Download Panduan VervalPD Tahun 2018


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)adalah kode pengenal anak didik yang bersifat unik,standar dan berlakusepanjang masa yang dapat membedakan satu anak didik dengan siswa lainnya di semua sekolahIndonesia dan Sekolah Indonesia pada Luar Negeri.
*Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)diberikan kepada setiap siswa yang bersekolah di satuan pendidikanyang mempunyai NPSN serta terdaftar pada Referensi Satuan Pendidikan pada PDSPK.
*Untuk satuan pendidikan nonformal, pemberian NISN diprioritaskan pada murid yg akanmengikuti Ujian Nasional.

1.logiN Akses halaman //vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ Isikan username (email) danpassword sinkron menggunakan akun yg didaftarkan pada page Jaringan Pengelola DataPendidikan (SDM).

2.MenuHOME di bagian kiri menampilkan Perbandingan data Peserta Didik pada diagrampie, jika krusor kita arahkan ke diagram pie tersebut maka akan terlihata datajumlah siswa yang telah valid dalam surat keterangan yang pada gambarkan denganwarna biru, Data Invalid warna merah , Data Belum memiliki NISN warna ungu danData Tidak memeilii NISN warna orange pada sertai menggunakan nomor serta presentasenyaSedangkan pada bagian kanan menampilkan grafik progres harian verval per tanggal.

MENU SISWA  BELUM MEMILIKI NISN
Langkah1
Klik Menu BELUM MEMILIKI NISN , tampil daftar data Peserta Didik Mutasimasuk menurut sekolah lain yg adalah data murid output sinkronisasi dariaplikasi Dapodik menggunakan proses pendaftaran masuk ke rombel menjadi MUTASI 

Klik tombol MUTASI SISWA 
Tampilpencarian data anak didik mutasi di sekolah dari. (syaratnya anak didik harus sudahdiregistrasikan keluar/mutasi keluar menurut sekolah dari) 

Cara mencari data siswa mutasi pada sekolah asal : Pilih namaPROPINSI dari sekolah dari, Pilih nama KABUPATEN/KOTA menurut sekolah dari, dan Pilihsekolah berasal dengan mengetikkan NPSN Pilih Nama Siswa , Klik PILIH SISWA Setelahproses tersebut, maka data anak didik akan masuk ke daftar antrian Operator DinasPendidikan Kab/Kota, pada pilihan menu PENGAJUAN NISN >>> BERDASAR MUTASI.Setelah di Approve data murid akankembali ke Menu Referensi Aktif


Langkah 2
B1 --- apabila datasekolah ditemukan, tetapi data siswa yg dimaksud nir ditemukan, cukup klik PILIH SEKOLAH
B2 --- apabila datasekolah dari dan data siswa (kedua datanya) tidak ditemukan sama sekali, klik TIDAK DITEMUKAN

Setelah salah satu proses tadi, maka data anak didik akanmasuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, dalam pilihan menu PENGAJUAN NISN>>> PERMINTAAN SEKOLAH. Setelahdi Approve sang Dinas maka data akan mengalir ke Vervalpd Pusat (PDSPK) . HasilApproval akan balik ke Menu Referensi Aktif


Klik Menu STATUS PENGAJUAN MUTASI , tampil daftar KemajuanProgres Data Peserta Didik pengajuan Mutasi.
Menu ini merupakan hasil dari proses Klik Mutasi di pilihan menu BELUMMEMILIKI NISN
Data Mutasi yg telah di setujui berada dalam Menu ReferensiAktif

Panduan lengkapnya silahkan Download dibawah ini :
FAQ VERVALPD
1.kenapadata siswa hilang sesudah Operator Sekolah merampungkan proses pengajuanmutasi? Jawab: Data siswa memang akan hilang sementara waktu pada antrianproses persetujuan/approval di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK. Sejauh manaproses pengajuan mutasi tadi mampu Operator Sekolah kroscek pada pilihan menu Status Pengajuan Mutasi.

2.apayang wajib dilakukan Operator Sekolah sesudah proses mutasi sudah selesaidiajukan serta data murid sudah hilang dari menu Belum Memiliki NISN
Jawab : Cek pilihan menu Status PengajuanMutasi buat mengetahui pengajuan mutasi telah disetujui atau belum.apabila belum, segera konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kab/Kota (Operator Dinas),bawa serta dokumen mutasi anak didik buat proses pembuktian ulang oleh OperatorDinas (verifikasi dokumen secara pribadi atau via media lainnya tergantungkebijakan Dinas masing-masing).

3.bagaimanajika NISN murid mutasi output persetujuan mutasi (approve) oleh DinasPendidikan Kab/Kota serta PDSPK tidak sinkron dengan NISN murid tadi pada ijazahsebelumnya? 
Jawab: jika NISN hasil approval Dinas Pendidikan/PDSPK tidaksesuai dengan NISN murid di ijazah sebelumnya, silakan Operator Sekolahmengajukan edit NISN melalui pilihan menu EDITDATA / PENGAJUAN >> NISN.

4.apayang harus dilakukan sang Operator Sekolah jika terdapat data siswa yg masuk kemenu Belum Memiliki NISN, tetapistatus validasinya bukan “Mutasi Siswa” melainkan “Belum MemilikiNISN” padahal murid tersebut adalah siswa mutasi? 
Jawab: Perbaiki datasiswa melalui pelaksanaan Dapodik terlebih dahulu. Keluarkan data murid tersebutdari rombel kemudian masukkan lagi kedalam rombelnya, dengan memilih registrasimasuk : MUTASI. Simpan perbaikanlalu sinkronisasi ulang Dapodiknya. Tunggu 1 hari sampai status validasi siswadi pelaksanaan VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasiberubah, silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai dariLangkah 1 s/d tiga. 

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI