Faktor Faktor Pendorong dan Penghambat Integrasi Nasional Terbaru

Faktor Faktor Pendorong serta Penghambat Integrasi Nasional - Integrasi nasional memiliki dua arti yang tidak sama bila dikaji pada kamus akbar bahasa indonesia, yakni arti politis serta arti antoripologis. Secara antropologis, pengertian integrasi nasional adalah suatu proses menyesuaikan banyak sekali unsur unsur kebudayaan yg bersifat tidak sinkron, dengan tujuan mencapai sebuah keserasian fungsi kehidupan dalam lingkup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sedangkan secara politis, pengertian integrasi nasional merupakan sebuah proses mempersatukan banyak sekali gerombolan masyarakat sosial dan budaya sebagai sebuah kesatuan daerah yang dapat dianggap menggunakan identitas nasional.

Dalam menyusun integrasi nasional, tentunya nir akan pernah terlepas dari faktor faktor pendorong integrasi nasional serta faktor penghambat integrasi nasional itu sendiri. Pada dasarnya perwujudan inegrasi nasional masyarakat dan budaya Indonesia yg bermacam macam pertama kali telah diungkapkan oleh empu tantular yang merupakan empu yang terkenal dalam jaman kerajaan majapahit. Baik perwujudan faktor faktor pendorong dan penghambat  integrasi nasional sudah dituangkan pada kitab sutasoma (sotasoma) serta dalam semboyan bangsa Indonesia "Bhinneka Tunggal Ika" yg ialah merupakan berbeda beda (suku bangsa) tetapi tetap satu jua.
Faktor Faktor Pendorong serta Penghambat Integrasi Nasional
Baik faktor pendorong inegrasi nasional dan faktor penghambat integrasi nasional dalam dasarnya bisa dengan mudah kita temukan pada pembelajaran IPS serta sosiologi pada sekolah menengah atas (SMA). Dalam setiap faktor tadi umumnya pula terdapat model contoh yang dapat kita lihat implementasinya pada kehidupan kita sahari hari.
Baca jua: Bentuk serta Contoh Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan
Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa saja faktor faktor pendorong serta penghambat integrasi nasional jika dikaji dari sudut pandang para pakar.
Faktor Faktor Pendorong Integrasi Nasional
Faktor faktor yg menjadi pendorong terjadinya integrasi nasional merupakan:
  • Faktor sejarah yang menciptakan rakyat mempunyai rasa seperjuangan serta senasib sejak dahulu.
  • Masyarakat mempunyai keinginan buat bersatu menjadi bangsa Indonesia sinkron isi dalam sumpah pemuda dalam lepas 28 oktober 1928.
  • Rasa cinta tanah air yg ada di kalangan warga Indonesia yang sudah dibuktikan menggunakan usaha relatif panjang buat menegakkan, merebut dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.
  • Fakor rasa rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara. Hal ini telah dibuktikan oleh banyaknya pahlawan pahlawan bangsa yg telah gugur di medan perang.
  • Kesepakatan nasional yg telah diwujudkan pada proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, Undang Undang dasar 1945 (Undang-Undang Dasar 1945), Pancasila, Bendera merah putih menjadi bendera negara, lagu Indonesia Raya menjadi lagu kebangsaan, dan bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan.
  • Terdapat simbol dan dasar negara yakni Garuda Pancasila menggunakan menganut semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Dikembangkannya budaya saling tolong menolong dan gotong royong sebagai karakteristik khas bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Gotong royong inilah yang menjadi ciri spesial masyarakat Indonesia serta secara tidak eksklusif pula menjadi galat satu faktor pendorong inegrasi nasional yg saat ini terjadi.
Faktor Faktor Penghambat Integrasi Nasional
Selain memiliki faktor pendorong terjadinya integrasi nasional yang berfungsi buat memperkuat integrasi yg terjadi, tentunya akan terdapat faktor faktor yang dapat Mengganggu terjadi inegrasi tersebut. Adapun faktor faktor penghambat tersebut sudah saya rangkum pada faktor penghambat inegrasi nasional dibawah ini.
Faktor faktor penghambat terjadinya integrasi nasional adalah:
  • Masyarakat Indonesia mempunyai bersifat tidak sejenis atau beraneka ragam jika dicermati dari faktor faktor setiap suku bangsa memiliki budaya, agama, bahasa daerah, ras yang tidak sama beda.
  • Indonesia mempunyai daerah yang begitu luas dant erdiri dari ribuan pulau yang dilingkupi oleh daerah perairann bahari.
  • Besarnya kemungkinan terjadinya tantangan, hambatan, gangguan, serta ancaman yg asal darid alam negeri maupun luar negeri dan dapat mengganggu keutuhan bangsa.
  • Masih sangat besarnya ketidakmerataan infrastruktur pembangunan dan output hasil alam yg akhirnya mengakibatkan disparitas kepuasaan.
  • Munculnya paham mengenai suku bangsa yang seolah menonjolkan kelebihan kelebihan di banyak sekali bidang seperti kebudayaan dan memandang rendah pada kebudayaan suku bangsa lainnya.
  • Semakin melemahnya nilai nilai budaya bangsa yang diakibatkan sang kuatnya impak kebudayaan asing yang akhirnya merubah kepribadian bangsa baik melalui hubungan langsung maupun tudak pribadi.

Contoh wujud integrasi nasional
Dalam faktor faktor pendorong dan penghambat inegrasi nasional, pada dasarnya masih ada model wujud inegrasi nasional yg dapat kita amati pada kehidupan kita sehari hari. Adapun wujud dan model integrasi nasional tersebut adalah sebagai berikut:
  • Dibangunnya taman kecil indonesia indah (TMII) yang berlokasi pada jakarta oleh pemerintah Indonesia. Taman ini resmi dibuka pada tahun 1976, taman ini memuat segala anjungan yg terdapat pada seluruh provinsi yang masih ada di Indonesia. Setiap bagian TMII akan menampilkan banyak sekali macam kebudayaan yang berbeda mulai menurut rumah norma, indera musik, baju istiadat dan lain sebagainya. Selain itu di dalam taman mini indonesia indah jua terdapat aneka macam macam rumah ibadah sinkron agama resmi yang berada pada Indonesia.
  • Sikap toleransi yg dimiliki antar umat beragama. Meskipun agama yg kita miliki tidak selaras satu sama lain kita harus menjaga serta saling bertoleransi dengan cara hormat menghormati disparitas kepercayaan tersebut.
  • Sikap menghargai serta rasa buat ikut memiliki budaya dari wilayah lain. Dalam hal ini jua termasuk impian buat memeriksa budaya yang masih ada dalam wilayah lain. Misalkan warga sunda dengan klimantan. Belajar tarian tata cara dan daerah lain serta lain sebagainya.
  • Diadakannya pekan olahraga nasional atau PON. PON sendiri merupakan perlombaan pada bidang olah raga dalam lingkup nasional yg umumnya diselenggarakan 4 tahun sekali. Melalui pekan olahraga ini lah setiap daerah dapat menyebarkan potensi atletik yang dimiliki atlet pada setiap wilayah tadi yg akhirnya akan diseleksi dan mewakili Negara Indonesia menuju kejuaraan olahraga Internasional.
Cara mendukung terwujudnya integrasi nasional
Adapun cara serta model model buat mendukung terwujudnya integrasi nasional adalah sebagai berikut:
  • Melakukan pertukaran pelajar yg diselenggarakan antar provinsi di Indonesia.
  • Membekali para pelajar dan diberikan misi kebudayaan yang nantinya akan disebar ke aneka macam penjuru Indonesia.
  • Mengadakan festival kebudayaan dan festival seni antar pelajar Indonesia.
  • Mengadakan perlombaan kebudayaan antar pelajar dengan tujuan untuk saling mengenalkan kebudayaan mereka.
Itulah faktor faktor pendorong dan penghambat inegrasi nasional yang terdapat di Indonesia. Menurut aku sendiri faktor penghambat merupakan sebuah cobaan serta ujian bagi bangsa indonesia buat menuju satu kesatuan yg utuh. Untuk menghadapi segala kendala ini maka kita dapat menggunakan faktor pendorong inegrasi nasional itu sendiri.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 Beserta Jawaban Part11 Terbaru