Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Beserta Jawaban Part4 Terbaru
Berbeda dengan soal-soal UAS B.indonesia kelas 10 semester genap sebelumnya, yaitu soal UAS bagian pertama hingga ketiga (soal nomor 21-30) yang berbentuk pilihan ganda, bagian keempat atau terakhir tulisan ulangan akhir semester ini berbentuk essay/uraian.
31. Karangan yg bertujuan menyebutkan suatu perkara secara mendalam sebagai akibatnya pembaca memperoleh pengertian yg jelas disebut ....
Jawaban: eksposisi
32. Teknik yang dipakai dalam membaca tabel atau grafik adalah ....
Jawaban: memindai
33. Daftar ringkasan warta atau berita berupa nama atau bilangan yg disusun urut ke bawah dengan garis pembatas sebagai akibatnya gampang disimak disebut ....
Jawaban: tabel
34. Karya sastra lama umumnya bersifat pralogis. Pralogis adalah ....
Jawaban: diluar akal
35. Kampanye tertulis adalah salah satu betuk paragraf ....
Jawaban: persuasif
36. Metode pidato menggunakan penerapan naskah tetapi hanya berupa catatan garis besarnya diklaim ....
Jawaban: ekstemporan
37. Berdesik-desik daun buluh
Dibuai angin dengan sayang
Ayam berkokok sayap suara
Baris ketiga puisi di atas mengandung citraan...
Jawaban: pendengaran
38. Unsur berdasarkan luar cerita yg membangun sebuah karya disebut ....
Jawaban: unsur ekstrinsik
39. Orang yang pandai berpidato dianggap ....
Jawaban: orator
40. Paragraf yg berisikan imbauan atau ajakan pada orang lain buat melakukan sesuatu misalnya diperlukan penulisnya dianggap ....
Jawaban: persuasif
41. Sebutkan ciri-karakteristik sastra Melayu klasik!
Jawaban:
a. Statis, ialah tetap, baik bentuk maupun tema
b. Istana sentris, artinya karya-karya yg dibuat buat kepentingan raja dan istananya
c. Anonim, merupakan pengarang nir disebutkan
d. Disajikan secara lisan
e. Berbahasa Melayu dan romantis
f. Menggunakan tema usaha baik-tidak baik, pendidikan moral, pahlawan, dan keagungan raja
g. Khayal serta fantastis
42. Jelaskan bagian-bagian kerangka pidato!
Jawaban:
a. Pendahuluan
Pendahuluan dimulai menggunakan kalimat pembukan yang dapat menarik perhatian para pendengar
b. Isi
Isi pidato terdiri atas bagian atau rencana buah-buah yg hendak disampaikan, yakni berupa pikiran-pikiran utama
c. Penutup
Penutup atau konklusi usahakan tidak panjang. Penutup terdiri atas satu atau dua kalimat yg berisi konklusi, serta selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih
43. Apa sajakah metode yang dapat digunakan pada berpidato?
Jawaban:
a. Metode serta-merta (impromptu)
Metode serta merata maksudnya pidato dilakukan tanpa persiapan atau tanpa memakai teks.
b. Metode menghafal
Metode menghafal maksudnya pidato dilakukan menggunakan menghafalkan naskah
c. Metode ektemporan
Metode ekstemporan maksudnya pidato dilakukan menggunakan menciptakan outline atau kerangka pidato terlebih dahulu
44. Sebuah unsur-unsur intrinsik cerpen!
Jawaban: tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa
45. Buatlah sebuah paragraf persuasif!
Jawaban:
Kenakalan remaja misalnya perkelahian antarsekolah atau kebut-kebutan pada jalan, sebenarnya bukan hal baru. Kenakalan itu pada dasarnya disebabkan sang kelebihan energi dalam remaja. Energi mereka berlebih dan nir disalurkan menggunakan positif. Hal ini sinkron dengan sifat remaja yang selalu dinamis. Mereka memerlukan bimbingan buat penyaluran energinya itu. Dalam hal ini sekolah mempunyai kiprah yang penting buat membimbingnya. Sekolah wajib mengarahkan mereka buat melakukan aktivitas yg lebih bermanfaat, misalnya olahraga, musik, bakti sosial, tulis-menulis, dan sebagainya.
Dengan adanya kegiatan itu, berarti sekolah telah menyalurkan energi murid sebagai akibatnya tidak sempat berbuat yang negatif. Oleh karena itu, buat memecahkan perkara kenakalan remaja pada sekolah, bisa disusun acara aktivitas penyaluran energi anak didik selain aktivitas belajar-mengajar.