Contoh Soal Sosiologi Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya Essay Part2 Terbaru

Melanjutkan uji kompetensi Contoh Soal Sosiologi Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya ~ Essay bagian pertama (soal angka 1-15), essay bagian kedua, berisikan materi yg sama menggunakan contoh soal PG sosiologi bagian ketiga dan keempat, yaitu tentang: perubahan sosial misalnya impak perubahan sosial bagi kehidupan masyarakat, bentuk-bentuk disintegrasi menjadi akibat perubahan sosial, dan tantangan dunia terhadap keberadaan jati diri bangsa Indonesia.
Berikut contoh soal essay kelas xii semester gasal serta jawabannya, dimulai menurut soal nomor 16 sampai menggunakan 30.
16. Tindakan yg mengancam orang lain atau melanggar hukum dianggap….
Jawaban: kriminalitas
17. Ketidakseimbangan yg terjadi lantaran unsur-unsur yang ada pada dalam warga mengalami perubahan, baik secara cepat atau lambat, disebut ….
Jawaban: cultural lag
18. Pemberontakan Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PPRRI) terjadi di ….
Jawaban: Sumatra Barat
19. Republik Indonesia Serikat (RIS) berdiri pada tahun ….
Jawaban: 1949
20. Kegiatan sejumlah orang menggunakan tidak menggunakan kekerasan, mengorganisir diri buat melakukan proses terhadap suatu rezim disebut ….
Jawaban: demonstrasi
21. Pekerjaan yang sifatnya menyerahkan diri, dalam biasanya buat melakukan perbuatan seksual menggunakan mendapat upah dianggap ….
Jawaban: prostitusi
22. Usaha kotor yang dilakukan sang seseorang pengusaha buat mendapatkan kebijaksanaan atau kepuasan yg mendatangkan keuntungan ekonomi bagi dirinya disebut ….
Jawaban: white collar crime atau economics criminality
23. Kejahatan yang dilakukan oleh rakyat lapisan bawah dianggap ….
Jawaban: blue collar crime
24. Aksi protes yang disertai menggunakan perusakan barang dikenal dengan kata ….
Jawaban: riot
25. Sistem atau tatanan yg mengakibatkan seseorang atau negara nir mungkin mengisolasi diri akibat kemajuan teknologi dan komunikasi disebut ….
Jawaban: globalisasi
26. Sebutkan model pergolakan daerah pada Indonesia pada kurun waktu 1945-1962!
Jawaban:
a. PKI Madiun
b. DI/TII
c. RMS
d. PRRI
e. APRA
27. Jelaskan disparitas antara demonstrasi serta riot!
Jawaban: Demonstrasi adalah kegiatan sejumlah orang dengan nir memakai kekerasan, mengorganisir diri buat melakukan protes terhadap rezim, pemerintah, atau sebuah ideologi, serta kebijakan. Dalam demonstrasi berlangsung secara tertib. Adapun riot adalah kegiatan protes yang diwarnai kekerasan serta/atau perusahaan fasilitas umum atau properti pihak lain.
28. Jelaskan karena-sebab terjadinya kenakalan remaja!
Jawaban:
a. Perasaan sense of value yang kurang ditanamkan oleh orang tua.
b. Timbulnya organisasi-organisasi nonformal yg berlaku menyimpang sehingga nir disukai warga .
c. Timbulnya masalah kenakalan remaja yg terutama merupakan delikuensi remaja. Perilaku yang berkaitan menggunakan hal ini merupakan pencurian, pencopetan, penganiayaan, pemakaian obat-obatan terlarang, pornografi, pelanggaran susila, kebut-kebutan, serta sebagainya.
29. Menurut pendapatmu, apa imbas globalisasi terhadap masyarakat Indonesia?
Jawaban: bergersernya nilai dan norma sosial sebagai akibatnya ukuran nilai serta norma sebagai lebih lunak. Adapun di pada kehidupan ekonomi yang semula mendasarkan dalam pertanian, sesudah masuk ke masa industrialisasi maka semangat gotong royong warga semakin menipis. Oleh karena itu, kehidupan warga sekarang cenderung indivudalistik.
Secara rinci, efek globalisasi terhadap masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut.
a. Goncangan budaya (cultrural shock)
Goncangan budaya merupakan ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling tidak selaras sebagai akibatnya menghasilkan pola kehidupan sosial yg nir serasi manfaatnya bagi rakyat. Terkadang ada unsur yg berubah, tetapi terdapat unsur lain yang tidak berubah atau tidak mengikuti keadaan sehingga fungsinya terganggu. Keadaan ini dapat menyebabkan timbulnya keadaan yang tidak seimbang serta tidak harmonis pada kehidupan.
b. Kesenjangan kebudayaan (cultural lag)
Pada warga yang sedang mengalami perubahan, tidak selamanya unsur-unsur kemasyarakatan dan unsur-unsur kebudayaan bisa mengalami perubahan yang sama cepatnya. Ada unsur-unsur yang mengalami perubahan secara cepat, ada jua yang lambat. Keadaan ini menyebabkan timbulnya proses perubahan kebudyaaan yang nir seimbang, yg dapat menyebabkan aneka macam krisis, ketegangan, pertarungan, dan sebagainya.
c. Memperkaya unsur-unsur Budaya Indonesia
Derasnya arus komunikasi serta informasi mempercepat masuknya unsur-unsur budaya asing yang dapat memperkaya kebudayaan Indonesia. Hal ini dapat mengganti pola pikir yg tradisional menjadi rasional sehingga orang bisa mendapat kritik demi kemajuan bangsanya.
30. Menurut pendapatmu, langkah-langkah apa yang perlu ditempuh untuk mengatasi memudarnya jati diri bangsa menjadi dampak berdasarkan proses globalisasi dan modernisasi?
Jawaban: dengan memperkuat jati diri bangsa Indonesia, yg terwujud menurut jati diri bangsa Indonesia, antara lain:
a. Religius
b. Terbuka
c. Humanis
d. Demokratis
e. Naturalis
f. Integrasi dan harmoni
g. Nasionalisme serta patriotisme
h. Komitmen terhadap kebeneran
i. Profesional
j. Menjunjung tinggi hukum
k. Memiliki jiwa seni serta estetika
l. Berbudaya luhur
m. Gotong royong
n. Ramah tamah
Lanjut ke soal nomor 31-45 => Contoh Soal Sosiologi Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya ~ Essay (Part-tiga)

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru