Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 Part7 Terbaru

Melanjutkan Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum bagian ke-6 (soal angka 26-30), yaitu Bab mengenai Pergerakan Nasional Indonesia dalam upaya membangun Jati diri Keindonesiaan, soal-soal essai/uraian sejarah kelas 11 semester satu bagian ke 7 berisikan bab yang sama menggunakan sub bab atau utama bahasan yang tidak sinkron dengan sebelumnya dimana bagian ke-7 tulisan ini berisikan tentang "Sumpah Pemuda".
Berikut, contoh soal essay sejarah dengan kunci jawaban buat anak didik Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK/Sederajat dimulai dari soal angka 31.
31. Kapan Kongres Pemuda I diadakan? Apa tujuannya?
Jawaban: Kongres Pemuda I dilaksanakan pada Jakarta dalam 30 April sampai 2 Mei 1926. Kongres Pemuda I ini bertujuan buat mendirikan adonan perkumpulan pemuda sebagai wujud asa kesatuan bangsa Indonesia.
32. Apa isi Petisi Soetardjo pada siding Volksradd bulan Juli 1936?
Jawaban: Isi petisi itu secara garis besar merupakan mengenai permohonan supaya diadakan suatu musyawarah antara wakil-wakil Indonesia dan Negeri Belanda pada mana anggota-anggotanya memiliki hak yang sama. Tujuanya adalah buat menyusun suatu planning yang isinya adalah anugerah kepada Indonesia suatu pemerintahan yang berdiri sendiri pada batas pasal 1 Undang-Undang Dasar Kerajaan Belanda.
33. Kapan lagu Indonesia Raya pertama kali didengarkan pada generik?
Jawaban: dalam peristiwa Sumpah Pemuda yang bersejarah tersebut, diperdengarkan buat pertama kalinya lagu kebangsaan Indonesia yg diciptakan oleh W.R. Soepratman, yaitu Indonesia Raya.
34. Apa yg dimaksud nasionalisme?
Jawaban: Nasionalisme adalah semangat memiliki atau sifat berdasarkan harapan buat berusaha mempertahankan bukti diri grup dengan melembagakan dalam bentuk sebuah negara.
35. Apa tujuan dari Gabungan Politik Indonesia (GAPI)?
Jawaban: tujuan GAPI adalah memperjuangkan hak buat memilih nasib sendiri dan persatuan nasional. Kemudian tujuan itu dirumuskan pada slogan “Indonesia Berparlemen”.
Lanjut ke soal nomor 36-40 => Contoh Soal Essay Sejarah Kelas XI Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2018 ~ Part-8

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI