Download Panduan Singkat PraRilis Aplikasi Dapodik Versi 2018


HariSenin Tanggal 18 Juli 2018 adalah Hari Pertama Sekolah pada Tahun Pelajaran2016/2017, hari dimulainya proses pembelajaran pada tahun pelajaran baru.pergantian tahun pelajaran merupakan momen akbar bagi sekolah dimana sekolah telahmeluluskan serta mengantarkan anak didiknya buat menempuh pendidikan pada jenjangberikutnya, pula sudah melakukan proses kenaikan tingkat dalam anak didik-siswanyadan sudah jua membuka proses penerimaan siswa baru. Sebuah pekerjaan besaryang akan terus berulang setiap tahunnya.

Semuaproses periodikal yang dilaksanakan tersebut juga wajib diikuti denganmelakukan proses serta pemutakhiran data dalam sistem pendataan Dapodik, olehkarenanya pergantian tahun ajaran baru pula merupakan momen penting bagipendataan Dapodik. Diawal tahun ajaran Operator Dapodik akan melakukan proseskelulusan, proses kenaikan kelas, memasukkan data siswa baru dan melakukanpemutakhiran terhadap seluruh data-data periodik.

MemasukiTahun Pelajaran Baru 2018/2017 ini Aplikasi Dapodik jua akan memasuki era baru,dimana akan dirilis Aplikasi Dapodik 2018. Aplikasi Dapodik 2018 adalahpengembangan dan penggabungan menurut Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan AplikasiDapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2018 dapat dipakai buat sekolahjenjang SD, SMP, SLB, Sekolah Menengah Atas serta SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2018 jugamendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisitampilan, pengembangan mekanisme Registrasi juga penambahan fitur danatribut-atribut data baru lainnya.

Gunamendukung kesuksesan serta kelancaran sekolah pada melakukan pemutakhiran datamenggunakan Aplikasi Dapodik 2018 ini, maka perlu dilakukan beberapa persiapandan pemahaman agar proses update versi pelaksanaan maupun proses pemutakhiran databerjalan lancar. Berikut merupakan beberapa persiapan yang perlu dilakukan olehsekolah:

1.persiapan Komputer server
Sebagaimanadiketahui bahwa pendataan Dapodik sudah terintegrasi dengan berbagai systemlain buat melayani kebutuhan data transaksional di Lingkungan Kemendikbud.maka aplikasi Dapodik wajib senantiasa pada update dan up grade berdasarkan sisi fiturdan teknologinya buat memenuhi aneka macam tuntutan tadi. 
Maka menurut itu darisisi teknis kompleksitas Aplikasi Dapodik terus mengalami peningkatan, dimanahal ini menuntut spesifikasi teknis berdasarkan personal komputer yg relatif baik supaya AplikasiDapodik dapat berjalan dengan optimal. Berikut merupakan spesifikasi teknis yangdisarankan:
    A. Spesifikasi perangkat keras yg diharapkan adalah:
  • Processor minimal Pentium Core Duo
  • Memory minimal 2 GigaByte
  • Storage tersisa minimal 400 MegaByte
  • CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
     B. Spesifikasiperangkat lunak yang dibutuhkan merupakan:
  • Windows 7 32 & 64 Bit
  • Windows 8 32 & 64 Bit
  • Windows 8.1 32 & 64 Bit
  • Windows 10 32 & 64 Bit
  • Layar Monitor menggunakan resolusi minimal 1024 x 768
     C. Terpasang webBrowser versi baru
  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Opera
  • Comodo
  • UC Browser

2. Persiapan SDM, Kode Registrasidan Akun Aplikasi Dapodik
PeranOperator Dapodik sangatlah krusial sebagai pelaku primer operasional AplikasiDapodik. Bagi sekolah yang pada tahun pelajaran baru ini juga memiliki/menunjukOperator Dapodik yang baru maka Kepala Sekolah dibutuhkan segera menerbitkan SKpenugasannya. SK tadi segera didaftarkan ke Pusat Data serta StatistikPendidikan serta Kebudayaan(PDSPK) melalui laman: //sendok makan.data.kemdikbud.go.id/. Dengan SK penugasan tersebut operator dapat melakukan verifikasi danvalidasi data pokok pendidikan. 

PadaAplikasi Dapodik 2018 database nya sudah dilakukan upgrade versi untukmengakomodir perkembangan kebutuhan. Maka buat memakai Aplikasi Dapodik2016 sekolah yg sebelumnya menggunakan Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB versi4.1.1 dan Aplikasi Dapodik SMA/Sekolah Menengah Kejuruan versi 8.4.0 harus melakukan install ulangmenggunakan Installer Dapodik 2018 serta melakukan registrasi ulang pulang. 

Terdapat pengembangan dalam methodology pendaftaran dalam Aplikasi Dapodik 2018,yaitu bisa dilakukan secara Off Line dan On Line. Secara garis besar methodeOff Line dilakukan dengan mendownload prefill sedangkan methode On Lineregistrasi dilakukan secara on line tanpa perlu mendownload prefill sebelumnya.untuk keperluan registrasi ini maka Operator Dapodik wajib menyiapkan:

A.kode Registrasi
SiapkanKode Registrasi aktif buat sekolah masing-masing, kode pendaftaran akandiperlukan buat melakukan download prefill atau registrasi on line. Untuk SMAdan Sekolah Menengah Kejuruan kode pendaftaran bisa dicermati dalam halaman: //sendok makan.data.kemdikbud.go.id/.sedangkan buat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah pertama serta SLB dapat meminta/menanyakan ke KKdatadik di DinasPendidikan Kabupaten/Kota setempat.

B. Akun Aplikasi Dapodik
Siapkanakun pelaksanaan Dapodik berupa user serta password yang sudah diregistrasikan padaaplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik Sekolah Dasar/Sekolah Menengah pertama/SLB 4.1.1 serta Dapodik Sekolah Menengah Atas/SMK8.4.0) serta telah terdaftar pada server Dapodik Pusat. Akun berupa user danpassword ini akan diharapkan untuk melakukan download prefill atau registrasion line. Bagi operator baru (SD/SMP/SLB/Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan) bisa meminta user danpassword Aplikasi Dapodik berdasarkan operator lama atau meminta dibuatkan akun barukepada:
- KKdatadik Dinas PendidikanKabupaten/Kota
- Tim Support Dapodikdasmen Pusat

3. Persiapan Data
Ditahun pelajaran 2018/2017 yang baru tentunya poly sekali data-data diAplikasi Dapodik yang harus di lakukan  pemutakhiran dan data baru yangharus dimasukkan. Untuk membantu Operator Dapodik dalam mengumpulkan data awaldan validasi data kepada pemilik data ( siswa, GTK, sarpras, dll) makatelah disiapkan formulir pendataan. Formulir pendataan yg telah diisi serta divalidasi oleh pemilik data akan sebagai dasar bagi Operator Dapodik dalam entrydata serta pemutakhiran data di Aplikasi Dapodik.

DiAplikasi Dapodik 2018 pula ada penambahan validasi data Kartu Indonesia Pintar(KIP), sang karena itu sekolah bisa mulai mendata siswanya yg sudah menerimaKIP. Validasi data akan mencakup Nomor KIP serta Nama yg tertera di KIP.

4.panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2018
Dalamrangka memberikan penerangan serta pemahaman mengenai pengembangan AplikasiDapodik 2018, sudah disiapkan Panduan Singkat Aplikasi Dapodik 2018. Panduanini akan berisi penjelasan singkat mengenai perkembangan danperubahan-perubahan pada Aplikasi Dapodik 2018, sekaligus menjadi panduan untukmelakukan up grade dari aplikasi Dapodik versi lama sebagai Aplikasi Dapodik2016.

Informasi-informasidiatas penting buat kami sampaikan diawal sebelum Aplikasi Dapodik 2018dirilis menjadi bekal pemahaman awal buat dapat melakukan persiapan-persiapanyang diperlukan sebagai akibatnya transformasi ke Aplikasi Dapodik 2018 bisa berjalandengan lebih baik. Sebagai liputan bahwa INSTALLER APLIKASI DAPODIK 2018dalam saat dekat akan segera dirilis.

Harapankami berita diawal ini bisa sebagai acuan bagi segenap stakeholder disekolah buat mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik serta mendorongtercapainya data Dapodik 100% baik secara kuantitas maupun kualitas. Atasperhatian serta kerjasama Bapak/Ibu sekalian, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Salam Satu Data,

Admin Dapodikdasmen

LINK UNDUHAN

Sumber : //dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI