Endapan Mineral Adalah.....

Kamu tentu tak jarang mendengar istilah atau istilah "endapan" dalam pelajaran geografi. Istilah endapan atau deposit dalam geografi atau geologi memiliki arti yg luas, apalagi jika dibandingkan dengan deposito,,hhaa. Deposit dapat diartikan sebagai turunnya material pada pada air lantaran gravitasi, atau presipitasi berdasarkan larutan lantaran imbas reaksi kimia. Beberapa pakar geologi menyebut endapan menggunakan kata cebakan lantaran endapan lebih berkonotasi dengan sedimentasi. Dalam konteks endapan mineral, endapan diartikan  menjadi konsentrasi mineral lantaran proses magmatik atau hidrotermal. Kata endapan jua punya arti materi sebagai padat, karena itu jenis minyak dan gas atau panas bumi tidak masuk pada endapan mineral. Walau batubara punya wujud padat tetapi tidak masuk kategori endapan tetapi masuk pada asal daya energi. Bagaimana, sudah bingungkah anda?

Skinner menyebut bahwa endapan mineral atau mineral deposits  adalah konsentrasi suatu mineral dalam kulit bumi, terbentuk alamiah dan berada di daerah terbatas. Jadi apapun jenis mineralnya serta bagaimana proses terkonsentrasinya, semuanya disebut endapan mineral. Apabila mineral-mineral yg terkonsentrasi mengandung bahan atau material yg bernilai guna bagi insan dan layak ditambang maka endapan tersebut secara khusus disebut endapan bijih/ore deposits, endapan ekonomi/economic deposits atau endapan mineral ekonomi.

Secara umum, bijih merupakan suatu batuan atau gugusan mineral yang mengandung mineral bernilai ekonomis tinggi dan dapat diekstrak. Bijih terdiri dari mineral-mineral bernilai ekonomi tinggi (umumnya mengandung logam) yg dianggap mineral bijih (ore mineral, mengandung logam) dan termasuk mineral industri (industrial mineral, non logam) dan mineral yg nir bernilai irit atau diklaim mineral penyerta (gangue mineral). Definisi oleh kebanyakan pakar ditekankan dalam kandungan logamnya yang dapat diekstrak serta punya nilai ekonomi tinggi. Bijih yang tidak menguntungkan apabila ditambang dinamakan Protore.

Sebagian akbar bijih tersingkap berasosiasi menggunakan urat halus terutama kuarsa. Walau demikian, nir semua urat akan mengandung bijih, namun hanya terkonsentrasi pada bagian-bagian yang terbatas menurut urat yg dinamakan ore shoots. Urat-urat atau bagian-bagian urat yang tidak mengandung bijih dianggap barren atau lean. Suatu tubuh batuan yang mengandung bijih atau ore shoots yg tersebar disebut menjadi tubuh bijih atua orebody. Kumpulan urat-urat halus yang mengandung bijih acapkali membentuk zona yg panjang dan tabular yg dikenal sebagai leade, lode, vein zone atau fissure zone. 

Itulah sedikit pengenalan tentang istilah endapan mineral. Apabila anda ingin lebih puas lagi, silahkan kuliah pada geologi atau pertambangan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI