Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 Part5 Terbaru

Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 bagian ke-5 merupakan lanjutan soal essay sejarah kelas 11 semester satu bagian ke-4 (soal angka 16-20), dimana bagian kelima ini berisikan Bab yang sama menggunakan sebelumnya yaitu "Pergerakan Nasional Indonesia pada upaya membangun Jati diri Keindonesiaan", tetapi tidak sama sub utama bahasannya.
Berikut, contoh soal essay sejarah dengan sub utama bahasan mengenai Perkembangan Paham Nasionalisme yg mendorong Lahirnya Pergerakan Nasional, dimulai dari soal nomor 21.
21. Apa saja nasionalisme Asia yg memengaruhi terbentuknya pergerakan nasional Indonesia?
Jawaban: Kemenangan Jepang atas Rusia pada 1905 dan contoh pergerakan nasional yg dilakukan sang Mahatma Gandhi di India, Mustapha Kemal Pasha di Turki, serta Dr. Sun Yat Sen di Cina sudah menaruh wangsit bagi kalangan terpelajar nasionalis Indonesia bahwa imprealisme Belanda bisa dilawan mellaui organisasi modern dengan cara memajukan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, serta politik pada bangsa Indonesia terlebih dahulu sebelum memperjuangkan kemerdekaan
22. Sebutkan tokoh-tokoh pribumi serta nama sekolah kebangsaan yg didirikannya!
Jawaban: Ki Hajar Dewantara mendiirkan Taman Siswa, Douwes Dekker mendirikan Ksatrian School, Moh. Syafei mendirikan INS Kayu Tanam.
23. Kejayaan kerajaan manakah yang menyebabkan bangsa Indonesia mengadakan konvoi nasional?
Jawaban: Kejayaan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit
24. Sebutkan model cerdik cendekiawan yang memelopori terbentuknya konvoi nasional Indonesia!
Jawaban: HOS Cokroaminoto, Ir. Soekarno, dr. Wahidin Sudirohusodo, K.H. Samanhudi, Douwes Dekker, Suwardi Suryaningrat, dan lain sebagainya.
25. Apa yang dimaksud pergerakan nasional?
Jawaban: pergerakan nasional adalah suatu bentuk perlawanan terhadap kaum penjajah yang dilaksanakan tidak menggunakan menggunakan kekuatan bersenjata, namun memakai organisasi yang bergerak di bidang sosial, budaya, ekonomi, dan politik
Lanjut ke soal angka 26-30 => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 ~ Part-6

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI