Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia SMA dan Kunci Jawabannya Part2 Terbaru

Melanjutkan tulisan Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Kunci Jawabannya bagian pertama (soal nomor 1-10), bagian kedua dimulai berdasarkan soal nomor 11.
11.Cermati penggalan cerpen berikut!
Masih dalam balutan baju kerja, aku tersungkur ke pangkuan Mbok Nah yang sedang menonton TV menungguku pergi tempat kerja sore ini. Sejak undangan cantik berwarna hijau itu diantar ke kantorku tadi pagi, tujuh puluh konsentrasiku hilang. Dan, puncaknya saya tak tahan lagi menahan ekspresi wajahku pada depan teman-temanku kalau aku sedang galau. Tangisku meledak serta Si Mbok Nah membiarkan saya menangis. “Muga-muga Den Larasdiparingi (diberi) lapang dada.” Sambil lengannya mengelus-elus punggungku.
Latar saat serta tempat dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. Pagi  di ruang TV
B. Pagi  pada rumah
C. Sore  pada rumah
D. Siang  di rumah
E. Siang di ruang TV
Jawaban: C
12. Cermati Kutipan Cerita Berikut!
          Wanita itu menangis. Mestinya saya terharu. Mestinya. Setidaknya aku mampu terharu bila membaca roman picisan yang dijual pada pinggir jalan. Tapi menjadi terharu jelek buat seorang petugas seperti aku . Aku wajib mencatat dengan rinci, objektif, naratif, masih ditambah mencari memahami jangan-jangan ada maksud lain pada belakangnya. Aku tidak boleh pribadi percaya, aku wajib curiga, sibuk menduga kemungkinan, sibuk menjebak, memancing, dan membuatnya lelah supaya cepat mengaku apa maksud yang sebenarnya. Jangan terlalu cepat percaya kepada perasaan. Perasaan bisa menipu. Perasan itu subjektif. Sedangkan aku bukan subjek pada sini. Aku cuma indera. Aku cuma robot. Aku hanya petugas yang membuat laporan, dan sebuah laporan wajib sangat naratif bukan?
“Clara” karya Seno Gumira Ajidarma
Watak tokoh “saya” dalam kutipan cerpen pada atas adalah ....
A. Mudah sekali  terharu
B. Tegas dan disiplin
C. Tidak punya pendirian
D. Tidak mudah percaya
E. Bertanggung jawab
Jawaban: C
13. Cermati Kutipan Berikut!
Saat ini sering kali sulit bagi kita buat menentukan kebenaran sebuah fakta. Banyak sekali liputan tidak sahih yang tersebar apalagi di media massa (hoax). Sering kita sebagai nir tabah dan tersulut emosi menggunakan situasi tersebut. Apalagi bila informasi tersebut menyangkut diri kita. Kebesaran hati, kesabaran, serta ketenangan sangat dibutuhkan supaya kita tetap bisa berkepala dingin.
Gurindam yg tepat buat melambangkan peristiwa tadi merupakan ....
A. Bersungguh-sungguh kamu memeliharakan tangan,
daripada segala berat dan ringan.
B. Hati itu kerajaan di pada tubuh,
Jikalau lalim segala anggota pun rubuh.
C. Keaiban orang jangan dibuka.
Keaiban sendiri hendaklah sangka
D. Jika menerima kabar
Menerimanya itu hendaklah sabar
E. Jika poly mengungkapkan-kata
Di situlah jalan masuknya dusta
Jawaban: D
14. Cermati Kutipan Berikut!
Hati adalah raja demikian ungkapan yang sering kita dengar dalam kehidupan. Sehingga segala gerak serta lakon kita didahului dengan niat yang ada di pada hati. Apabila kita berniat berbuat baik maka hasilnya perbuatan baik jua. Akan namun, bila kita berniat tidak baik maka perilaku yang ada jelek pula.
Gurindam yg tepat buat melambangkan peristiwa tadi merupakan ....
A. Bersungguh-sungguh kamu memeliharakan tangan,
daripada segala berat dan ringan.
B. Hati itu kerajaan di pada tubuh,
Jikalau lalim segala anggota pun rubuh.
C. Keaiban orang jangan dibuka.
Keaiban sendiri hendaklah sangka
D. Jika menerima kabar
Menerimanya itu hendaklah sabar
E. Jika poly mengungkapkan-kata
Di situlah jalan masuknya dusta
Jawaban: B
15. Cermati Kutipan Resensi Berikut!
Judul: Lelaki Tua dan Laut (The Old Man and The Sea)
Pengarang: Ernest Hemingway
Penerjemah: Sapardi Djoko Damono
Penerbit: PT Dunia Pustaka
...
Di sisi lain, untaian istilah-kata Hemingway mengalir, mengayun, membuai, menghempas, menciptakan pengalaman tersendiri dalam pembaca persis misalnya gerakan ombak bahari. Dengan kemampuannya, pembaca dipaksa seolah-olah sedang berhadapan dengan teror hayati yg ingin menguasai tangkapan ikan.
Kalimat resensi yang sempurna untuk menyatakan keunggulan novel tersebut merupakan ...
A. Sedikit sekali penulis yang berani mengangkat ide dari kaum pinggiran seperti nelayan. Tetapi, Hemingway berani mengangkatnya menjadi sebuah cerita yg penuh ketegangan ditinjau dari kekuatan bahasanya.
B. Penulis relatif lambat menciptakan ketegangan-ketegangan dalam cerita. Pembaca  sebagai kurang bergairah karena setting yang disuguhkan terlalu terus-menerus yaitu lelaki tua serta laut.
C. Hemingway dan ketangkasannya berbahasa nir perlu diragukan lagi. Hanya saja khusus dalam novel ini, tema yg diambil kurang menarik.
D. Bahasa dan cara penuturan Hemingway pada novel ini sangat melompat-lompat persis alunan ombak laut yg mengguncang-guncang bahtera.
E. Meskipun kitab ini dibaca banyak orang, terlihat poly kekurangan tentang norma di bahari yg mungkin hanya Hemingway sendiri yang dapat merasakannya.
Jawaban: A
 16. Bacalah Kutipan Berikut menggunakan Saksama!
....      Ya, tentu saya menderita pula, saat-waktu pertama itu. Namun akhirnya aku begitu hening. Barangkali akhirnya kenyamanan inilah yang menjadi bagian kita semua…(page 7).      Alur cerita yg meloncat-loncat bisa menciptakan pembaca patah kesukaan. Lukisan arwah berbicara mungkin melengkapi kebingungan pembaca pada menangkap makna cerita. Tetapi demikian, estetika cerita itu kita dapatkan juga pada gaya bercerita yg halus, lembut , serta terpelajar.
      “Tanpa membuang banyak kata, Mariannne Katoppo melukiskan adegan demi adegan ceritanya. “Demikian komentar Jakob Sumardjo.
      Pada awal cerita pengarang memberi latar belakang perbedaan dan adanya peranan kepercayaan pada dalam latar kehidupan mahasiswa yang bergerak maju. Hal ini memberikan kesejukan tersendiri bagi novel tadi.
                                                                                                                    Sri H. Rahardjo
Menurut kritikus sastra, keunggulan novel Raumanen terletak pada …
A. Alur cerita yg meloncat-loncat adalah sebuah pembaharuan
B. Estetika cerita tampak dalam gaya bercerita yang halus, lembut,serta terpelajar
C. Marianne melukiskan adegan demi adegan  tanpa memakai poly kata
D. Dalam awal cerita pengarang mendeskripsikan peranan perbedaan kepercayaan dalam kehidupan mahasiswa
E. Menggunakan sudut pandang pencerita yg nir lazim yaitu arwah
Jawaban: B
17. Cermati istilah- istilah berikut!
Kabut – bayangan – lelah – ke pinggiran
Bait puisi yg sesuai menurut susunan deret istilah pada atas menjadi kata kunci merupakan …
A. Dalam bayangan kelam
Kelelahan mendera
Ke pinggiran kota
Kabut melayang pada langit biru
B. Sampai jalan berkabut itu
Kami masih mencoba ngejar bayangan masa depan
Tapi lelah
Kami ke pinggiran jalan nasib
C. Saat senja mulai berkabut
Bayang-bayang mengikuti jalan
Saat-waktu kelelahan singgah pada hati
Ke pinggiran waktu
D. Kabut pada langit kelabu
Lelah pada rasadan raga
Bayangan berbaris menjelajah hingga ke perut bumi
Ke pinggiran rasa
E. Bersenandung mengiringi malam berkabut
Bersama hari-hari dan bayangan
Hingga ke pinggiran waktu
Lelah, lelah, dan lelah
Jawaban: B
18. Cermati Dialog Berikut!
Citra: (melihat rol kertas di tangan Sutopo) “Apa itu, Mas."
Sutopo: “Lagu!” (masih termenung tampaknya)
Citra: “Lagu apa?”
Sutopo: “Lagu buat kamu serta saya!”
Citra: “Apa namanya?”
Sutopo: “Citra!”
Citra: “Citra? Dikarang Tuan Kornel itu?”
Sutopo   : “Ya, Citra. Herankah kamu, bila seorang artis mengarang lagu sehabis                        memandang kamu? Aku buta selama ini, benar juga istilah Ibu tadi.
Citra: “Ah, Mas, main-main saja ini. Namun, bagaimana lagunya?”
Sutopo      : “Nanti pada rumah, pada piano! (tersenyum, lalu berolok-olok). Sekarang                         waktu kerja.”
Ciri-ciri naskah drama menurut kutipan tersebut merupakan …
A.tidak ada pengarangnya, ada petunjuk gerak
B.pelakunya lebih berdasarkan satu orang serta berupa dialog
C.tidak terdapat pengarangnya, pelakunya lebih berdasarkan satu orang
D.tidak terdapat pengarangnya, terdapat petunjuk kostum
E.berupa obrolan serta ada petunjuk gerak
Jawaban: E
19.cermati Dialog Berikut!
Rendy :(segera turun dari meja pengajar, mendekati Ronald dan Ronny) “Hei! Stop,                          stop, stop! Berhenti! Apa-apaan sih kalian ini?”
Ronald:“Itu, Ren! Ronny sengaja nyindir saya! Mentang-mentang kutu kitab !”
Rendy:“Sudahlah, Nal. Kau juga nir usah cari gara-gara.”
     (Mendudukkan Ronald dan Ronny) “Aku pikir Ronny tidak bermaksud                             misalnya yang kau kira!”
Ronald:(berdiri) “Kamu membela dia, Ren?”
Rendy:“Aku nir membela siapa-siapa. Kalau engkau menuduh aku begitu, bisa-                         mampu aku embat sekalian kamu! Duduk !” (memberi perintah pada                                   Ronald. Ronald menuruti perintah Rendy)
Ronny:(mendekati Ronald) “Maaf, Nal, kalau kau tersinggung atas perkataanku                           tersebut.”
Hal yang sebagai ciri-karakteristik kutipan pada atas adalah ....
A. Berupa obrolan serta mempunyai lebih berdasarkan satu tokoh cerita
B. Memiliki tokoh cerita dan alur cerita yang jelas
C. Mengandung isi cerita serta petunjuk latar yg jelas
D. Berupa dialog antar tokoh serta ada petunjuk laku tokoh
E. Berupa obrolan yg mengandung cerita
Jawaban: D
20. Cermati Naskah Drama Berikut!
Anik   : Sudahlah Jok, dimakan saja. Yang kita punya kan cuma itu.
Joko  : ...
Mbok :  Kamu ini mbok ya coba mengerti toh. Mbok ini kerjanya apa?
              Mbok kan cuma buruh tani. Kamu pula memahami sendiri berapa pendapatan buruh                     tani.joko : Mbok kan bisa cari kerja yg lain, nyuci baju orang kek, jadi buruh pabrik kek,                atau yang lainnya.
Anik  : Kamu ini gimna toh Jok, memang cari kerja itu gampang?
Kalimat yg tepat buat mengisi bagian rumpang teks drama di atas
A. Aku telah kenyang tersebut makan-makan menggunakan sahabat-temanku.
B. Ayo kita makan makanan kesukaanku ini.
C. Mungkin Mbok mampu makan misalnya itu setiap hari, tapi aku nggak mampu Mbok.
D. Aku suka makanan yg Mbok masak ini.
E. Nggak usah Nik, sebaiknya kamu saja yg makan karena saya masih kenyang.
Jawaban: C
Lanjut ke soal angka 21-35 => Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas serta Kunci Jawabannya ~ Part-3

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru