Contoh Soal UTSMID Biologi Kelas X Semester 2 Part4 Terbaru

Melanjutkan goresan pena Contoh Soal UTS(MID) Biologi Kelas X Semester dua bagian ketiga (soal angka 21-30), bagian keempat ini, adalah bagian terakhir mengenai MID Biologi yg berjumlah 45 soal. Dimana, soal yang terakhir ini, berbentuk soal Essay/Uraian.
Baca pula: Contoh Soal UAS Biologi Kelas X Semester dua Beserta Jawaban

Berikut pada bawah ini, model soal essay UTS Biologi bersama jawaban, untuk anak didik SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 31 sampai menggunakan 45.
31. Keanekaragaman gen dalam satu jenis dapat memunculkan ....
Jawaban: variasi
32. Kawasan timur Indonesia dihuni sang burung yg memiliki rona ....
Jawaban: menarik
33. Pulau di Indonesia yang paling kaya akan jenis simpanse adalah ....
Jawaban: Kalimantan
34. Terjadinya pembuahan pada tumbuhan Spermatophyta didahului dengan peristiwa ....
Jawaban: penyerbukan
35. Fase hidup dalam tumbuhan lumut yg lebih usang merupakan fase ....
Jawaban: gametofit
36. Cacing yg dimanfaatkan buat indikator pencemaran air adalah ....
Jawaban: tubifex sp.
37. Rongga tubuh porifera disebut ....
Jawaban: spngosol
38. Pada hewan kalajengking, pada lebih kurang verbal masih ada alat misalnya penjepit besar buat menangkap mangsa serta sebagai alat peraba diklaim ....
Jawaban: kalisera
39. Jenis karang yg memiliki cangkang 2 butir dimasukkan ke dalam kelas ....
Jawaban: bivalvia
40. Beberapa jenis Reptilia mengalami pergantian kulit. Pergantian kulit disebut menggunakan istilah ....
Jawaban: ekskuifikasi
41. Bagaimana cara Coelenterata mendapatkan makanan?
Jawaban: coelenterata mendapatkan kuliner berupa jentik-jentik menggunakan menggunakan tentakel. Makanan tersebut lalu dimasukkan ke pada lisan, lalu masuk ke kerongkongan serta rongga usus (kantong tubuh) buat dicerna. Pencernaan Coelenterata dilakukan secara ekstraseluler. Setelah kuliner terselesaikan dicerna, residu-sisa makanan dikeluarkan melalui mulutnya lantaran hewan tadi nir memiliki anus.
42. Sebutkan keunikan biodiversitas Indonesia!
Jawaban: memiliki tanaman bertipe Malesiana serta memiliki tanaman dan fauna endemik
43. Mengapa tanaman paku termasuk ke pada kormofita?
Jawaban: lantaran telah mempunyai akar, batang, serta daun yang sesungguhnya.
44. Jelaskan daur hayati Aurelia aurita (ubur-ubur)!
Jawaban: daur hayati Aurelia Aurita
Medusa bersifat diosesius (berkelamin terpisah/berumah 2). Masing-masing akan menghasilkan sel kelamin. Fertilisasi terjadi pada pada air, termasuk zigot hingga larva planula (bersila) dan apabila menemukan tempat sesuai, silia ditanggalkan dan berkembang sebagai polip baru. Polip tadi akan memebntuk tunas yang saling bertumpuk berbentuk misalnya cawan dianggap skifistoma. Apabila telah dewasa maka cawan (efira) akan lepas sebagai medusa.
45. Deskripsikan peranan Insekta bagi kehidpuan manusia!
Jawaban:
a. Menguntungkan:
- lebah madu, menghasilkan madu;
- ulat sutera, membuat benang sutra;
- serangga, membantu penyerbukan;
- serangga predator, memangsa hama tanaman ; serta
- lalat dan kumbang menghancurkan sampah.
b. Merugikan:
- merusak pertanian (kumbang kelapa, serta walang sangit);
- menularkan penyakit (nyamuk, lalat, serta kecoak);
- mengisap darah (kutu busuk); dan
- Mengganggu tepung (kumbang tepung).

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI