Definisi dan Dampak Globalisasi

Kalian pastinya seringkali mendengar istilah globalisasi bukan?, kemudian apa sih yang dimaksud globalisasi itu?.globalisasi merupakan suatu istilah yang menerangkan munculnya kondisi rakyat dunia dimana ekonomi, politik, lingkungan dan budaya di galat satu bagian negara atau global menggunakan cepat bisa sebagai bagian krusial pada belahan dunia lain. Globalisasi adalah output berdasarkan kemajuan teknologi, komunikasi, transportasi serta warta. Globalisasi mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi, politik, teknologi dan budaya yang terkoneksi dengan individu, rakyat, bisnis dan pemerintahan di semua penjuru dunia. Globalisasi jua dicirikan dengan pertumbuhan perusahaan multinasional (bisnis yg memiliki investasi/cabang pada aneka macam dunia) dan perusahaan-perusahaan transnasional (bisnis yang berfungsi pada pasar global). Lembaga-lembaga internasional yg mengawasi perdagangan serta keuangan global memainkan peranan yang semakin penting pada era globalisasi ini.

Meskipun sebagian besar rakyat hayati menjadi warga suatu negara tertentu, tetapi secara budaya, material, psikologis mereka terlibat menggunakan kehidupan negara lain yang belum pernah mereka kunjungi. Persitiwa jeda jauh tak jarang berdampak pribadi yg signifikan, mengaburkan batas global eksklusif. Barang yg kita pakai sehari-hari, pakaian, kuliner, kendaraan beroda empat, alat elektornik, semuanya adalah produk output menurut globalisasi.

Globalisasi memiliki dampak positif dan negatif. Aspek negatif globalisasi antara lain adalah penyebaran penyakit dengan cepat, transaksi narkoba, terorisme, dan migrasi yang nir terkontrol. Sedangkan aspek positif dari globalisasi diantaranya merupakan penyebaran iptek, teknologi, investasi, sumber daya alam serta nilai-nilai etika budaya.
Bukti paling besar berdasarkan globalisasi adalah peningkatan perdagangan dan pergerakan kapital (saham, obligasi dan investasi lainnya). Dari tahun 1950 hingga 2018 volume ekspor global naik 20 kali lipat. Pada tahun 2018 perdagangan global sebesar 1/4 berdasarkan semua barang dan jasa yg dihasilkan dunia.
Adapun modal, dalam awal tahun 1970 yg berkisar hanya $ 10 miliar menjadi $ 20 miliar pada mata uang nasional ditukar setiap hari. Pada bagian awal abad ke-21 lebih dari $ 1,5 triliun yen, euro, dolar, serta mata uang lainnya yang diperdagangkan setiap hari buat mendukung tingkat pengembangan perdagangan dan investasi.  Perdagangan mata uang akbar-besaran juga dilakukan karena investor berspekulasi apakah nilai mata uang eksklusif mungkin naik atau turun.

Dampak paling besar menurut globalisasi merupakan perbaikan dalam teknologi komunikasi, transportasi, serta informasi. Misalnya, tidak hanya mata uang, namun juga saham, obligasi, dan aset keuangan lainnya bisa diperdagangkan lebih kurang jam serta pada semua dunia lantaran penemuan pada komunikasi dan pengolahan berita. Tiga mnt telepon berdasarkan New York City ke London dalam tahun 1930 biayanya lebih berdasarkan $ 300 (sesuai harga dalam tahun 2018), membuat komunikasi instan sangat mahal. Hari ini porto yg signifikan.


Kemajuan teknologi komunikasi serta keterangan sudah membantu memangkas biaya proses pesanan bisnis lebih menurut 90 %. Penggunaan komputer buat melakukan transaksi perbankan di internet, contohnya, porto yg uang industri perbankan per transaksi bukan transaksi dolar menggunakan metode tradisional. Selama 1/3 terakhir abad ke-20 biaya riil kekuatan pemrosesan komputer turun 35 persen homogen-rata setiap tahun. Sejumlah akbar warta bisa diproses, bersama, dan disimpan dalam disk atau chip personal komputer , dan biaya terus menurun. Orang mampu hampir di mana saja serta tetap dalam komunikasi instan menggunakan majikan mereka, pelanggan, atau keluarga 24 jam sehari, 7 hari seminggu, atau 24/7 karena fasilitas komunikasi tersedia. Ketika orang-orang pada Amerika Serikat memanggil Helpline atau menciptakan reservasi maskapai, mereka bisa terhubung ke seseorang pada Mumbai (Bombay), India, yang sudah dilatih buat berbicara bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Berbahasa Inggris lain pada seluruh global mempersiapkan pengembalian pajak buat perusahaan Alaihi Salam, mengevaluasi klaim asuransi, dan berusaha untuk mengumpulkan rekening tertunggak melalui telepon berdasarkan ribuan kilometer serta sejumlah zona waktu.



Kemajuan pada komunikasi pribadi menyatukan orang di semua global. Misalnya, satelit komunikasi memungkinkan siaran televisi dunia buat membawa keterangan acara yg jauh, seperti perang serta bencana nasional dan olahraga dan bentuk hiburan lainnya. Internet, ponsel, dan komunikasi bergerak sangat cepat. World Wide Web dan personal komputer yang menyimpan data pada jumlah akbar memungkinkan akses cepat ke informasi yg melebihi setiap perpustakaan.


Perbaikan di bidang transportasi jua adalah bagian menurut globalisasi. Dunia sebagai lebih kecil lantaran pengiriman dengan pesawat jet. Bahkan dalam lebih lambat, kapal bahari sudah merampingkan transportasi serta porto diturunkan lantaran penemuan seperti pengiriman peti kemas. Kecepatan saat ini adalah suatu bagian krusial berdasarkan kehidupan. 

Kemajuan pada transportasi telah memungkinkan perusahaan Alaihi Salam buat kontrak kerjasama manufaktur buat pabrik-pabrik asing. Sebagai model, di awal 2018-an Guadalajara, Meksiko, pabrik Flextronics International membuat komputer saku, TV Web-terhubung, printer personal komputer , dan bahkan teknologi tinggi monitor glukosa darah, buat banyak sekali perusahaan Alaihi Salam. Biaya transportasi yang rendah memungkinkan Flextronics buat mengirim  produk ini pada semua dunia, serta Perdagangan Bebas Amerika Utara(NAFTA) membuat Meksiko menjadi lokasi yg lebih menarik bagi Flextronics.


Kemajuan pada teknologi berita juga telah menurunkan porto bisnis. Perusahaan global Cisco Systems, contohnya, adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang diukur dengan nilai pasar sahamnya. Namun Cisco hanya mempunyai tiga pabrik untuk membuat peralatan yang dipakai untuk membantu mengelola koneksi Internet. Cisco mensubkontrakkan semua pekerjaan kepada perusahaan lain pada seluruh dunia. Platform berita, seperti World Wide Web, memungkinkan subkontraktor Cisco untuk mengajukan tawaran buat usaha pada situs Web Cisco di mana lelang berlangsung serta di mana pemasok dan pelanggan tinggal pada hubungan menggunakan bebas.


Penurunan porto  telah memungkinkan perusahaan Alaihi Salam buat melakukan perluasan di luar negeri, jua telah membuat lebih gampang bagi penghasil asing untuk mendirikan pabrik di Amerika Serikat. Dua-pertiga dari kendaraan beroda empat yang dijual pada Amerika Utara sang Jepang Toyota Motor Company dibangun di Amerika Utara, banyak pada Kentucky dan pada tujuh negara lainnya. Michelin, raksasa perusahaan Perancis, menghasilkan ban pada South Carolina pada mana perusahaan kendaraan beroda empat Jerman BMW pula menghasilkan kendaraan beroda empat buat pasar Amerika Utara.

Tidak hanya barang, uang, serta kabar bergerak jarak yang jauh dengan cepat, tetapi juga manusia bergerak melintasi batas daerah dengan cepat. Migrasi, baik sah juga ilegal, adalah fitur primer berdasarkan era globalisasi ini. Pengiriman uang (uang dikirim pergi oleh pekerja ke negara asal mereka) sudah sebagai asal pendapatan krusial bagi banyak negara. Dalam kasus El Salvador, misalnya, pengiriman uang sama menggunakan 13 persen dari total pendapatan nasional-sumber yg lebih signifikan di negara itu pendapatan berdasarkan donasi luar negeri, investasi, atau pariwisata. Baca pula: Institusi Globalisasi Dunia

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI