Definisi Tekstur dan Kesuburan Tanah

Tanah merupakan sumber daya yang sangat penting bagi kehidupan
mahluk hayati di permukaan bumi terutama manusia. Tanah asal berdasarkan pelapukan batuan dari saat ke ketika. Kali ini kita akan menilik mengenai tekstur dan kesuburan tanah. Tekstur tanah merupakan proporsi nisbi menurut berukuran partikel-partikel tanah. Partikel tanah terbesar dalam gerombolan tanah lempung yg diameter partikelnya aberukuran 0,0002 mm sampai sebesar molekul. Jadi clay adalah tipe tanah bertekstur lempung.

Faktor-faktor yg mensugesti tekstur tanah antara lain menjadi berikut:
1. Komposisi mineral atau batuan induk
2. Sifat tanah
3. Kecepatan proses pembentukkan tanah lokal
4. Umur nisbi tanah

Hubungan antara tekstur serta kesuburan tanah nir selalu terdapat meskipun tekstur tanah bisa berpengaruh dalam beberapa hal berikut:
1. Pengerjaan tanah berpasir di daerah iklim basah biasanya cepat terurai. Tanah berkapasitas rendah dalam menunda air sebagai akibatnya mudah mengering. Hal yang perlu dilakukan buat mempertinggi kesuburan tanah adalah menambahkan bahan organik.
2. Pengerjaan tanah berpasir di daerah beriklim kemarau. Tanah ini meskipn kadar bahan makanannya cukup tinggi namun nilai kesuburannya rendah karena minimnya presipitasi atau hujan, pembersihan serta rendahnya kapasitas menunda air.
3. Pengerjaan tanah lempung. Tanah lempung memiliki sifat yang bermacam-macam misalnya plastik serta sukar buat diolah apabila basah serta keras bila kemarau. Untuk tanah lempung di wilayah tropik basah masih mempunyai permeabilitas walaupun rendah.

Kesuburan tanah adalah jumlah kadar humus yang terdapat dalam tanah. Tanah yg banyak ditumbuhi vegetasi lebih fertile daripada tanah gundul atau tanah yg tidak terdapat tumbuhannya. Tanah yg ditumbuhi vegetasi pada dalam tanahnya masih ada bunga tanah yang nir terkena erosi yang menjaga tanah tetap subur. Tanah yang subur memiliki kriteria berikut:

1. Tekstur serta struktur baik. Struktur tanah merupkan susunan buah-butir tanah.
2. Butir-butir tanahnya nir terlalu akbar serta nir terlalu mini .
3. Banyak mengandung garam-garaman yg bermanfaat buat makanan flora.
4. Cukup mengandung air buat melarutkan garam-garaman.

Tanah yg subur poly terdapat pada sekitar lereng gunung api atau aliran sungai karena endapan sedimen lumpur yang membawa mineral. 

Gambar: disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI