Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Part3 Terbaru
Berbeda menggunakan Contoh Soal UTS Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 bagian pertama hingga menggunakan soal UTS SBK bagian kedua (soal angka 11-25) yg berbentuk pilihan ganda, soal penilaian tengah semester satu SBK kelas 10 K13 bagian ketiga atau terakhir berbentuk essay menggunakan soal dimulai berdasarkan nomor 26.
26. Jelaskan yang dimaksud dengan musik Nusantara!
Jawaban: Musik Nusantara adalah semua musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menerangkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasanya maupun gaya melodinya.
27. Sebutkan ciri menurut angklung!
Jawaban:
Angklung adalah alat musik yang terbuat menurut bambu menggunakan ciri-karakteristik menjadi berikut.
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat serta sedang.
c. Instrumen ini terbuat berdasarkan bambu, seperangkat angklung adalah instrumen yg berbeda-beda berukuran, satu pemain memainkan satu instrumen serta satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.
28. Sebutkan beberapa fungsi menurut seni musik tradisional!
Jawaban: Sarana hiburan, sarana aktualisasi diri diri, wahana komunikasi, pengiring tarian, dan sarana pemugaran ekonomi.
29. Sebutkan instrumen yg ada dalam gambang kromong!
Jawaban: Instrumen pada gambang kromong, yaitu biola, rebab, suling, bonang, gambang kayu, gong, gendang, dan kecrek.
30. Jelaskan apa itu talempong!
Jawaban: Talempong adalah indera musik yg digunakan pada Sumatra Barat.
31. Jelaskan yang dimaksud dengan seni rupa terapan!
Jawaban: Seni terapan atau applied art adalah cabang seni rupa yang pembuatannya berdasarkan dalam aspek nilai guna pada kehidupan manusia sehari-hari, namun begitu permanen mempertimbangkan aspek estetika. Berikut yang termasuk seni terapan, yaitu seni kerajinan dan seni grafis.
32. Sebutkan teknik pembuatan seni rupa!
Jawaban: Teknik pembuatan seni rupa, yaitu handmade, mekanik, dan komputer.
33. Sebutkan jenis-jenis dari hue!
Jawaban:
a. Primer, yaitu warna utama: merah, kuning, dan biru.
b. Sekunder, yaitu percampuran antara dua rona primer: hijau, ungu, serta jingga.
c. Intermediet, yaitu percampuran antara rona utama dengan rona sekunder: merah ungu, kuning ungu, biru ungu, kuning hijau, serta biru hijau.
d. Tersier, yaitu percampuran antara warna sekunder serta intermediet.
e. Kuarter, yaitu percampuran rona intermediet dengan rona tersier.
34. Jelaskan yang dimaksud pola tebar pada membatik!
Jawaban: Biasanya berupa motif-motif kecil yang diletakan dengan jeda tertentu. Motif dapat diletakan searah, dua arah, atau ke seluruh arah menggunakan pola eksklusif.
35. Sebutkan syarat tanah yg cocok untuk bahan keramik!
Jawaban:
a. Butiran tanah halus.
b. Plastisitas.
c. Homogeni.
d. Bebas berdasarkan gelembung udara.
e. Bersih tanpa kotoran.
f. Daya susut nir lebih berdasarkan 10%.
36. Jelaskan fungsi musik dalam menaikkan kecerdasan!
Jawaban: Otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu right hemisphere (otak kanan) serta left hemisphere (otak kiri). Keseimbangan 2 bagian otak tadi dapat mensugesti kecerdasan manusia. Otak kiri adalah sentra pengendali fungsi intelektual seperti daya ingat, bahasa, nalar, perhitungan, daya analisis, serta pemikiran konvergen. Otak kanan berdasarkan kepada spontanitas serta pengendalian fungsi mental yang melibatkan bisikan hati, perilaku, emosi, hubungan ruang dan dimensi, gambar, musik serta irama, gerak dan tari, serta pikiran divergen. Musik dijadikan sebagai alat penyeimbangan otak kiri serta kanan. Daya estetis musik dapat dimanfaatkan menjadi penambahan intelegensi (IQ).
37. Sebutkan peranan musik tradisional Nusantara!
Jawaban:
a. Sebagai kebanggaan bagi wilayah tersebut yang mencerminkan kekayaan budaya menggunakan karakter dan karakteristik khas yang tidak sama menggunakan daerah lain.
b. Sebagai media aktualisasi diri dan komunikasi sosial budaya pada masyarakat tadi.
c. Sebagai motivasi buat melestarikan serta menyayangi budaya daerah sebagai bagian menurut budaya nasional.
38. Sebutkan karakteristik-karakteristik gamelan Bali!
Jawaban:
a. Irama nisbi cepat.
b. Nada cenderung tinggi.
c. Memiliki harmoni yang kompleks.
d. Jenis instrumen lebih sedikit daripada gamelan Jawa.
e. Kecuali kempul, semua pemukul tidak mempunyai peredam.
f. Instrumen bernada rendah dinaikan nadanya, misalnya gender atau gong diganti kempul.
g. Berfungsi menjadi musik pengiring tari, teater tradisional, upacara religi, serta sebagai hiburan.
39. Sebutkan karakteristik-karakteristik talempong!
Jawaban:
a. Bertangga nada diatonik.
b. Harmoni kontrapunk menggunakan irama relatif cepat.
c. Instrumen terdiri atas saluang, serunai, talempong, gendang, ketipung, gong, rebana, gitar, biola, dan terompet.
d. Berfungsi sebagai hiburan, pengiring lagu, tari, teater tradisional (randai).
40. Sebutkan jenis-jenis angklung!
Jawaban:
a. Angklung kanekes, dikenal jua dengan nama angklung Badui.
b. Angklung Gubrak, dari berdasarkan kampung Cipiding kecamatan Cigudeg.
c. Angklung Dogdog lonjor, asal menurut rakyat Banten Selatan.
d. Angklung Bodeng difungsikan sebagai media dakwah dalam penyebaran agama Islam.
e. Angklung Buncis, difungsikan menjadi media hiburan.
41. Siapa pelopor seni lukis terkini Indonesia?
Jawaban: Raden Saleh.
42. Jelaskan pengertian tekstur!
Jawaban: Tekstur merupakan nilai raba berdasarkan suatu permukaan.
43. Jelaskan perbedaan seni murni serta seni terapan!
Jawaban: Seni murni adalah karya seni yang dibentuk sebagai output ekspresi untuk dinikmati keindahan. Sedangkan seni terapan merupakan karya seni rupa yg dibentuk buat dimanfaatkan bagi kebutuhan insan namun tetap mempertahankan nilai kesenangan atau keindahannya.
44. Sebutkan fungsi individual berdasarkan seni!
Jawaban: Fungsi individual seni dibedakan sebagai dua, yaitu fungsi fisik serta emosional.
45. Sebutkan unsur-unsur pada seni rupa!
Jawaban: Garis, bidang, bentuk, ruang, warna, gelap terperinci, dan tekstur.
Lanjut ke soal sehabis evaluasi tengah semester SBK => Contoh Soal PG Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawaban ~ Part-5
26. Jelaskan yang dimaksud dengan musik Nusantara!
Jawaban: Musik Nusantara adalah semua musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menerangkan atau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasanya maupun gaya melodinya.
27. Sebutkan ciri menurut angklung!
Jawaban:
Angklung adalah alat musik yang terbuat menurut bambu menggunakan ciri-karakteristik menjadi berikut.
a. Bertangga nada diatonik.
b. Tempo lagu antara lambat serta sedang.
c. Instrumen ini terbuat berdasarkan bambu, seperangkat angklung adalah instrumen yg berbeda-beda berukuran, satu pemain memainkan satu instrumen serta satu nada.
d. Berfungsi sebagai hiburan.
28. Sebutkan beberapa fungsi menurut seni musik tradisional!
Jawaban: Sarana hiburan, sarana aktualisasi diri diri, wahana komunikasi, pengiring tarian, dan sarana pemugaran ekonomi.
29. Sebutkan instrumen yg ada dalam gambang kromong!
Jawaban: Instrumen pada gambang kromong, yaitu biola, rebab, suling, bonang, gambang kayu, gong, gendang, dan kecrek.
30. Jelaskan apa itu talempong!
Jawaban: Talempong adalah indera musik yg digunakan pada Sumatra Barat.
31. Jelaskan yang dimaksud dengan seni rupa terapan!
Jawaban: Seni terapan atau applied art adalah cabang seni rupa yang pembuatannya berdasarkan dalam aspek nilai guna pada kehidupan manusia sehari-hari, namun begitu permanen mempertimbangkan aspek estetika. Berikut yang termasuk seni terapan, yaitu seni kerajinan dan seni grafis.
32. Sebutkan teknik pembuatan seni rupa!
Jawaban: Teknik pembuatan seni rupa, yaitu handmade, mekanik, dan komputer.
33. Sebutkan jenis-jenis dari hue!
Jawaban:
a. Primer, yaitu warna utama: merah, kuning, dan biru.
b. Sekunder, yaitu percampuran antara dua rona primer: hijau, ungu, serta jingga.
c. Intermediet, yaitu percampuran antara rona utama dengan rona sekunder: merah ungu, kuning ungu, biru ungu, kuning hijau, serta biru hijau.
d. Tersier, yaitu percampuran antara warna sekunder serta intermediet.
e. Kuarter, yaitu percampuran rona intermediet dengan rona tersier.
34. Jelaskan yang dimaksud pola tebar pada membatik!
Jawaban: Biasanya berupa motif-motif kecil yang diletakan dengan jeda tertentu. Motif dapat diletakan searah, dua arah, atau ke seluruh arah menggunakan pola eksklusif.
35. Sebutkan syarat tanah yg cocok untuk bahan keramik!
Jawaban:
a. Butiran tanah halus.
b. Plastisitas.
c. Homogeni.
d. Bebas berdasarkan gelembung udara.
e. Bersih tanpa kotoran.
f. Daya susut nir lebih berdasarkan 10%.
36. Jelaskan fungsi musik dalam menaikkan kecerdasan!
Jawaban: Otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu right hemisphere (otak kanan) serta left hemisphere (otak kiri). Keseimbangan 2 bagian otak tadi dapat mensugesti kecerdasan manusia. Otak kiri adalah sentra pengendali fungsi intelektual seperti daya ingat, bahasa, nalar, perhitungan, daya analisis, serta pemikiran konvergen. Otak kanan berdasarkan kepada spontanitas serta pengendalian fungsi mental yang melibatkan bisikan hati, perilaku, emosi, hubungan ruang dan dimensi, gambar, musik serta irama, gerak dan tari, serta pikiran divergen. Musik dijadikan sebagai alat penyeimbangan otak kiri serta kanan. Daya estetis musik dapat dimanfaatkan menjadi penambahan intelegensi (IQ).
37. Sebutkan peranan musik tradisional Nusantara!
Jawaban:
a. Sebagai kebanggaan bagi wilayah tersebut yang mencerminkan kekayaan budaya menggunakan karakter dan karakteristik khas yang tidak sama menggunakan daerah lain.
b. Sebagai media aktualisasi diri dan komunikasi sosial budaya pada masyarakat tadi.
c. Sebagai motivasi buat melestarikan serta menyayangi budaya daerah sebagai bagian menurut budaya nasional.
38. Sebutkan karakteristik-karakteristik gamelan Bali!
Jawaban:
a. Irama nisbi cepat.
b. Nada cenderung tinggi.
c. Memiliki harmoni yang kompleks.
d. Jenis instrumen lebih sedikit daripada gamelan Jawa.
e. Kecuali kempul, semua pemukul tidak mempunyai peredam.
f. Instrumen bernada rendah dinaikan nadanya, misalnya gender atau gong diganti kempul.
g. Berfungsi menjadi musik pengiring tari, teater tradisional, upacara religi, serta sebagai hiburan.
39. Sebutkan karakteristik-karakteristik talempong!
Jawaban:
a. Bertangga nada diatonik.
b. Harmoni kontrapunk menggunakan irama relatif cepat.
c. Instrumen terdiri atas saluang, serunai, talempong, gendang, ketipung, gong, rebana, gitar, biola, dan terompet.
d. Berfungsi sebagai hiburan, pengiring lagu, tari, teater tradisional (randai).
40. Sebutkan jenis-jenis angklung!
Jawaban:
a. Angklung kanekes, dikenal jua dengan nama angklung Badui.
b. Angklung Gubrak, dari berdasarkan kampung Cipiding kecamatan Cigudeg.
c. Angklung Dogdog lonjor, asal menurut rakyat Banten Selatan.
d. Angklung Bodeng difungsikan sebagai media dakwah dalam penyebaran agama Islam.
e. Angklung Buncis, difungsikan menjadi media hiburan.
41. Siapa pelopor seni lukis terkini Indonesia?
Jawaban: Raden Saleh.
42. Jelaskan pengertian tekstur!
Jawaban: Tekstur merupakan nilai raba berdasarkan suatu permukaan.
43. Jelaskan perbedaan seni murni serta seni terapan!
Jawaban: Seni murni adalah karya seni yang dibentuk sebagai output ekspresi untuk dinikmati keindahan. Sedangkan seni terapan merupakan karya seni rupa yg dibentuk buat dimanfaatkan bagi kebutuhan insan namun tetap mempertahankan nilai kesenangan atau keindahannya.
44. Sebutkan fungsi individual berdasarkan seni!
Jawaban: Fungsi individual seni dibedakan sebagai dua, yaitu fungsi fisik serta emosional.
45. Sebutkan unsur-unsur pada seni rupa!
Jawaban: Garis, bidang, bentuk, ruang, warna, gelap terperinci, dan tekstur.
Lanjut ke soal sehabis evaluasi tengah semester SBK => Contoh Soal PG Seni Budaya Kelas X Semester 1 Kurikulum 2018 Beserta Jawaban ~ Part-5