Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 Part2 Terbaru

Melanjutkan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 bagian pertama (soal nomor 1-lima), essay/uraian bagian kedua berisikan materi yang sama yaitu mengenai "Masuk serta Berkembangnya Kolonialisme serta Imprealisme Barat pada Indonesia", namun tidak sinkron sub utama bahasannya, lantaran dibagian ke-2 ini berisikan tentang Petualangan, Pelayaran, serta Penjelajahan Samudra Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia.
Berikut, soal essai/uraian sejarah kelas 11 semester satu dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 6.
6. Apa yg dimaksud edukasi pada salah satu isi Trilogi van Deventer?
Jawaban: edukasi artinya mendirikan sekolah-sekolah bagi kaum pribumi dan akhirnya akan melahirkan kaum cerdik pandai yg memelopori pergerakan nasional Indonesia.
7. Apa tujuan bangsa Portugis datang ke Indonesia?
Jawaban:
a. Tujuan ekonomi, yaitu mencari keuntungan yg akbar dari hasil perdagangan rempah-rempah. Membeli menggunakan harga yg murah pada Maluku serta menjualnya menggunakan harga yang tinggi di Eropa.
b. Tujuan kepercayaan , yaitu berbagi kepercayaan Nasrani.
c. Tujuan petualangan, yaitu mencari wilayah jajahan
8. Kapan perjanjian London itu ditandatangani? Sebutkan isi perjanjian London!
Jawaban: perjanjian London ditandatangani pada lepas 13 Agustus 1814. Isi dari perjanjian menurut London adalah menjadi berikut.
a. Pemerintah Inggris menyerahkan kembali tanah jajahannya kepada Belanda sebagaimana yang disepakati pada Kapitulasi Tuntang.
b. Inggris menerima Sailan dan Tanjung Harapan berdasarkan Belanda menjadi imbalan mempertahankan daerah itu dari serangan Perancis.
9. Sebutkan kebijakan yang dilakukan sang Raffles pada bidang  sosial!
Jawaban: Menghapuskan system monopoli, menghapuskan sistem perbudakan, menghapuskan penyerahan harus dan sistem tanam paksa, serta membagi Pulau Jawa menjadi 16 karisidenan.
10. Apa bukti dihapusnya sistem tanam paksa?
Jawaban: sebagai bukti sistem tanam paksa dihapuskan merupakan dihapuskannya kewajiban tanam kopi di Priangan, Manado, Tapanuli, Sumatera Barat.
Lanjut ke soal berikutnya => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 ~ Part-tiga

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI