DESEMBER 2018 PEMERINTAH PASTIKAN KURIKULUM 2018 DIHENTIKAN DIREVISI ATAU DILANJUT TERBARU

Menteri PendidikanDasar-Menengah dan Kebudayaan (Mendikdasmenbud) Anies Baswedan menyatakan,keputusan atas output penilaian terhadap Kurikulum2013 apakah akan dihentikan,direvisi atau dilanjutkan sebagaidirilis pada kompas.com akan dilakukan dalam Desember 2018.

"Insya-Allah, bulandepan (Desember) telah selesai dan ada keputusan, apakah dilanjutkan, dilanjutkandengan koreksi, atau harus ditunda,"istilah Anies pada sela menghadiri 'Leader for Change Program' BEM UniversitasAirlangga (Unair) Surabaya, Minggu (23/11/2014), seperti dikutip Antara.

Apabila Kurikulum 2018 dihentikan atau ditunda, maka akan digunakan Kurikulum2006 atau yg lebih dikenal menggunakan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP).  Anies mengibaratkan kurikulumsebagai hal yg tidak sinkron sama sekali dengan bahan bakar minyak (BBM).

"Kalau BBM itu sekarangdiumumkan naik, maka esoknya telah dapat dilaksanakan secara eksklusif (harganaik), akan tetapi jikalau kurikulum itu bukan misalnya BBM. Kalau nanti ditunda, makakita akan pakai dulu Kurikulum 2018 (KTSP)," pungkasnya.

Namun, istilah Anies, pihaknyaakan merogoh keputusan secara hati-hati, lantaran keputusan itu menyangkutjutaan murid serta ratusan ribu guru.

Menurut beliau, Kurikulum 2018itu dalam praktiknya memang diberlakukan dalam 6.400 menurut 218.000 sekolah."Implementasi itu sebenarnya untuk bisa mendapatkan masukan, tapi justrulangsung dipraktikkan, sehingga terdapat perkara," ucapnya.

"Ibaratnya, pelaksanaanKurikulum 2018 itu terlalu premature. Karena itu, kami melakukan penilaian,apakah mampu dilanjutkan, diperbaiki, atau ditunda," ucapnya.
Dalam penilaian itu,penggagas Indonesia Mengajar itu membentuk tim penilaian yg terdiri atas paraguru, pakar kurikulum, serta manajemen pendidikan.

"Sekarang, beberapaguru mengeluh menggunakan Kurikulum 2018 itu, karena materi ajar belum ada, sistempenilaian yg membutuhkan kesiapan berdasarkan guru, serta sebagainya. Kasihan,pengajar-guru itu mempunyai beban ajar, lantaran di tempat tinggal masih harus melakukanpenilaian," pungkasnya.

Di hadapan 100 peserta"Leader of Change Program 2018" itu, Anies yg juga mantan RektorUniversitas Paramadina itu menyatakan bahwa dirinya ingin membangun prosespembelajaran yang menyenangkan.. "Pembelajar itu merupakan orang yangmengalami dan bukan sekadar menjalani. Pembelajar itu selalu belajar daripengalaman, tidak terpaku pada acara, dan berpikir kreatif, lantaran itupendidikan wajib menunjuk ke sana," ucapnya.

Label: Kurikulum 2018 Dihentikan, Direvisi atau Dilanjut



Sumber//edukasi.kompas.com/read/2014/11/23/16543521/Desember.pemerintah.putuskan.kurikulum.2013.dilanjutkan.direvisi.atau.dihentikan

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI