Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Terbaru

Dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester satu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 Kurikulum 2018, admin sudah mempersiapkan sekitar 50 butir soal (30 PG + 20 essay/uraian) yg bisa murid Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/MA/MAK/Sederajat pelajari sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) yang sebenarnya. Selain itu admin telah mempublish bagi guru/siswa yang memerlukan materi soal kewarganegaraan menggunakan KTSP, yg sanggup dibaca dalam tulisan : Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 (PG dan Essay) beserta Jawaban
Oke, berikut dibawah ini contoh soal UAS PKN kelas XI semester 1 K13 menggunakan kunci jawabannya, yang berisikan materi, mulai berdasarkan: soal mengenai harmoniasi hak serta kewajiban asasi insan dalam perspektif Pancasila, disusul menggunakan soal mengenai sistem dan dinamika demokrasi Pancasila hingga menggunakan soal PKN tentang sistem aturan dan peradilan pada Indonesia.
1. Pemberontak yang mengakibatkan penghilangan nyawa secara masal pada sekelompok insan termasuk jenis pelanggaran hak asasi insan ….
a. Ringan
b. Sedang
c. Berat
d. Umum
e. Wajar
Jawaban: c. Berat
Pembahasan:
Kasus Pelanggaran Hak Asasi insan yang sifatnya berat bisa dibedakan sebagai dua macam yaitu pembunuhan masal serta kejahatan kemanusiaan.
2. Berikut termasuk penyebab terjadinya kasus pelanggaran hak asasi yg berasal berdasarkan faktor internal, yaitu ….
a. Penyalahgunan kekuasaan
b. Pergaulan
c. Kesenjangan sosial
d. Ketidaktegasan aparat hukum
e. Perilaku mementingkan diri sendiri
Jawaban: e. Perilaku mementingkan diri sendiri
Pembahasan:
Faktor internal penyebab kasus pelanggaran hak asasi insan adalah faktor penyebab yg dari daridiri sendiri seorang yang melakukan pelanggaran hak asasi manusia. Adapun model faktor yang mempengaruhinya yaitu  sikap mementingkan diri sendiri, sikap nir toleransi dan umur.
3. Hak asasi manusia menyangkut hak hidup, hak kemerdekaan, dan hak memiliki sesuatu tidak boleh diganggu gugat lantaran ….
a. Diturunkan berdasarkan orang tua kandung
b. Dibawa sejak lahir menjadi hadiah Tuhan
c. Bersifat sangat pribadi serta eksklusif
d. Merupakan eksistensi insan bermartabat
e. Dilindungi oleh negara
Jawaban: b. Dibawa sejak lahir menjadi hadiah Tuhan
Pembahasan: Hak asasi insan adalah hak dasar atau hak utama yang dimiliki manusia sejak lahir menjadi hadiah Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi manusia adalah Anugerah TUhan Yang Maha ESa sejak lahir, maka nir seseorang pun bisa mengambilnya atau melanggarnya. Kita wajib menghargai pemberian ini dengan tidak membedakan manusia dari latar belakang ras, etnik, kepercayaan , rona kulit, jenis kelamin, pekerjaan, budaya, serta lain-ain. Tetapi perlu diingat bahwa dengan hak asasi manusia manusia bukan berarti bisa berbuat semena-mena, lantaran insan juga wajib menghormati hak asasi manusia lainnya.
4. Hak asasi insan adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan insan menjadi mahluk TUhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yg wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, aturan, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan dan perlindungan harkat serta martabat manusia, merupakan pengertian HAM berdasarkan ….
a. Komisi HAM PBB
b. John Locke
c. Aristoteles
d. Koentjoro Poerbopranoto
e. UU No. 39 Tahun 1999
Jawaban: e. UU No. 39 Tahun 1999
Pembahasan:
Berdasarkan pasal 1 angka 1 U No. 39 Tahun 1999. Hak asasi insan adalah seperangkat hak yang inheren dalam hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa serta adalah pemberian -Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum dan pemerintaha, dan setiap orang demi kehormatan dan perlindungan harkat serta martabat insan.
5. Kasus penembakan mahasiswa Trisakti terjadi pada tahun ….
a. 1997
b. 1989
c. 1998
d. 1987
e. 1996
Jawaban: c. 1998
Pembahasan:
Terjadinya Trisakti insiden penembakan, dalam 12 Mei 1998 terhadap mahasiswa pada waktu demonstrasi menuntut Soeharto turun menurut jabatannya. Kejadian ini menyebabkan tewasnya empat mahasiswa Universitas Trisakti pada Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya luka.
6. Sikap guru yang membeda-bedakan peserta didik, termasuk jenis pelanggaran hak asasi insan yang terjadi lingkungan ….
a. Keluarga
b. Sekolah
c. Masyarakat
d. Bangsa dan bernegara
e. Lembaga pemerintahan
Jawaban: b. Sekolah
Pembahasan:
Hubungan antara siswa serta pengajar pada umumnya terjadi pada lingkungan sekolah. Contoh beberapa masalah pelanggaran Hak Asasi Manusia yang terjadi di lingkungan sekolah contohnya anak didik yang menghina atau mengejek murid yang lainnya. Guru yang membeda-beda kan muridnya, tawuran siswa antar kelas, dan sebagainya.
7. Pengadilan hak asasi manusia diatur pada keliru satu instrument Pancasila, yaitu ….
a. Amandemen kedua Undang-Undang Dasar 1945
b. Inpres No. 26 Tahun 1998
c. UU No. 26 Tahun 2018
d. Keppres No. 129 Tahun 1998
e. Keppres No. 181 Tahun 1998
Jawaban: c. UU No. 26 Tahun 2018
Pembahasan:
UU No. 26 Tahun 2018 mengenai Pengadilan Hak Asasi Manusia.
8. Instrumen Pancasila Keppres No. 181 Tahun 1998 mengatur tentang ….
a. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap perempuan
b. Pengakuan serta Jaminan Perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia
c. Rencana Aksi Nasional Hak-Hak Asasi Manusia
d. Perumusan dan penyelenggaraan kebuijakan, perencanaan acara, ataupun aplikasi aktivitas penyelenggaraan pemerintahan
e. Pengesahan Convetion Againts Torture and Other Cruel
Jawaban: a. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap perempuan
Pembahasan:
Instrumen Hak Asasi Manusia merupakan sarana yang digunakan buat menjamin penegakan serta perlindungan terhadap HAM. Hak Asasi Manusia berupa peraturan perundang-undangan menjadi dasar aturan tertulis yaitu menjadi berikut:
1. Ketetapan MPRS No. XVII/ Majelis Permusyawaratan Rakyat/ 1998 tentang Hak Asasi Manusia
2. UU No. 5 Tahun 1998 tentang pengesahan Convetion Against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Tratement or Punisment (Konveksi menentang penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi, atau merendahkan prestise insan).
3. Keppres No. 181 Tahun 1998 mengenai Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan.
 
9. Berikut yg termasuk landasan langsung pemikiran munculnya hak asasi insan, yaitu ….
a. Semua manusia berderajat sama
b. Insan kreasi Tuhan
c. Insan berhak hidup
d. Insan memiliki kebebasan sejak lahir
e. Insan makhluk sosial
Jawaban: a. Semua manusia berderajat sama
Pembahasan: Landasan eksklusif serta pertama pemikiran munculnya hak asasi insan, yaitu kodrat manusia merupakan sama derajat dan martabatnya, semua manusia adalah sama derajat dan martabatnya. Semua insan adalah sederajat tanpa membedakan ras, kepercayaan , suku, serta bahasa.
10. Berikut yang termasuk jenis kasus pelanggaran hak asasi manusia yg bersifat ringan, yaitu ….
a. Pengusiran penduduk secara paksa
b. Penyiksaan terhadap balita
c. Pembunuhan seseorang
d. Pencemaran nama baik
e. Penghilangan nyawa massal
Jawaban: d. Pencemaran nama baik
Pembahasan:
Kasus pelanggaran hak asasi manusia terdapat yng bersifat berat dan ringan. Contoh pelanggaran hak asasi manusia yang bersifat berat seperti pembunuhan massal serta kejahatan humanisme. Sedangkan contoh masalah pelanggaran hak asasi insan yg bersifat ringan contohnya pemukulan terhadap seorang, pencemaran nama baik, serta menghalangi seseorang buat mengekspresikan pendapat.
Lanjut ke soal angka 11-20 => Contoh Soal UAS PKN Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban ~ Part-dua

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI