Definisi dan Arti Geografi Secara Umum Menurut Para Ahli Terbaru

Definisi Geografi Secara Umum - Istilah Geografi berasal berdasarkan bahasa Yunani geo  yang artinya bumi serta graphien yang artinya pencitraan. Geografi adalah ilmu pengetahuan yg menggambarkan segala sesuatu yg terdapat di bagian atas bumi. Beberapa definisi geografi yg dikemukakan para pakar geografi, diantaranya menjadi berikut.

1. Bintarto (1997)

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menampakan sifat-sifat bumi, menganalisa tanda-tanda-gejala alam, penduduk, dan mempelajari corak yg khas tentang kehidupan serta berusaha mencari fungsi berdasarkan unsur-unsur bumi pada ruang dan saat. Disini dijelaskan bahwa geografi tidak hanya mempelajari alam (bumi) bersama gejala-gejalanya, tetapi geografi juga menyelidiki insan beserta semua kebudayaan yg dihasilkannya.

2. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)

Geografi merupakan pelukisan dan penjelasan yg menganalisa bagian atas bumi serta pandangannya mengenai hal yg selalu berubah dan bergerak maju, nir statis serta permanen. Dari pengertian pada atas Vernor dan Glen menitikberatkan pada aspek fisik yg terdapat pada bumi yang selalu berubah menurut masa ke masa.
Contoh:
a. Perubahan cuaca juga iklim pada suatu tempat atau daerah.
b. Perubahan kesuburan tanah akibat dari proses erosi serta pelapukan yang sangat tinggi.

3. Hartshorne (1960)

Geografi merupakan ilmu yang berkepentingan buat memberikan pelukisan yg teliti, beraturan serta rasional tentang sifat variabel bagian atas bumi. Dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yg bisa mengungkapkan mengenai sifat-sifat variabel permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional. Contoh, seseorang ahli geografi sehabis melakukan analisis kewilayahan bisa membagi suatu daerah sebagai beberapa satuan lahan yang potensial maupun lahan yg tidak potensial. Pembagian ini berdasarkan dalam beberapa parameter kebumian yg sinkron dengan syarat-syarat peruntukannya.

4. Yeates (1963)

Geografi merupakan ilmu yg memperhatikan perkembangan rasional serta lokasi dari aneka macam sifat yang beraneka ragam pada bagian atas bumi. Dalam pandangan Yeates, geografi merupakan ilmu yang berperanan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yg ada di permukaan bumi menggunakan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.

5. Alexander (1958)

Geografi adalah studi mengenai pengearuh lingkungan alam dalam aktivatas insan. Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik antara kegiatan insan serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam. Contoh, penebangan hutan yang nir terkendali sang manusia mengakibatkan kebanjiran dan tanah longsor.

6. Karl Ritther (1859)

Geografi merupakan suatu jajak mengenai bumi menjadi loka hayati manusia. Dalam kajiannya, studi geografi mencakup seluruh kenyataan yg masih ada di permukaan bumi, baik laam organik juga alam anorganik yg terkait dengan kehidupan manusia, termasuk aktivitas manusia pula turut dibahas. Contohnya, sungai adaslah bagian berdasarkan alam anorganik yang memiliki kaitan eksklusif menggunakan kehidupan insan.

7. Von Ricthoffen (1905)

Geografi adalah studi mengenai gejala dan sifat-sifat bagian atas bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya , serta mencoba mengungkapkan interaksi timbal pulang antara gejala-tanda-tanda serta sifat tersebut.

8. Paul Vidal de La Blace (1915)

Geografi merupakan studi mengenai kualitas negara-negara, dimana penentuan suatu kehidupan tergantung bagaimana insan mengelola alam ini.
Dari definisi-definisi di atas bisa disimpulkan bahwa pada pada dasarnya ilmu geografi terpusat dalam tanda-tanda geosfer pada kaitan hubungan persebaran serta interaksi keruangan.
Bila kita perhatikan, terdapat suatu kesan bahwa definisi geografi selalu mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan serta tingkat keluasaan ilmu geografi waktu definisi itu dikemukakan. Namun, jika dicermati lebih jauh masih ada suatu kecenderungan sudut pandang menurut para ahli tersebut, mereka memandang permukaan bumi sebagai lingkungan yg mensugesti kehidupan manusia, pada mana manusia memiliki pilihan buat membangun atau merusaknya.
Baca jua: 10 Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli Lengkap menggunakan Penjelasan
Persamaan pandangan yg lain adalah adanya suatu perhatian dari definisi geografi yang mempelajari mengenai persebaran manusia dalam ruang dan keterkaitan manusia dengan lingkungannya. Jelaslah pada sini bahwa kajian ilmu geografi yg paling utama adalah menyelidiki bumi pada konteks interaksi dengan kehidupan manusia.
Sumber artikel Definisi dan Arti Geografi Secara Umum Menurut Para Ahli: Buku Geografi Untuk Sekolah Menengah Atas/MA Kelas X, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru