DOWNLOAD APLIKASI DAPODIKDAS PATCH 3.0.3



Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Nomor 160 tahun 2018, mengenai Pemberlakuan Kurikulum 2018 serta 2018, bahwa bagi sekolah yang sudah melaksanakan Kurikulum 2018 selama tiga semester bisa melanjutkan memakai Kurikulum 2018, bagi yang baru menerapkan 1 semester kembali memakai Kurikulum 2018. Untuk memfasilitasi peraturan tersebut kami sudah menerbitkan Patch tiga.0.3 dalam pelaksanaan Dapodikdas menggunakan perubahan fitur sebagai berikut.
  1. Kurikulum 2018 pada tabel pembelajaran hanya bisa dipilih sang sekolah yg sudah menerapkan Kurikulum 2018 selama tiga semester.
  2. Bagi sekolah yg baru menerapkan Kurikulum 2018 selama 1 semester secara otomatis dalam tabel pembelajaran hanya terdapat satu pilihan yaitu Kurikulum 2018
  3. Operator sekolah segera melakukan update data Dapodik terutama pada tabel pembelajaran dengan memakai patch tiga.0.tiga yg dapat diunduh di page web //dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  4. Operator sekolah segera melaporkan perubahan atau update data dapodik pada kepala sekolah buat dapat ditindaklanjuti terhadap pembagian tugas mengajar guru dari penggunaan kurikulum di sekolahnya.

Menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.tiga diawali menggunakan melakukaninstallasi versi.tiga.0.3. Yang tidak sama di versi ini adalah menggunakan aplikasiharus diawali dengan sinkronisasi. Sinkronisasi ini bertujuan buat menurunkantanda/flag yg mendefinisikan sekolah mana sajayang dapat menggunakan Kurikulum 2018. 
Setelah melakukan sinkronisasi sekolahdiharapkan memperbaiki data rombongan belajar menyesuaikan menggunakan kebijakankurikulum yg berlaku bagi sekolah.
Perbedaan versi tiga.02 – 3.03
  • Penguncian dalam penggunaan kurikulum pada aplikasi dapodik bagi sekolah yangmenggunakan kurikulum KTSP 2018 tidak akan sanggup memilih kurikulum 2018 padatabel rombongan belajar (pengguna kurikulum 2018 adalah sekolah yang telahditentukan oleh Kemdikbud).
  • Penambahan fasilitas UN, sebagai akibatnya pengguna aplikasi bisa mengecek datapeserta UN serta mengekspornya dari pelaksanaan ke dalam bentuk excel.
  • Penambahan caption “Dilarang diganti menggunakan nama peserta didik lain” di tabelpeserta didik.
  • Tingkat pendidikan buat SLB bisa menentukan taraf 1 – tingkat 12.
  • Penambahan unduhan Excel pada tabel PD Keluar serta PTK Keluar.
  • Kolom angka KPS/KKS pada tabel peserta didik.
"Yang tidak update ke Patch tiga.0.3 tidak bisa sync"
Download Dapodikdas Patch tiga.0.3 klik disini (link dapo.dikdas)
Download Dapodikdas Patch tiga.0.3 klik disini (link dropbox)
Manual Aplikasi 3.0.3
FAQ tiga.0.3

Untuk lebih jelas silahkan baca TANYA JAWAB mengenai disparitas Aplikasi 3.02 serta Patch tiga.03
1.updateversi terbaru apa wajib memakai installer atau patch 3.03?
Cukupdengan menggunakan patch 3.03

2.dimanasaya unduh patch tiga.03?
untukunduh aplikasi terbaru bisa di lihat di website//dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh
Download Dapodikdas Patch tiga.0.3 klik disini (link dapo.dikdas)
Download Dapodikdas Patch tiga.0.3 klik disini (link dropbox)

3.bagaimanatahapan update pelaksanaan menurut versi 3.02 ke tiga.03?
  • Unduhaplikasi patch versi terbaru (tiga.03) di laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  • Ikutilangkah installasi aplikasi patch 3.03
  • bukaaplikasi yang ada di desktop
  • tekanCTRL + F5
  • setelahlogin, cek pada beranda aplikasi pastikan versinya tiga.03
  • kemudianlakukan sinkronisasi supaya update aplikasi bisa turun ke lokal terutama padabagian pemilihan kurikulum 2018 bagi sekolah yg sudah ditentukan olehkemdikbud.
  • Setelah itu cek serta editpembelajarannya.
4.apakahsetelah menginstal patch 3.03 wajib ganti prefill baru?
Tidak,sesudah install patch 3.03 silahkan pribadi melakukan login buat mengecekdatanya

5.kenapasetelah install patch masih terbaca versi 3.02?
Bilamasih terbaca versi tiga.02, lakukan refresh aplikasinya dengan cara tekanctrl+f5, bila masih belum berubah klik pengaturan di browser lalu pilih clearhistory.

6.perbedaan versi tiga.02 – 3.03?
  • Penguncianpada penggunaan kurikulum di pelaksanaan dapodik bagi sekolah yang menggunakankurikulum KTSP 2018 nir akan sanggup menentukan kurikulum 2018 dalam tabel rombonganbelajar (pengguna kurikulum 2018 merupakan sekolah yg telah dipengaruhi olehKemdikbud).
  • Penambahanfasilitas UN, sebagai akibatnya pengguna aplikasi dapat mengecek data peserta UN danmengekspornya dari pelaksanaan ke pada bentuk excel.
  • Penambahancaption “Dilarang diganti dengan nama peserta didik lain” di tabel pesertadidik.
  • Tingkatpendidikan buat SLB bisa menentukan taraf 1 – taraf 12.
  • Penambahanunduhan Excel pada tabel PD Keluar dan PTK Keluar.
  • Kolomnomor KPS/KKS pada tabel peserta didik.
7.apakahrombel wajib dihapus buat membarui dari kurikulum KTSP ke 2018 begitu jugasebaliknya?
Tidak,cukup menggunakan mengganti kurikulumnya saja serta mengedit balik pembagian PTKMengajar sesuai menggunakan struktur kurikulum yang digunakan.

8.bagaimanalangkah mengganti kurikulum agar nir perlu menghapus rombelnya?
  • Silahkanpilih rombelnya ganti kurikulum yang sesuai dengan mengklik kolom kurikulumsetelah diganti klik simpan.
  • Lalurefresh atau tekan ctrl+f5.
  • Setelahitu klik rombongan belajarnya kemudian klik pembelajaran .
  • Setelahmuncul pembelajarannya silahkan edit sesuai dengan struktur kurikulum yangdigunakan baik itu KTSP atau kurikulum 2018 lalu klik simpan.
  • Jikakurikulum SMP 2018 diganti ke KTSP SMP, selain membarui pembagian jam mengajarjuga harus menghapus mata pelajaran prakarya.
  • JikaKTSP SMP diganti ke kurikulum SMP 2018 (sekolah terpilih kurikulum Sekolah Menengah pertama 2018),hapus mata pelajaran TIK.
9.apakahusername serta password wajib pada ganti dengan yang baru?
Tidakperlu, tetap memakai username dan password yang lama saja, tapi jikamenemukan masalah yg mengharuskan mengganti username dan password mampu diganti.

10.peringatansebagian data tidak masuk, apa yang wajib dilakukan?
Silahkanlakukan generate ulang prefill serta registrasi ulang bila belum berhasilsilahkan hubungi dinas kab/kota setempat.

11.apakahPTK dan PD wajib pada mapping ulang di pada tabel rombel setelah pada patch?
Tidak,lantaran rombel tidak dihapus hanya mengganti kurikulum dan mengedit pembelajaransesuai menggunakan kurikulum yang dipakai

12.apakahvalidasi dan sync terdapat perubahan?
Tidakada perubahan sama dengan semester 1 baik cara dan metodeloginya.

13.apakahdata yg invalid (merah) mencegah pengiriman data (sync)?
Datainvalid tidak akan menghalangi pengiriman data ke server ketika melakukansinkronisasi.

14.jikaada PD/PTK yg mutasi (pindah sekolah/baru) di inputkan pada patch 3.03?
UntukPD/PTK yg pindah/mutasi ke sekolah baru silahkan diinputkan pada semester 2atau sesuaikan menggunakan surat mutasi/pindahnya.

15.apakahkode pendaftaran berubah di versi tiga.03?
Tidak,secara default nir terdapat perubahan kode pendaftaran sekolah, tetapi jika sekolahmenghendaki mengubah koderegistrasi lantaran sesuatu hal(keamanan data), makadapat diubah melalui dinas pendidikan kab/kota setempat. Namun hati-hati dalammereset kode registrasi karena pelaksanaan kode pendaftaran lama akan ditolak olehsistem pada waktu sinkronisasi.

