Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya Terbaru
Sebelumnya, admin sudah menuliskan Contoh soal-soal USBN Sosiologi Sekolah Menengah Atas serta Kunci jawabannya, namun pada goresan pena tadi, materi yg ada di ambil menurut soal sosiologi kelas xii semester dua. Tentunya tidak selaras menggunakan soal USBN Sosiologi yang terdapat pada tulisan ini, karena seluruh soal yg ada, diambil menurut soal tahun sebelumnya, sinkron menggunakan kisi-kisi USBN sosiologi dan sangat indah buat dijadikan surat keterangan pembelajaran pada menghadapi ujian sekolah tahun ini.
Oke, berikut contoh soal USBN Sosiologi SMA/MA/Sederajatnya dan kunci jawabannya
1. Perhatikan karakteristik-ciri berikut!
1).empiris
2)Kategoris
3)Teoritis
4)Komulsif
Yang termasuk karakteristik-ciri sosiologi menjadi ilmu merupakan….
A. 1 dan 2
B. 1 serta 3
C. 2 serta 3
D. Dua serta 4
E. Tiga serta 4
Jawaban: B
2. Sosiologi bisa dipakai dalam kajian yg lebih luas yaitu mencakup perencanaan acara kebijakan pembangunan yg sinkron dengan kearifan lokal warga . Dari uraian tadi maka fungsi sosiologi merupakan membantu pada merencanakan....
A. Pembangunan serta penelitian
B. Penelitian serta kontrol sosial
C. Pembangunan serta analisis
D. Penelitian serta analisis
E. Pembangunan serta kontrol
Jawaban: E
3. Ibu menasehati adik supaya ikut membawa alat-alat buat mengolah ke sekolah misalnya teman sekelompoknya. Pada mulanya saudara termuda keberatan lantaran menduga bikin capek apabila wajib membawa kompor ke sekolah, walau akhirnya ia menuruti nasehat ibu. Ilustrasi tersebut mengungkapkan fungsi nilai menjadi ....
A. Pemaksa individu dalam berperilaku
B. Pembentuk solidaritas pada kelompok
C. Pemberi sanksi pada perilaku menyimpang
D. Pengatur cara berpikir individu buat hidup
E. Penerjemah dalam aplikasi kebiasaan sosial
Jawaban: D
4. Menjelang Pilkada buat pemilihan Gubernur Banten partai-partai politik melakukan kerjasama menggunakan tujuan memenangkan Pilkada. Ditinjau dari bentuk interaksi sosialnya, tujuan kerjasama dalam memenangkan pilkada termasuk....
A. Koalisi
B. Joint venture
C. Kooptasi
D. Bersaing
E. Koersi
Jawaban: A
5. Pada ketika orientasi peserta didik baru, sekolah menaruh penjelasan tentang tata tertib yang harus dipatuhi oleh para anak didik selama menempuh pendidikan pada sekolah. Oleh karenanya setiap siswa berusaha berperilaku sesuai tata tertib sekolah. Faktor pembentuk keteraturan tadi merupakan ....
A. Ketertiban
B. Keteraturan
C. Sosialisasi
D. Keajegan
E. Kesadaran
Jawaban: B
6. Orang tua selalu mengajak anaknya buat berkunjung ke tempat tinggal kerabatnya terutama ketika hari raya Idul Fitri. Orang tua berkeinginan supaya anaknya permanen menyambung silaturahmi serta terus mengenal para kerabat. Tujuan pengenalan dalam hal ini adalah ....
A. Memperoleh peluang dibantu kerabat pada hidupnya
B. Menerima uang saku yg banyak waktu berkunjung
C. Mengetahui status famili pada antara para kerabat luas
D. Membanggakan keberhasilan famili pada kerabat
E. Berbagi nilai afeksi anak dalam kerabat keluarga
Jawaban: E
7. Di perempatan atau pertigaan jalan umumnya dipasang lampu pengatur lalu lintas. Pemasangan tadi dilanggar sang masyarakat pengguna jalan maka polisi dapat menyatakan tilang. Perilaku yang dipatuhi tersebut termasuk jenis kebiasaan....
A. Mores
B. Folkways
C. Custom
D. Laws
E. Usage
Jawaban: D
8. Guru menaruh ulangan bagi siswa-murid di kelas buat mengukur ketercapaian belajarnya. Dari hasil ulangan bisa dikelompokkan siswa yang sangat pintar, pintar, dan kurang pandai . Panji yg tadinya tergolong gerombolan bawah dengan ketekunan belajarnya sekarang menjadi peringkat ketiga pada kelas. Sifat stratifikasi seperti gambaran memberitahuakn bahwa ....
A. Terjadi pembagian 3 grup secara berjenjang
B. Tingkat keberhasilan belajar anak didik bersifat dinamis
C. Seorang murid nir mungkin turun output belajarnya
D. Juara kelas selalu siswa yang paling dekat menggunakan guru
E. Perubahan tingkatan tergantung kevalidan indera ukurnya
Jawaban: B
9. Diki berasal berdasarkan famili broken home. Ia acapkali mengonsumsi minuman keras serta melakukan tindakan yg melanggar peraturan. Faktor primer penyebab konduite menyimpang yang dilakukan Diki merupakan....
A. Kurangnya supervisi berdasarkan masyarakat
B. Lingkungan sosial budaya yang berbeda
C. Tidak adanya hukuman hukum yang tegas
D. Sosialisasi subbudaya meyimpang
E. Proses pengenalan nir sempurna
Jawaban: E
10.perhatikan gambar interaksi antarkelompok berikut!
Konsekuensi menurut struktur sosial misalnya bagan di atas adalah ....
A. Timbul integrasi gerombolan yang satu terhadap yang lain
B. Gampang pada berkomunikasi lantaran saling sepaham
C. Hubungan menyebabkan potensi pertarungan horizontal
D. Kerjasama antarkeduanya membangun kerukunan
E. Terjadi peleburan budaya pada kedua kelompok
Jawaban: C
Lanjut ke soal angka 11-20 => Contoh Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengah Atas serta Kunci Jawabannya ~ Part-dua
Oke, berikut contoh soal USBN Sosiologi SMA/MA/Sederajatnya dan kunci jawabannya
1. Perhatikan karakteristik-ciri berikut!
1).empiris
2)Kategoris
3)Teoritis
4)Komulsif
Yang termasuk karakteristik-ciri sosiologi menjadi ilmu merupakan….
A. 1 dan 2
B. 1 serta 3
C. 2 serta 3
D. Dua serta 4
E. Tiga serta 4
Jawaban: B
2. Sosiologi bisa dipakai dalam kajian yg lebih luas yaitu mencakup perencanaan acara kebijakan pembangunan yg sinkron dengan kearifan lokal warga . Dari uraian tadi maka fungsi sosiologi merupakan membantu pada merencanakan....
A. Pembangunan serta penelitian
B. Penelitian serta kontrol sosial
C. Pembangunan serta analisis
D. Penelitian serta analisis
E. Pembangunan serta kontrol
Jawaban: E
3. Ibu menasehati adik supaya ikut membawa alat-alat buat mengolah ke sekolah misalnya teman sekelompoknya. Pada mulanya saudara termuda keberatan lantaran menduga bikin capek apabila wajib membawa kompor ke sekolah, walau akhirnya ia menuruti nasehat ibu. Ilustrasi tersebut mengungkapkan fungsi nilai menjadi ....
A. Pemaksa individu dalam berperilaku
B. Pembentuk solidaritas pada kelompok
C. Pemberi sanksi pada perilaku menyimpang
D. Pengatur cara berpikir individu buat hidup
E. Penerjemah dalam aplikasi kebiasaan sosial
Jawaban: D
4. Menjelang Pilkada buat pemilihan Gubernur Banten partai-partai politik melakukan kerjasama menggunakan tujuan memenangkan Pilkada. Ditinjau dari bentuk interaksi sosialnya, tujuan kerjasama dalam memenangkan pilkada termasuk....
A. Koalisi
B. Joint venture
C. Kooptasi
D. Bersaing
E. Koersi
Jawaban: A
5. Pada ketika orientasi peserta didik baru, sekolah menaruh penjelasan tentang tata tertib yang harus dipatuhi oleh para anak didik selama menempuh pendidikan pada sekolah. Oleh karenanya setiap siswa berusaha berperilaku sesuai tata tertib sekolah. Faktor pembentuk keteraturan tadi merupakan ....
A. Ketertiban
B. Keteraturan
C. Sosialisasi
D. Keajegan
E. Kesadaran
Jawaban: B
6. Orang tua selalu mengajak anaknya buat berkunjung ke tempat tinggal kerabatnya terutama ketika hari raya Idul Fitri. Orang tua berkeinginan supaya anaknya permanen menyambung silaturahmi serta terus mengenal para kerabat. Tujuan pengenalan dalam hal ini adalah ....
A. Memperoleh peluang dibantu kerabat pada hidupnya
B. Menerima uang saku yg banyak waktu berkunjung
C. Mengetahui status famili pada antara para kerabat luas
D. Membanggakan keberhasilan famili pada kerabat
E. Berbagi nilai afeksi anak dalam kerabat keluarga
Jawaban: E
7. Di perempatan atau pertigaan jalan umumnya dipasang lampu pengatur lalu lintas. Pemasangan tadi dilanggar sang masyarakat pengguna jalan maka polisi dapat menyatakan tilang. Perilaku yang dipatuhi tersebut termasuk jenis kebiasaan....
A. Mores
B. Folkways
C. Custom
D. Laws
E. Usage
Jawaban: D
8. Guru menaruh ulangan bagi siswa-murid di kelas buat mengukur ketercapaian belajarnya. Dari hasil ulangan bisa dikelompokkan siswa yang sangat pintar, pintar, dan kurang pandai . Panji yg tadinya tergolong gerombolan bawah dengan ketekunan belajarnya sekarang menjadi peringkat ketiga pada kelas. Sifat stratifikasi seperti gambaran memberitahuakn bahwa ....
A. Terjadi pembagian 3 grup secara berjenjang
B. Tingkat keberhasilan belajar anak didik bersifat dinamis
C. Seorang murid nir mungkin turun output belajarnya
D. Juara kelas selalu siswa yang paling dekat menggunakan guru
E. Perubahan tingkatan tergantung kevalidan indera ukurnya
Jawaban: B
9. Diki berasal berdasarkan famili broken home. Ia acapkali mengonsumsi minuman keras serta melakukan tindakan yg melanggar peraturan. Faktor primer penyebab konduite menyimpang yang dilakukan Diki merupakan....
A. Kurangnya supervisi berdasarkan masyarakat
B. Lingkungan sosial budaya yang berbeda
C. Tidak adanya hukuman hukum yang tegas
D. Sosialisasi subbudaya meyimpang
E. Proses pengenalan nir sempurna
Jawaban: E
10.perhatikan gambar interaksi antarkelompok berikut!
Konsekuensi menurut struktur sosial misalnya bagan di atas adalah ....
A. Timbul integrasi gerombolan yang satu terhadap yang lain
B. Gampang pada berkomunikasi lantaran saling sepaham
C. Hubungan menyebabkan potensi pertarungan horizontal
D. Kerjasama antarkeduanya membangun kerukunan
E. Terjadi peleburan budaya pada kedua kelompok
Jawaban: C
Lanjut ke soal angka 11-20 => Contoh Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengah Atas serta Kunci Jawabannya ~ Part-dua