Daftar Nama Jembatan di Indonesia Lengkap Terbaru

Daftar Nama Jembatan pada Indonesia Lengkap - Jembatan merupakan alat penyeberangan yg memudahkan seseorang buat hingga berdasarkan satu loka ketempat lain yg dipisahkan sang jurang, sungai, laut ataupun selat. Tetapi pembuatan jembatan tersebut tidaklah gampang lantaran wajib mempertimbangkan beberapa hal mulai dari porto, keamanannya serta segi ekonomisnya. Jaman kini , jembatan nir hanya dipakai buat menghubungkan antara daratan satu menggunakan yang lainnya ataupun pulau satu menggunakan pulau lainnya. Melainkan sekarang telah poly pembuatan jembatan layang buat mencegah kemacetan arus lalu lintas didalam kota. Tidak heran bila daftar nama jembatan pada Indonesia cukup poly.
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar pada global menggunakan ratusan sungai kecil serta sungai akbar beserta puluhan ribu pulaunya. Hal ini membuat daftar nama jembatan pada Indonesia cukup banyak, mulai dari jemabatan yg berukuran kecil sampai akbar sekalipun. Kali ini saya akan memberikan beberapa daftar nama jembatan pada Indonesia lengkap. Untuk detail dapat anda simak pada bawah ini.

Daftar Nama Jembatan pada Indonesia Lengkap

Jembatan sengaja dibuat buat memudahkan kita pada menyeberangi sungai, jalan raya ataupun rel kereta api. Jembatan dibangun buat laluan penjalan kaki, rel kereta barah, ataupun pemandu jalan raya. Tetapi adapula maksud pembangunan jembatan buat saluran air dan untuk pipa besar . Pembangunan jembatan pula mempunyai batasan pada menggunakannya seperti jembatan hanya spesifik jalan raya serta tidak diperbolehkan buat dilewati penunggang sepeda ataupun pejalan kaki. Adapula jembatan yang hanya dikhususkan buat pejalan kaki saja. Di bawah ini terdapat beberapa daftar nama jembatan di Indonesia yaitu :
Baca pula : Peran Indonesia Dalam Gerakan Non Blok Beserta Perwujudannya
Jembatan Ampera
Daftar nama jembatan pada Indonesia yang pertama adalah jembatan Ampera. Jembatan Ampera artinya jembatan yang berada pada Palembang, Sumatera Selatan. Jembatan ini sebagai lambang kota Palembang dan letaknya ditengah tengah kota. Jembatan Ampera menghubungkan wilayah Seberang Ilir dengan Seberang Ulu yang terpisah oleh Sungai Musi. Jembatan Ampera dibangun sejak bulan April 1962 menggunakan persetujuan Presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diperoleh berdasarkan dana rampasan ketika perang Jepang. Kemudian tenaga yang dipakai pula bersumber dari negara tersebut.
Awalnya jembatan ini bernama Jembatan Bung Karno karena menjadi bentuk penghargaan pada Presiden RI yaitu Bung Karno (berdasarkan pendapat Djohan Hanafiah). Bung Karno mewujudkan harapan masyarakat Palembang buat memiliki jembatan di atas sungai Musi. Kemudian jembatan ini tercatat pada daftar nama jembatan di Indonesia.
Jembatan Barelang
Daftar nama jembatan di Indonesia selanjutnya adalah jembatan Barelang. Jembatan Berelang singkatan dari Batam, Rembang dan Galang. Jembatan ini menghubungkan beberapa pulau misalnya Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Batam, Pulau Galang Baru, Pulau Nipah dan Pulau Galang. Jembatan ini dikenal menggunakan nama "Jembatan Barelang" atau "Jembatan Habibie". Hal ini dikarenakan Habibielah yg memprakarsai pembanguan jembatan ini serta mengembangkannya menjadi daerah industri di Kepulauan Riau. Provinsi yang dihubungkan oleh jembatan Barelang termasuk kedalam kepulauan Riau. Kemudian masih ada daftar jembatan yang termasuk kedalam Jembatan Barelang yg mencakup :
  1. Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan yg ke-I), jembatan paling besar .
  2. Jembatan Nara Singa (jembatan yang ke-II).
  3. Jembatan Raja Ali Haji (jembatan yang ke-III).
  4. Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan yang ke-IV).
  5. Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan yg ke-V).
  6. Jembatan Raja Kecik (jembatan yg ke-VI).

Jembatan Kahayan
Daftar nama jembatan pada Indonesia selanjutnya artinya jembatan Kahayan. Jembatan ini memisahkan Sungai Kahayan pada Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Jembatan Kahayan panjangnya mencapai 640 meter, lebarnya 9 meter serta tersusun dari 12 bentang khusus menggunakan panjang 150 meter yg berada pada jaur pelayaran sungai. Jembatan Kahayan dibangun pada tahun 1995 serta selesai dalam tahun 2018. Kemudian dalam lepas 13 Januari 2018 jembatan Kahayan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Jembatan ini menghubungkan antara Kabupaten Barito Selatan serta Utara dengan Palangkaraya.

Jembatan Kutai Kartanegara
Daftar nama jembatan di Indonesia selanjutnya artinya jembatan Kutai Kartanegara. Jembatan Kutai Kartanegara termasuk jembatan gantung paling panjang pada Indonesia yang melintasi sungai Mahakam. Jembatan ini memiliki panjang 710 meter dengan panjang 270 meter tanpa tiang penyangga. Jembatan Kutai menghubungkan kota Tenggarong menggunakan Tenggarong Seberang yang menuju Kota Samarinda. Jembatan Kutai Kartanegara ini adalah jembatan ke 2 yg sudah di bangun pada atas Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda. Jembatan tadi dibentuk menyerupai Jembatan Golden Gate pada San Fransisco, Amerika Serikat. Jembatan Kutai di bangun pada tahun 1995 serta selesai dalam tahun 2018. Jembatan ini ditangani oleh kontraktor PT Hutama Karya.
Baca pula : 12 Daftar Gunung Tertinggi pada Indonesia Beserta Ketinggiannya
Jembatan Mahakam Ulu
Daftar nama jembatan di Indonesia selanjutnya merupakan jembatan Mahakam Ulu. Jembatan ini menghubungan kelurahan Loa Buah (Sungai Kunjang) menggunakan kelurahan Sengkotek (Samarinda Seberang) yang berada pada jalur sungai Mahakam. Pembangunan jembatan ini berawal buat mengatasi kemacetan PON XVII pada Samarinda, Kalimantan Timur. Tetapi karena peembangunannya molor hingga bulan April 2018 maka nir digunakan. Target penyelesaian jembatan ini hingga akhir tahun 2018. Kemudian dalam lepas 15 Juli 2018, Jembatan Mahakam Ulu diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono disertai menggunakan pelantikan proyek Kalimantan Timur lainnya.

Jembatan Merah
Daftar nama jembatan di Indonesia selanjutnya adalah jembatan Merah. Jembatan Merah terletak di Surabaya, Jawa Timur. Jembatan ini pernah dipakai sebagai judul lagu ciptaan Gesang dalam jaman penjajahan VOC. Dulunya jembatan Merah dipercaya penting lantaran pernah menghubungkan Kalimas menggunakan Gedung Keresidenan Surabaya. Namun pada tahun 1890an, pagar pembatas yang awalnya dari kayu diubah menjadi besi. Hingga kini Jembatan merah sama seperti jenis jembatan lainnya tetapi warnanya saja yang tidak sinkron.

Jembatan Pasupati
Daftar nama jembatan di Indonesia selanjutnya ialah jembatan Pasupati atau Jalan Layang Pasupati. Jembatan ini menghubungkan Bandung bagian utara dengan bagian timur yang melintasi lembah Cikapundung. Jembatan Pasupati memiliki panjang sampai 2,8 km menggunakan lebar 30-60 m. Jembatan tadi dibangun dengan biaya bantuan gratis menurut pemerintahan Kuwait. Pelaksanaan pertama jembatan Pasupati terjadi dalam tanggal 26 Juni 2018. Jembatan ini dinamakan Jembatan Pasupati karena menghubungkan antara Jalan Terusan Pasteur (Dr. Djundjunan) menggunakan Jalan Surapati. Dengan pembanguan jembatan ini diperlukan stagnasi Bandung Utara dapat teratasi.

Jembatan Rumpiang
Daftar nama jembatan di Indonesia selanjutnya artinya jembatan Rumpiang. Jembatan ini terbentang pada atas sungai Barito, Marabahan, kabupaten Barito Kuala. Pada tanggal 25 April 2018, Jembatan Rumpiang diresmikan sang Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan Rumpiang menjadi solusi stagnasi pada Kota Marabahan menuju kota Banjarmasin. Jembatan tersebut mempunyai panjang sampai 753 meter dengan pelengkung baja yg panjangnya 200 meter. Jembatan Rumpiang dibangun dalam tahun 2018 menggunakan dana APBD serta APBN Kabupaten Barito Kuala dan Pemprov Kalimantan Selatan yg jumlahnya mencapai  Rp174,5 miliar.

Jembatan Siak
Daftar nama jembatan pada Indonesia selanjutnya adalah jembatan Siak. Jembatan ini menghubungkan Ibukota pada Kabupaten Siak dengan kabupaten lainnya. Pembanguan jembatan Siak bertujuan buat mempermudah akses transporasi yang menuju Ibukota Kabupaten Siak. Selain itu pula diperlukan pendapatan Kabupaten Siak agar meningkat. Kini Kabupaten Siak telah semakin tinggi dalam hal perekononimannya, Contohnya terdapat beberapa perusahaan permodalan di Siak.
Baca pula : Politik Etis (Isi, Tujuan, Pelaksanaan, dan Pencetus)
Jembatan Nasional Suramadu
Daftar nama jembatan pada Indonesia selanjutnya adalah jembatan nasional suramadu. Jembatan ini melintasi Selat Malaka serta menghubungkan Pulau Madura(Kamal sebelah timur) menggunakan Pula Jawa (Surabaya). Jembatan Suramadu memiliki panjang hingga mencapai lima.438 m serta termasuk jembatan terpanjang pada negara Indonesia. Jembatan tadi terdiri menurut beberapa bagian misalnya jembatan penghubung (approach bridge), jembatan primer (main bridge) dan jalan layang (causeway). Pada lepas 20 Agustus 2018 pembangunan Jembatan Suramadu diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri dan pada tanggal 10 Juni 2018 dibuka sang peresmian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Biaya pembanguan Jembatan Nasional Suramadu mencapai 4,lima triliun rupiah. 

Selain daftar nama jembatan diatas, adapula daftar nama jembatan pada Indonesia lainnya yaitu
  • Jembatan Kelok 9
  • Jembatan Musi II
  • Jembatan Tano Ponggol
  • Jembatan Limpapeh
  • Jembatan Palu IV
  • Jembatan Tukad Bangkung
  • Jembatan Ratapan Ibu
  • Jembatan Setan
Demikianlah daftar nama jembatan pada Indonesia yg bisa saya bagikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru