Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawaban Part7 Terbaru

Melanjutkan Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawaban bagian ke-6 (soal nomor 61-70), essai SBK kelas 10 semester satu bagian ke 7 dimulai berdasarkan soal angka 71.
71. Sebutkan 5 butir teater tradisional bersama wilayah asalnya!
Jawaban:
a. Bangsawan= Sumut.
b. Randai =Sumbar
c. Dermuluk= Sumsel.
d. Sintren= Cirebon.
e. Mansres= Indramayu.
72. Sebutkan jenis-jenis wayang!
Jawaban:
a. Wayang kulit.
b. Wayang golek.
c. Wayang kancil.
d. Wayang Purwa.
e. Wayang beber.
73. Sebutkan cerita yg biasa dipentaskan pada ketoprak!
Jawaban: Cerita kerajaan, cerita sejarah, serta cerita rakyat Jateng.
74. Jelaskan yang engkau ketahui mengenai arja!
Jawaban: Arja adalah teater tradisional berdasarkan Bali dengan obrolan-dialog yg dikembangkan.
75. Berilah penjelasan mengenai simbol-simbol yang masih ada pada wayang!
Jawaban: Kelir sama dengan langit
Debog sama menggunakan bumi

76. Sebutkan fungsi dari teater!
Jawaban:
a. Teater berfungsi buat keperluan upacara.
b. Teater sebagai media aktualisasi diri.
c. Teater berfungsi menjadi sarana hiburan.
d. Teater menjadi media pendidikan.
77. Jelaskan yang engkau ketahui mengenai ubrug!
Jawaban: Ubrug merupakan teater tradisional bersifat kerakyatan yg terdapat di daerah Banten. Ubrug menggunakan bahasa daerah Sunda, campur Jawa dan Melayu, serupa dengan topeng banjet yg masih ada didaerah Karawang. Ubrug dapat dipentaskan dimana saja, seperti halnya teater rakyat lainnya. Dipentaskan bukan saja untuk hiburan, namun juga buat memenrintahkan suatu “hajatan”, atau meramaikan suatu “perayaan”.
78. Jelaskan yang dimaksud dengan virtuositas!
Jawaban: Virtuositas adalah kekuatan atau daya tarik seniman yg dilahirkan berdasarkan keterampilan, kecerdasan, serta pendalaman sepenuh hati dan jiwa pada karya ditampilkan, sehingga menimbulkan rasa ikut merasakan serta simpati bagi yg melihatnya.
79. Sebutkan langkah-langkah menyusun naskah lakon!
Jawaban:
a. Menentukan tema. Tema adalah gagasan dasar cerita atau pesan yang akan disampaikan oleh pengarang kepada penonton. Tema akan menuntun laku cerita berdasarkan awal hingga akhir.
b. Menentukan persoalan. Persoalan atau permasalahan adalah inti berdasarkan cerita teater. Tidak ada cerita teater tanpa konflik. Oleh karenanya pangkal masalah atau titik awal pertarungan perlu dibuat dan diadaptasi dengan tema yg dikehendaki.
c. Membuat sinopsis (kompendium cerita). Sinopsis dipakai pemandu proses penulisan naskah sebagai akibatnya alur dan masalah tidak melebar.
d. Menentukan kerangka cerita. Kerangka cerita akan membingkai jalannya cerita menurut awal sampai akhir. Kerangka ini membagi jalannya cerita mulai berdasarkan pemaparan, permasalahan, titik puncak sampai penyelesaian.
e. Menentukan protagonist. Tokoh protagonis adalah tokoh yg membawa laku holistik cerita. Dengan menentukan tokoh protagonis secara mendetil, maka tokoh lainnya mudah ditemukan. Apabila protagonis telah diciptakan maka karakter antagonis dengan sendirinya terbentuk. Apabila tokoh protagonis dan antagonis sudah ditemukan, maka tokoh lain baik yg berada dipihak protagonis atau antagonis akan gampang diciptakan.
f. Menentukan cara penyelesaian. Akhir cerita yang mengesankan selalu akan dinanti oleh penonton. Oleh karena itu tentukan akhir cerita menggunakan baik, logis, serta tidak tergesa-gesa.
80. Jelaskan cara olah suara dalam latihan teater tradisional!
Jawaban: Adapun latihan yang bisa dilakukan merupakan menggunakan berlatih menyanyikan lagu-lagu tradisional atau lagu-lagu dolanan (permainan) anak-anak secara bebas pada alam terbuka.
Lanjut ke soal evaluasi akhir semester satu => Contoh Soal UAS Seni Budaya Kelas X Semester 1 K13 Beserta Jawaban

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI