Definisi Ruang Dalam Geografi

Bil akita menyebut kata "ruang", apa yang dibayangkan dalam pikiran anda?Bisakah kamu mengartikan ruang?. Apakah ruang itu abstrak atau riil. Kalau tak berbentuk apakah hanya ada dalam khayalan kita atau bisa lebih konkret berdasarkan itu sedangkan kalu riil maka ruang itu mempunyai batas yang kentara serta ciri-ciri yan berbeda antara ruang yg satu menggunakan ruang yg lainnya. Ruang ini bisa berarti sangat sempit tapi mampu jua sangat luas. Anda bisa membayangkan bahwa ruang hanya sesuatu yang hampa tetapi memakan loka atau yg terbayang adalah isi yang ada dalam ruang tadi yang tentunya berbeda antara satu ruang menggunakan ruang lainnya.
Semua benda membuatuhkan ruang sehingga galat satu karakteristik buat membedakan benda adalah luas ruang yang diharapkan sang benda tadi. Kesimpulannya, ruang merupakan loka buat suatu benda/kegiatan atau apabila kosong bisa diisi dengan suatu benda atau aktivitas.
Dalam hal ini kata "tempat" merupakan berdimensi 3 serta katan benda berarti aktivitas apa saja tanpa batas. Manfaat ruang sebagai terbatas apabila diberi ciri/karakter tambahan misalnya ruang kelas yg berarti berisi benda atau aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan kelas, ruang tamu berisi benda atau aktivitas menjadi tempat menerima tamu. Tanpa "ruang" maka suatu benda/aktivitas nir mungkin berada pada sana.

Kamus Random House menulis, space is a particular extent of surface. Dengan demikian, secara umum ruang dapat diartikan sebagai tempat berdimensi tiga tanpa konotasi yang tegas atas batas dan lokasinya yang bisa menampung atau ditujukan untuk menampung benda apa saja. Sebenarnya terdapat 3 kata yang sering rumit serta mampu dipertukarkan yaitu: ruang, tempat dan lokasi. Diatara ketiga istilah ini, ruang merupakan bersifat generik tidak terikat dengan isi maupun lokasi. Tempat (place) seringkali dikaitkan dengan keberadaan suatu benda/aktivitas yang sudah ada/seringkali ada di situ. Lokasi terkait menggunakan posisi jika pada bagian atas bumi bisa dipengaruhi bujur serta lintangnya. Lokasi seringkali terkait dengan anugerah nama atau karakter atas suatu loka sehingga bisa dibedakan lokasi yg satu dengan lokasi lainnya. Lantaran ruang sanggup menyangkut apa saja yang memputuhkan loka maka harus ada batasan tentang ruang yang ingin dibicarakan. Dalam geografi, ruang lebih spesifik lagi diterjemahkan menjadi wilayah. Perbedaan ruang menggunakan wilayah berdasarkan aku terletak pada pembatasnya, bila ruang adalah suatu hal yang tak berbentuk dan sanggup ditempati apa saja maka daerah memiliki batas (boundary) yang jelas. Misal wilayah kecamatan A dengan kecamatan B niscaya dibatasi sang suatu hal yg disepakati secara kentara. 

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI