mereka.
5. Apa yang dimaksud menggunakan gospel?
Jawaban: orang Eropa yang sebagian akbar beragama Kristen terdorong buat pulang kemana pun guna mewartakan Injil (gospel). Mereka percaya bahwa mewartakan Injil pada orang-orang yang belum mengenal Tuhan adalah galat satu panggilan hidupnya.
Lanjut ke soal berikutnya => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 ~ Part-2

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI