Contoh Teks Ulasan Film Novel Buku Singkat Beserta Strukturnya Terbaru

Contoh Teks Ulasan Film, Novel, Buku Singkat Beserta Strukturnya - Teks ulasan merupakan sebuah teks yg didalamnya memuat tentang ulasan, resensi, review terhadap suatu karya misalnya film, novel, kitab , cerita, drama, serta sebagainya. Dalam beberpa kasus teks ulasan jua sering digunakan buat mengulas beberapa produk berupa barang. Teks ulasan sendiri mempunyai tolok ukur baik dari segi kuantitas serta kualitas, kelebihan serta kekurangan, kebaikan dan keburukan berdasarkan hal yang diulas tersebut.
Umumnya contoh teks ulasan film, novel, buku dan sebagainya sering kita temukan pada kehidupan kita. Seperti halnya ulasan film laskar pelangi tahun 2018 silam yang membahas mengenai unsur unsur serta review dari film tadi. Maupun model ulasan film resident evil 6 yang akan segera tayang. Untuk film film yg belum tayang umumnya ulasan yang diberikan adalah berupa trailer review saja yg memberikan sedikit cuplikan mengenai adegan yg masih ada dalam film. Selain itu masih terdapat banyak sekali contoh teks ulasan novel, buku cerita, puisi serta menjadi yang pada dasarnya bisa anda temukan pada dalam kehidupan sehari hari.
Sama seperti jenis jenis teks pada bahasa indonesia lainnya. Selain mempunyai pengertian teks ulasan pula mempunyai struktur, karakteristik ciri serta kaidah kebahasaan yang dipakai buat menyusun teks ini. Dalam artikel sebelumnya kita jua sudah membahas kaidah kebahasaan teks ulasan, karakteristik-karakteristik beserta strukturnya. Jika anda belum terlalu paham menggunakan kaidah kebahasaan, karakteristik ciri serta struktur teks ulasan maka simaklah artikel sebelumnya yg berjudul Teks Ulasan, Pengertian, Struktur Beserta Contohnya.
Sebelum bergerak ke model teks ulasan film, novel, kitab singkat, maka kita harus tahu terlebih dahulu kaidah kebahasaan teks ulasan beserta strukturnya itu sendiri.
Struktur teks ulasan:
  1. Orientasi: Orientasi merupakan struktur pertama teks ulasan yang berisi mengenai sosialisasi hal yg akan kita ulas.
  2. Penafsiran: Penafsiran adalah bagian dimana oleh penulis mencoba berargumen serta mengemukakan pandangannya dari berita kabar yg terdapat dan umumnya dilakukan menggunakan metode "comparison" atau perbandingan.
  3. Evaluasi: Evaluasi merupakan bagian dimana penulis menyampaikan hasil berdasarkan penafsiran yang dikemukakan berdasarkan perbandingan sebelumnya. Pada bagian ini penulis teks ulasan pula akan mencantumkan poin poin primer serta terkesan menonjol berdasarkan hal yang pada ulas.
  4. Kesimpulan: Kesimpulan adalah rangkuman yg diperoles sehabis melakukan ulasan. Umumnya penulis juga akan menaruh opininya pada bagian ini.
Kaidah kebahasaan teks ulasan:
Contoh teks ulasan singkat yang umumnya terdapat pada review dan ulasan film, kitab , novel dan karya lainnya umumnya akan disampaikan menggunakan bahasa yg sopan serta santun. Selain itu dalam menyusun teks ulasan kita juga harus memperhatikan faktor penulisan berupa mencantumkan liputan yang sekiranya penting serta menonjol pada hal yang kita ulas.

Contoh Teks Ulasan
Banyak orang yg merasa kesulitan membedakan antara teks ulasan dan teks eksposisi lantaran secara tidak eksklusif kedua teks ini memang menaruh kabar berupa review dan ulasan. Namun dalam dasarnya ke 2 teks ini sangat jauh tidak sama. Karena teks eksposisi hanya bersifat memaparkan infor secara generik saja, apabila anda masih merasa kesulitan membedakan kedua teks ini maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Pengertian Teks Eksposisi, Jenis, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi.
Setelah kita memahami pengertian teks ulasan, karakteristik-ciri, kaidah kebahasaan beserta strukturnya maka kita bisa bergerak menuju model ulasan itu sendiri. Dan berikut adalah beberapa contoh teks ulasan film, buku, novel serta sejenisnya yang dapat anda simak.
Contoh teks ulasan film Laskar Pelangi
Laskar Pelangi adalah salah satu film yg dinobatkan menjadi film terbaik pada Indonesia. Film ini diangkat berdasarkan sebuah novel karya Andrea Hirata yang merupakan cuplikan berdasarkan konkret yang dialaminya saat masih mini . Awal kemunculan film ini pada tahun 2018 silam disambut penuh antusias sang penggemarnya yg sebelumnya telah membaca novel dengan judul yg sama tadi. Film besutan sutradara kondang Riri Riza serta penghasil belia berbakar Mira Lesmana ini berhasil memikat mata Indonesia menggunakan kisah inspiratif yang terdapat dalam alur film ini.
Yang unik dalam film laskar pelangi ini merupakan para pemeran utamanya dipilih pribadi berdasarkan Belitong buat menaruh kesan endemik dan tanpa menghilangkan citra orisinil berdasarkan film ini. Tokoh tokoh primer tersebut mencakup ikal, lintang, mahar, fo, serta lain sebagainya. Anak anak ini dipilih bukan tanpa tujuan, tetapi menggunakan memakai aktor orisinil menurut wilayah tadi akan menambah film terlihat naturan karena para pemain telah terbiasa dengan logat bahasa, dan gaya bicara di Belitong.
Film inspiratif ini menceritakan mengenai sebuah persahabatan yang dijalin 10 orang anak didik pada sekolah dasar yang terisolir (SD Muhammadiah) yang masih ada pada pulau Belitong. Pada mulanya memang sekolah tersebut terancam akan ditutup sang pemerintah lantaran sudah nir mempunyai pendaftar lagi. Tetapi berkat hasrat serta semangat bertenaga yg dimiliki kesepuluh sisw tersebut ditabbah dengan perjuangan seorang pengajar yakni Bu Mus (Bu Muslimah) yang diperankan Cut mini sekolah tadi nir jadi ditutup. Selain menceritakan tentang persahabatan, laskar pelangi jua menceritakan kisah haru yang wajib dialami oleh galat seorang siswa tadi yakni lintang yang adalah bocah nelayan miskin yang sangat cerdas. Tetapi prestasi lintang terhalang sang tanggung jawab serta kerja keras buat menghidupi saudara termuda adiknya sesudah bapaknya wafat di lautan.
Meskipun pemilihan dan latar film ini secara umum dikuasai bersifat outdoor atau pada luar ruangan yg mengakibatkan kualitas suara serta gambarnya samar-samar. Namun bila dinilai secara holistik, film laskar pelangi ini sangat mengagumkan. Film ini menaruh pengaruh serta impak akbar pada penikmat film pada Indonesia pasca pemutaran perdananya. Betapa tidak, rakyat Indonesia yg notabennya tengah tergila gila dengan film horror, serta action ini langsung berbalik haluan dan menentukan buat meneyaksikan film relality ini. Disamping itu alur cerita yang terkesan unik, inspiratif, emosional serta menarik ini dikemas dengan finishing yang sangat baik oleh pemeran pemarannya. Ditambah menggunakan pemandangan keindahan alam pulau belitung dalam era 90an silam menjadikan daya tarik tersendiri buat menonton film ini.
Maka berdasarkan itu film ini sangat layak buat dinobatkan menjadi salah satu film terbaik karya Indonesia yg akan dikenang sepanjang masa. Walaupun dirilis dalam tahun 2018 silam, Tetapi laskar pelangi adalah sebuah film yang layak buat ditonton secara berulang serta nir lekang sang ketika. Di tahun 2018 ini banyak yg masih menantikan kelanjutan maupun versi lain menurut film laskar pelangi. Hal ini karena didalam film ini benar sahih murni mempertontonkan cerita yang inspiratif tanpa terdapat unsur kekerasan, sara dan parnografi. Dengan keluarnya film ini dibutuhkan industri perfileman di tanah air bisa semakin maju dan nir kalah dalam bersaing di kancah Internasional.

Struktur ulasan Laskar Pelangi
Orientasi: Terdapat dalam paragraf pertama.
Tafsiran: Terdapat pada paragraf ke-2 hingga tiga.
Evaluasi: Terdapat pada paragraf ke-4.
Kesimpulan: Terdapat dalam paragraf ke-lima.
Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi
Laskar pelangi merupakan novel best seller karya Andrea hirata yang diterbitkan oleh penerbit Bentang pustaka sekitar pertengahan tahun 2018 silam. Novel ini menceritakan kisah perjuangan serta persahabatan 10 orang murid SD Muhammadiyah pada belitong untuk permanen bersekolah menggunakan segala keterbatasan yang terdapat.
Kesepuluh anak ini bersekolah sampai kelas tiga Sekolah Menengah pertama dan ditengah cerita berdasarkan novel ini, mereka menerima teman baru bernama Flo yang merupakan anak didik pindahan menurut sekolah tetangga. Keterbatasan yang mereka alami lantas tidak menciptakan mereka sebagai putus asa, malah segala keterbatasan yang ada tersebut berubah menjadi cambuk yg membantu mereka pada menghadapi banyak sekali tantangan. Hal ini dibuktikan dalam sebuah perlombaan dalam cerita, ketika sekolah sekolah lain mempertontonkan pentas seni berupa pertunjukan pawai, Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 ini mempersembahkan tarian norma daerah dengan pakaian pakaian berdasarkan dedaunan seadanya. Meskipun nir berhasil menjadi kampiun pertama, namun mereka cukup senang lantaran menjadi kampiun ketiga dari perlombaan tadi.
Karena kisahnya yg inspiratif akhrnya novel laskar pelangi ini diangkat kedalam layar lebar menggunakan judul yg sama serta cerita yang sama pula. Akhir dari cerita ini mampu dikatakan sangat menyentuh, waktu anak terpandai didalam kelas yg bernama Lintang yang adalah sahabat dekat Ikal wajib putus sekolah buat menghidupi kedua adiknya yg baru saja ditinggal mangkat oleh ayah mereka. Setelah sekian lama akhirnya kedua teman ini bertemu balik dengan keadaan yg telah tidak selaras menurut sebelumnya. Dituliskan didalam surat yang dikirim menurut paris bahwa Andrea Hirata telah berhasil menamatkan jenjang perguruan tinggi serta berhasil ke luar negeri sama seperti impiannya dulu. Sedangkan Lintang yang mendapat surat tadi ikut merasa bahagia serta akhirnya memberikan motivasi pada kedua anaknya yang masih duduk pada bangku sekolah dasar.
Nah itula contoh teks ulasan mengenai film, novel, dan buku singkat beserta strukturnya yg dapat aku sampaikan kali ini. Perlu kita jangan lupa bahwa contoh teks ulasan nir hanya membahas mengenai novel serta film laskar pelangi semata. Namun masih terdapat banyak sekali model yg dapat kita temukan lagi.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI