Fakta Pertumbuhan Ekonomi Singapura

Kalian pernah menginjakkan kaki pada Singapura?. Apabila iya kalian pasti takjub melihat perkembangan negara yg satu ini. Lima puluh tahun silam, kota-kota pada Singapura sama halnya dengan negara berkembang, dengan GDP per kapita kurang dari US $ 320. Saat ini Singapura melesat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di global. PDB per kapita melonjak tajam ke level US $ 60.000, tertinggi keenam di dunia dari data Central Inteligence Agency. Untuk sebuah negara miskin asal daya alam, lesatan ekonomi tadi adalah sesuatu yang luar biasa

Dengan mengandalkan globalisasi, kapitalisme pasar bebas, pendidikan, kebijakan ketat, pemerintah Singapura sanggup mengatasi keterbatasan geografis menjadi kekuatan yang merubah segalanya.

Selama lebih menurut seratus tahun, Singapura berada di bawah kendali Inggris. Tapi waktu Inggris gagal melindungi koloninya menurut Jepang saat Perang Dunia II, hal tadi memicu sentimen anti-kolonial dan nasionalis yg kuat sehingga mengakibatkan kemerdekaan Singapura. Pada tanggal 31 Agustus 1963, Singapura akhirnya memisahkan diri berdasarkan koloni Inggris dan bergabung dengan Malaysia untuk membentuk Federasi Malaysia

Meski tidak lagi berada di bawah kendali Inggris, dua tahun Singapura menghabiskan saat menggunakan Malaysia menggunakan aneka macam perselisihan sosial. Etnis Cina singapura kalah menggunakan jumlah etis melayu dengan margin 3:1. Para politisi Melayu pada Kuala Lumpur takut warisan mereka dan ideologi politiknya terancam menggunakan penduduk Cina yang berkembang cepat pada penjuru wilayah. Oleh karena itu cara buat memastikan lebih banyak didominasi Melayu di Malaysia permanen eksis, maka parlemen Malaysia tetapkan buat menendang Singapura menurut Malaysia. Singapura memperoleh kemerdekaan resmi dalam 9 Agustus 1965 dengan Yusof bin Ishak menjadi menjadi presiden pertama dan disusul sang Lee Kuan Yew.

Setelah kemerdekaan, Singapura terus mengalami kasus. Sebanyak tiga juta orang menganggur. Lebih menurut dua/tiga penduduknya bermukim pada permukiman kumuh pinggiran kota. Wilayahnya terjepit diantara 2 negara nir ramah, Indonesia serta Malaysia. Ia nir punya asal daya alam, sanitasi, infrastruktur serta pasokan air yang jelek. Untuk merangsang pembangunan, Lee meminta donasi internasional namun tidak bertuah.

Selama masa kolonial, ekonomi Singapura dari dari perdagangan impor. Tapi aktivitas ekonomi ini memperlihatkan sedikit prospek untuk perluasan pekerjaan pada periode pasca-kolonial. Penarikan Inggris semakin memperburuk situasi pengangguran.
Solusi yg paling layak buat kesengsaraan ekonomi dan pengangguran Singapura merupakan untuk memulai program industrialisasi yg komperhensif menggunakan penekanan pada industri padat karya. Sayangnya, Singapura tidak mempunyai tradisi industri. Mayoritas penduduk kerjanya adalah pada perdagangan dan jasa. Oleh karenanya, mereka tidak memiliki keahlian atau sifat mudah beradaptasi pada wilayah. 

Tertekan buat mencari pekerjaan bagi penduduknya, para pemimpin Singapura mulai bereksperimen menggunakan globalisasi. Dipengaruhi oleh kemampuan Israel buat melompati tetangga Arabnya yg memboikot mereka serta perdagangan dengan Eropa serta Amerika, Lee dan rekan-rekannya memahami mereka harus terhubung menggunakan negara maju dan meyakinkan perusahaan multinasional mereka buat berinvestasi pada Singapura.

Dalam rangka buat menarik investor, Singapura harus membangun lingkungan yang aman, korupsi, bebas, pajak rendah, dan terlepas dari serikat. Untuk menciptakan ini layak, warga negara wajib menangguhkan ukuran besar kebebasan mereka pada loka pemerintahan yang lebih otokratis. Siapa pun yg tertangkap melakukan perdagangan narkotika atau korupsi intensif akan bertemu dengan sanksi tewas. Individu yang mengancam persatuan nasional, politik, atau perusahaan menggunakan cepat dipenjara tanpa poly proses hukum. Kejam, namun undang-undang yg ramah bisnis pada negara itu sebagai sangat menarik bagi investor internasional. Berbeda dengan tetangga mereka, pada mana iklim politik serta ekonomi yg tak terduga, Singapura pada sisi lain, sangat gampang diprediksi dan stabil. Selain itu, lokasinya yang strategis dan mendirikan pelabuhan transit, Singapura adalah tempat yang ideal sebagai pintu gerbang produk ekonomi.

Pada 1972, hanya tujuh tahun sejak kemerdekaan, seperempat menurut perusahaan manufaktur Singapura entah perusahaan milik asing atau joint-venture, dan ke 2 Alaihi Salam dan Jepang adalah investor primer. Sebagai hasil menurut iklim yang stabil Singapura, kondisi investasi yg menguntungkan dan perluasan yang cepat dari ekonomi global 1965-1972, Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami pertumbuhan tahunan 2 digit.

Selama investor asing masuk, Singapura mulai fokus pada pengembangan asal daya insan, selain infrastruktur. Lalu mendirikan banyak sekolah teknis dan membayar perusahaan-perusahaan internasional untuk melatih pekerja nir terampil mereka di bidang teknologi warta, petrokimia, dan elektro. Bagi mereka yang tidak sanggup mendapatkan pekerjaan industri, pemerintah mendaftarkan mereka di un-tradable jasa energi kerja intensif, misalnya pariwisata serta transportasi. Pada 1970-an, Singapura berfokus pada ekspor tekstil, sandang, dan elektronika dasar. Dengan tahun 1990-an, mereka terlibat pada bidang logistik, penelitian biotek, farmasi, desain sirkuit terpadu, serta teknik kedirgantaraan.

Hari ini, Singapura adalah masyarakat industri yg ultra serta perdagangan impor terus memainkan kiprah sentral dalam ekonomi. Pelabuhan Singapura sekarang merupakan pelabuhan transshipment tersibuk di dunia, melebihi Hong Kong dan Rotterdam. Dalam hal total tonase kargo ditangani, hal itu telah menjadi dunia tersibuk ke 2, di belakang  Pelabuhan Shanghai.

Industri pariwisata Singapura juga berkembang, menarik lebih berdasarkan 10 juta pengunjung setiap tahunnya. Negara-kota ini kini memiliki kebun binatang, malam safari, serta cagar alam. Negara ini membuka kasino resor pada Marina Bay Sands dan Resorts World Sentosa. Industri pariwisata medis dan wisata masakan negara juga sudah menjadi sangat berharga, berkat mosaik yang warisan budaya dan memajukan teknologi medis.

Perbankan telah tumbuh secara signifikan pada beberapa tahun terakhir dan poly aset sebelumnya diadakan di Swiss telah dipindahkan ke Singapura lantaran pajak baru yg dikenakan oleh Swiss. Industri biotek yang sedang berkembang, dengan produsen obat misalnya GlaxoSmithKline, Pflizer, serta Merck & Co semua tanaman membentuk pada sini, dan penyulingan minyak terus memainkan peran besar pada perekonomian.

Meskipun ukurannya yg mini , Singapura sekarang mitra dagang terbesar kelima belas berdasarkan Amerika Serikat. Negara ini telah menciptakan perjanjian perdagangan yg bertenaga menggunakan beberapa negara pada Amerika Selatan, Eropa, serta Asia, juga. Saat ini terdapat lebih dari 3.000 perusahaan multinasional yg beroperasi di negara itu, terhitung lebih dari 2-pertiga berdasarkan hasil manufaktur dan penjualan ekspor pribadi.

Dengan total huma hanya 433 mil persegi serta energi kerja kecil menurut tiga juta orang, Singapura sanggup membentuk PDB yg melebihi $ 300.000.000.000 dolar per tahun, lebih tinggi dari 3-perempat berdasarkan dunia. Angka harapan hayati pada angka homogen-rata 83,75 tahun, urutan ketiga tertinggi secara dunia. Korupsi sangat minim serta begitu pula kejahatan. Hal ini dianggap sebagai galat satu loka terbaik untuk hayati di bumi, apabila Anda tidak keberatan dengan anggaran yg ketat.

Model ekonomi Singapura mengorbankan kebebasan buat bisnis sangat kontroversial dan sangat diperdebatkan. Tetapi terlepas menurut filsafat, efektivitasnya tentu tak terbantahkan.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI