Contoh Soal Pendagogik UKG dan Jawaban Bag 3 Terbaru
Pada contoh soal pendagogik UKG 2018 serta Jawaban (Bag.dua) telah ditulis soal berikut jawabannya, kali ini adalah lanjutan soal pendagogik UKG 2018, sengaja model soal ukg aku bagi-bagi, agar nir terlalu lama rekan Guru menscroll ke bawah. Oke berikut soal pendagogik berikutnya, dilengkapi jawaban pastinya.
1. Guru membangun kelompok-kelompok belajar serta memberikan tugas pada tiap grup. Setiap angota menurut suatu grup memiliki tugas serta fungsi eksklusif sebagai akibatnya jika galat satu saja anggota kelompok nir menjalankan tugasnya maka pekerjaan gerombolan tadi nir bisa diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah....
a. Tugas kelompok
b. Diskusi gerombolan kecil
c. Pengajaran eksklusif (direct teaching).
d. Belajar kooperatif (cooperatif learningi).
jawaban: d
2. Pada fase pertama guru menggarisbawahi bagian yang penting dengan membuat daftar fase kedua membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan dengan cara-cara yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah....
a. Pengemas awal
b. Memorasi
c. Pencapaian konsep
d. Berpikir induktif
jawaban: c
3. Pembelajaran dengan menyediakan contoh-model yang memperlihatkan kesamaan-kesamaan atau disparitas-perbedaaan supaya murid yg berhadapan dengan contoh-model tadi dapat menemukan sendiri atau diberitahu sang guru mengenai setiap unsur menurut model tadi. Kemudian anak didik merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis mengenai memaknai model tersebut dan setiap contoh itu akan menyajikan fakta tentang karakteristik dan nilai atributnya. Model/taktik pembelajaran tersebut adalah....
a. Berpikir induktif
b. Berpikir deduktif
c. Pencapaian konsep
d. Pengemas awal
jawaban: a
4. Individu bekerja sama pada menganalisis konflik interpersonal dan membuatkan cara-cara demokratis buat menghadapi situasi eksklusif. Ini semua merupakan ciri menurut model/strategi pembelajaran....
a. Bermain peran
b. Pemeriksaan kelompok
d. Latihan laboratorium
d. Penelitian yurisprudensial
jawaban: b
5. Salah satu contoh pembelajaran yang adalah contoh pengolahan kabar merupakan....
a. Bermain peran
b. Pemecahan masalah
c. Memorasi (mengingat)
d. Berfikir deduktif
jawaban: d
6. Kita menentukan kategori serta membentuk sesuatu yg menggunakan pasti memaknai kenyataan. Kategori ini memungkinkan kita buat mengelompokkan obyek-obyek dengan disparitas-perbedaan yagn nyata dari ciri umum, dan mengurangi kerumitan kodisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan contoh....
a. Berpikir induktif
b. Berfikir deduktif
c. Pencapaian konsep
d. Pengemas awal
jawaban: b
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Siswa dikondisikan harus menerima liputan kompleks serta menerapkannya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan mendapat pengetahuan
3. Guru memfasilitasi membuahkan pengetahuan bermakna serta relevan bagi siswa
4. Pengajar menaruh kesempatan kepada siswa menerapkan taktik belajar yang disarankan
Pernyataan di atas yg adalah ciri teori belajar konstrukvistik adalah....
a. 1, 2, serta 3
b. 1, dua, dan 4
c. Dua, tiga, serta 4
d. 2 dan 3
jawaban: c
8. Deni adalah seseorang siswa berprestasi sehingga menerima penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran tersaji berbentuk unit-unit mini agar murid hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan pulang agar murid segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tadi dilandasi teori belajar....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme
d. Gestalt
jawaban: c
9. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada anak didik buat menentukan apa yang ingin beliau pelajari sinkron sumber-asal belajar yang tersedia atau bisa disediakan. Pernyataan ini adalah karakteristik menurut teori belajar.....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme
d. Gestalt
jawaban: b
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (simulus) dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri sang anak didik melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa menentukan sendiri apa yg akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yg adalah ciri teori belajar tingkah laris (behavioristik) merupakan....
a. 1 dan 2
b. Dua serta 3
c. 1 serta 3
d. Tiga dan 4
jawaban: a
1. Guru membangun kelompok-kelompok belajar serta memberikan tugas pada tiap grup. Setiap angota menurut suatu grup memiliki tugas serta fungsi eksklusif sebagai akibatnya jika galat satu saja anggota kelompok nir menjalankan tugasnya maka pekerjaan gerombolan tadi nir bisa diselesaikan. Karakteristik dari strategi pembelajaran tersebut adalah....
a. Tugas kelompok
b. Diskusi gerombolan kecil
c. Pengajaran eksklusif (direct teaching).
d. Belajar kooperatif (cooperatif learningi).
jawaban: d
2. Pada fase pertama guru menggarisbawahi bagian yang penting dengan membuat daftar fase kedua membuat hubungan materi baru dengan kata-kata, gambar dan gagasan-gagasan. Fase ketiga membuat hubungan dengan cara-cara yang menarik/lucu meski kadang sedikit berlebihan. Fase terakhir adalah latihannya. Strategi pembelajaran demikian adalah....
a. Pengemas awal
b. Memorasi
c. Pencapaian konsep
d. Berpikir induktif
jawaban: c
3. Pembelajaran dengan menyediakan contoh-model yang memperlihatkan kesamaan-kesamaan atau disparitas-perbedaaan supaya murid yg berhadapan dengan contoh-model tadi dapat menemukan sendiri atau diberitahu sang guru mengenai setiap unsur menurut model tadi. Kemudian anak didik merumuskan atau merumuskan kembali hipotesis mengenai memaknai model tersebut dan setiap contoh itu akan menyajikan fakta tentang karakteristik dan nilai atributnya. Model/taktik pembelajaran tersebut adalah....
a. Berpikir induktif
b. Berpikir deduktif
c. Pencapaian konsep
d. Pengemas awal
jawaban: a
4. Individu bekerja sama pada menganalisis konflik interpersonal dan membuatkan cara-cara demokratis buat menghadapi situasi eksklusif. Ini semua merupakan ciri menurut model/strategi pembelajaran....
a. Bermain peran
b. Pemeriksaan kelompok
d. Latihan laboratorium
d. Penelitian yurisprudensial
jawaban: b
5. Salah satu contoh pembelajaran yang adalah contoh pengolahan kabar merupakan....
a. Bermain peran
b. Pemecahan masalah
c. Memorasi (mengingat)
d. Berfikir deduktif
jawaban: d
6. Kita menentukan kategori serta membentuk sesuatu yg menggunakan pasti memaknai kenyataan. Kategori ini memungkinkan kita buat mengelompokkan obyek-obyek dengan disparitas-perbedaan yagn nyata dari ciri umum, dan mengurangi kerumitan kodisi lingkungan. Strategi tersebut dikenal dengan contoh....
a. Berpikir induktif
b. Berfikir deduktif
c. Pencapaian konsep
d. Pengemas awal
jawaban: b
7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Siswa dikondisikan harus menerima liputan kompleks serta menerapkannya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan mendapat pengetahuan
3. Guru memfasilitasi membuahkan pengetahuan bermakna serta relevan bagi siswa
4. Pengajar menaruh kesempatan kepada siswa menerapkan taktik belajar yang disarankan
Pernyataan di atas yg adalah ciri teori belajar konstrukvistik adalah....
a. 1, 2, serta 3
b. 1, dua, dan 4
c. Dua, tiga, serta 4
d. 2 dan 3
jawaban: c
8. Deni adalah seseorang siswa berprestasi sehingga menerima penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran tersaji berbentuk unit-unit mini agar murid hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan pulang agar murid segera tahu hasilnya. PBM yang dilakukan guru tadi dilandasi teori belajar....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme
d. Gestalt
jawaban: c
9. Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada anak didik buat menentukan apa yang ingin beliau pelajari sinkron sumber-asal belajar yang tersedia atau bisa disediakan. Pernyataan ini adalah karakteristik menurut teori belajar.....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme
d. Gestalt
jawaban: b
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran mementingkan pembentukan perangsang (simulus) dan respon
3. Pengetahuan itu ditemukan sendiri sang anak didik melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa menentukan sendiri apa yg akan dipelajari
Dari pernyataan di atas yg adalah ciri teori belajar tingkah laris (behavioristik) merupakan....
a. 1 dan 2
b. Dua serta 3
c. 1 serta 3
d. Tiga dan 4
jawaban: a