Contoh Soal Pendagogik UKG dan Kunci Jawaban Terbaru
Contoh Soal Pendagogik UKG terbaru - Bagi rekan yg berprofesi sebagai pengajar (Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama, SMA, Sekolah Menengah Kejuruan) dan bersiap menghadapi UKG Online, saya menyediakan beberapa bentuk soal dilengkapi kunci jawabannya. Berikut contoh soal pendagogik yg sanggup bapak/ibu pelajari.
1. Upaya membimbing anak didik buat menyebarkan keterampilan sosial antara lain terlihat pada upaya pengajar.....
a. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran.
b. Melatih murid membuat keputusan yg diambil berdasarkan warta yang tepat
c. Mendiskusikan bagaimana mengatasi konflik sosial pada sekitar siswa
d. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar.
jawaban: c
2. Salah satu upaya pengajar pada melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yg telah dibuat melalui penelitian tindakan kelas diantaranya....
a. Pengajar melakukan intropeksi terhadap kelemahan yang terdapat berdasarkan aspek guru
b. Pengajar meyakini terdapat masalah pada pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan.
c. Pengajar mengevaluasi balik rancangan mengatasi kelemahan yg ada
d. Pengajar merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal buat persiapan Ujian Nasional
jawaban: c
3. Hasil analisis kekuatan serta kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan pengajar buat....
a. Merancang ulang rancangan pembelajaran yang menurut analisis terbukti memiliki kelemahan
b. Mempertahankan norma mengajar lantaran telah usang dan banyak berpengalaman.
c. Mengusulakn penyediaan media pengajaran yg sophisticated untu menaikkan pembelajaran
d. Memberikan latihan tambahan berupa tes buat para siswa.
jawaban: a
4. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam aktivitas pengajar menjadi berikut....
a. Menaruh tambahan materi berupa asal ajar dari pengarang yg berbeda
b. Menaruh tes tambahan dengan taraf kesukaran yang lebih tinggi.
c. Memberikan tambahan asal bacaan yang lebih mendalam serta tingkat variasi yg tinggi berikut instrumen tesnya yang sinkron.
d. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya serta pengerjaan soal-soalnya yg memiliki kesulitan tinggi.
jawaban: c
5. Dasar rancangan acara remedial bagi peserta didik yang capain prestasinya pada bawah ketuntasan belajar (KKM)....
a. Proses pedagogi remedial dalam dasarnya merupakan proses belajar mengajar biasa
b. Tujuan pengajaran remedial adaslah sama menggunakan tes diagnostik
c. Target terpenting pedagogi remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang
jawaban: c
6. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi siswa tampak dalam aktivitas pengajar....
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus buat siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaran yg sudah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian belajar siswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaran yang baru yang tidak selaras sama sekali dengan rancangan yg ada
d. Merencanakan tes ulang saja tanpa terdapat pengulangan penjelasan materi
jawaban: a
7. Upaya guru menggunakan hasil analisis buat menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
a. Menentukan kritera keberhasilan belajar
b. Mengklasifikasi murid menurut hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara generik dicermati dari kritera keberhasilan yang diharapkan
d. Merencanakan pengerjaan remedial
jawaban: d
8. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut:
1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2. Menganalisa soal yang paling poly keliru serta paling poly sahih dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi serta budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sistem PBM secara menyeluruh menurut atas dasar output analisis penilian belajar
Pernyataan pada atas yg adalah langkah pengajar menginterpretasi hasil analisis penilaian output belajar adalah....
a. 1 serta 2
b. 1 serta 3
c. Dua serta 4
d. Tiga dan 4
jawaban: c
9. Upaya untuk menganalisis hasil proses diantaranya berupa kegiatan pengajar....
a. Memeriksa serta menaruh nilai terhadap output catatan kegiatan tiap siswa dalam kegiatan pada kelas
b. Melakukan wawancara tamabahan dengan murid yg beraktivitas sangat positif
c. Merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik dari penilaian non tes
d. Melakukan wawancara tambahan dengan murid yang beraktivitas kurang baik
jawban: a
10. Penilaian portfolio dapat dilaksanakan menggunakan cara....
a. Menaruh penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian serta sumatif tiap siswa
c. Mengumpilkan hasil kerja masing-masing murid yang sudah diberikan masukan kembali sang guru dan rekan anak didik pada suatu album menjadi bukti hasil belajar
d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban output ulangan tiap siswa buat melihat kesulitan murid dalam emmahami utama bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial
jawaban: c
Lanjut ke soal pendagogik berikutnya, silahkan klik contoh soal pendagogik UKG terkini dan jawaban (bag.2)
1. Upaya membimbing anak didik buat menyebarkan keterampilan sosial antara lain terlihat pada upaya pengajar.....
a. Memberikan contoh pentingnya bersikap toleran.
b. Melatih murid membuat keputusan yg diambil berdasarkan warta yang tepat
c. Mendiskusikan bagaimana mengatasi konflik sosial pada sekitar siswa
d. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar.
jawaban: c
2. Salah satu upaya pengajar pada melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yg telah dibuat melalui penelitian tindakan kelas diantaranya....
a. Pengajar melakukan intropeksi terhadap kelemahan yang terdapat berdasarkan aspek guru
b. Pengajar meyakini terdapat masalah pada pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan.
c. Pengajar mengevaluasi balik rancangan mengatasi kelemahan yg ada
d. Pengajar merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal buat persiapan Ujian Nasional
jawaban: c
3. Hasil analisis kekuatan serta kelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan dapat digunakan pengajar buat....
a. Merancang ulang rancangan pembelajaran yang menurut analisis terbukti memiliki kelemahan
b. Mempertahankan norma mengajar lantaran telah usang dan banyak berpengalaman.
c. Mengusulakn penyediaan media pengajaran yg sophisticated untu menaikkan pembelajaran
d. Memberikan latihan tambahan berupa tes buat para siswa.
jawaban: a
4. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam aktivitas pengajar menjadi berikut....
a. Menaruh tambahan materi berupa asal ajar dari pengarang yg berbeda
b. Menaruh tes tambahan dengan taraf kesukaran yang lebih tinggi.
c. Memberikan tambahan asal bacaan yang lebih mendalam serta tingkat variasi yg tinggi berikut instrumen tesnya yang sinkron.
d. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya serta pengerjaan soal-soalnya yg memiliki kesulitan tinggi.
jawaban: c
5. Dasar rancangan acara remedial bagi peserta didik yang capain prestasinya pada bawah ketuntasan belajar (KKM)....
a. Proses pedagogi remedial dalam dasarnya merupakan proses belajar mengajar biasa
b. Tujuan pengajaran remedial adaslah sama menggunakan tes diagnostik
c. Target terpenting pedagogi remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. Strategi yang dipilih hanya berbentuk tes ulang
jawaban: c
6. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi siswa tampak dalam aktivitas pengajar....
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus buat siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaran yg sudah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian belajar siswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaran yang baru yang tidak selaras sama sekali dengan rancangan yg ada
d. Merencanakan tes ulang saja tanpa terdapat pengulangan penjelasan materi
jawaban: a
7. Upaya guru menggunakan hasil analisis buat menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
a. Menentukan kritera keberhasilan belajar
b. Mengklasifikasi murid menurut hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara generik dicermati dari kritera keberhasilan yang diharapkan
d. Merencanakan pengerjaan remedial
jawaban: d
8. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut:
1. Mendata siswa yang memiliki kecerdasan (IQ) tinggi
2. Menganalisa soal yang paling poly keliru serta paling poly sahih dijawab siswa
3. Menganalisis latar belakang sosial, ekonomi serta budaya orang tua mereka
4. Mengevaluasi sistem PBM secara menyeluruh menurut atas dasar output analisis penilian belajar
Pernyataan pada atas yg adalah langkah pengajar menginterpretasi hasil analisis penilaian output belajar adalah....
a. 1 serta 2
b. 1 serta 3
c. Dua serta 4
d. Tiga dan 4
jawaban: c
9. Upaya untuk menganalisis hasil proses diantaranya berupa kegiatan pengajar....
a. Memeriksa serta menaruh nilai terhadap output catatan kegiatan tiap siswa dalam kegiatan pada kelas
b. Melakukan wawancara tamabahan dengan murid yg beraktivitas sangat positif
c. Merencanakan pembelajaran remedial bagi siswa yang kurang baik dari penilaian non tes
d. Melakukan wawancara tambahan dengan murid yang beraktivitas kurang baik
jawban: a
10. Penilaian portfolio dapat dilaksanakan menggunakan cara....
a. Menaruh penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian serta sumatif tiap siswa
c. Mengumpilkan hasil kerja masing-masing murid yang sudah diberikan masukan kembali sang guru dan rekan anak didik pada suatu album menjadi bukti hasil belajar
d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban output ulangan tiap siswa buat melihat kesulitan murid dalam emmahami utama bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial
jawaban: c
Lanjut ke soal pendagogik berikutnya, silahkan klik contoh soal pendagogik UKG terkini dan jawaban (bag.2)