16.kapanaplikasi tiga.03 expired ?
Sesuaidengan periode semester 2 tahun ajaran 2018/2015 yaitu lepas 30 Juni 2018

17.apayang harus dilakukan sehabis 3.03 ?
Akanada updating versi sesuai menggunakan kebutuhan dan periodisasi pendataan, ikutiinformasi terupdate di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

18.apakahpenerbitan NISN masing memakai dapodikdas ?
Ya,Mekanisme pengumpulan datanya masih permanen dengan dapodikdas dan vervalpd

19.jikaada sekolah merger, apa yg wajib dilakukan?
  • Dinasmenghubungi pusat buat dilakukan proses merging
  • Prosesmerging pada sentra bisa memindahkan data PD, PTK, serta Prasarana secara otomatisdari sekolah yang dilebur ke sekolah induk tanpa harus menginput ulang.
  • Setelahproses merging selesai, sekolah induk melakukan generate ulang prefill baru dandiregistrasikan seperti biasa menggunakan menggunakan kode pendaftaran sekolah induk.sekolah yg dilebur akan otomatis terhapus di sentra.
  • Makaakan terlihat PD, PTK dan Prasarana di sekolah yang dilebur otomatis masuk disekolah induk.
20.jikaada sekolah tutup atau berhenti beroperasi, apa yg wajib dilakukan?
Hubungidinas kab/kota setempat, lalu dinas akan melakukan penutupan sekolah melaluivervalsp.data.kemdikbud.go.id. Maka secara otomatis data pada Dapodik akanberubah mengikuti data di vervalsp

21.jikaada sekolah berganti nomenklatur, apa yang harus dilakukan?
Hubungidinas kab/kota setempat, lalu dinas akan melakukan perubahan nomenklatursekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Maka secara otomatis data diDapodik akan berubah mengikuti data pada vervalsp

22.jikaada sekolah baru, apa yang wajib dilakukan?
Hubungidinas kab/kota setempat, lalu dinas akan menambahkan sekolah baru melaluivervalsp.data.kemdikbud.go.id, NPSN akan diterbitkan oleh PDSP dan secaraotomatis kode registrasi bisa diterbitkan serta diunduh di manajemen pendataan(akses dinas). Kemudian sekolah melakukan proses instalasi aplikasi versi tiga.02+ patch pelaksanaan versi tiga.03, generate prefill, dan registrasi seperti biasa

23.jikaada kesalahan identitas sekolah yang dikunci pada pelaksanaan Dapodikdas sepertiNPSN, alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yang harusdilakukan?
Hubungidinas kab/kota setempat, lalu dinas akan membarui identitas sekolah tersebutmelalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id serta otomatis akan mengupdate data diDapodik waktu melakukan sinkronisasi.

24.jikaada pertanyaan terkait integrasi kurikulum 2018 serta aplikasi Dapodik silakanhubungi pengaduan.kemdikbud.go.id

25.jikasekolah/ dinas permanen mempertahankan implementasi kurikulum 2018 diluar sekolahyang ditentukan, apa yang wajib dilakukan?

26.jikaingin berpindah personal komputer /laptop buat mengerjakan aplikasi Dapodikdas, apa yangharus dilakukan?
  • Dikomputer yg baru: generate ulang prefill baru, kemudian install pelaksanaan,pendaftaran misalnya biasa. Maka akan timbul data output sinkronisasi terakhir.
  • Di personal komputer yang usang lakukan uninstall aplikasi .jikatidak dilakukan tahapan seperti diatas,dapat menyebabkan data berganda.
27.sekolahsaya terdapat pada daftar validasi dalam laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yangharus dilakukan?
Lakukanperbaikan sesuai menggunakan keterangan data invalid 

28.jikasekolah saya masuk kedalam validasi rombel berganda, apa yang harus dilakukan?
  • Lakukangenerate ulang prefill yang baru, 
  • registrasikan dengan prefill baru tersebutdengan username dan password tidak sinkron/sama (nir kasus).
  • Periksarombongan belajar, maka akan nampak rombel yang berganda tadi.
  • Keluarkananggota rombel, hapus pembelajaran, sesudah itu rombel dapat dihapus.
29.jumlahsiswa tidak sinkron antara di pelaksanaan dapodik lokal saya dan pada lamandapo.dikdas.kemdikbud.go.id, apa yg wajib dilakukan?
Jumlahsiswa yang ditampilkan di halaman dapo.dikdas merupakan anak didik yang masuk ke dalamrombongan belajar sesuai menggunakan periode aktif semesternya. Jika tidak selaras,kemungkinan terdapat peserta didik yang belum masuk kedalam rombongan belajar.periksa kembali lalu sinkronkan. Apabila langkah ini tetap membentuk perbedaanjumlah data, lakukan generate ulang prefill lalu registrasikan dengan prefillyang baru, data tersebut adalah data yang sesuai di server. Periksa,lengkapi, lalu sinkronkan balik .

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru