Faktor Kepadatan Penduduk

Penduduk merupakan seorang yg bermukim pada suatu wilayah dalam ketika yg relatif usang. Setiap orang memiliki kriteria tersendiri buat menentukan lokasi tempat tinggalnya.
Di Indonesia contohnya, penyebaran penduduk lebih terpusat di kota besar khususnya pada Jawa. Mengapa bisa terjadi demikian?. Penyebaran penduduk di atas bagian atas bumi dipengaruhi sang berbagai faktor, antara lain:

Baca pula:

1. Faktor fisiografis wilayah
Kenampakan fisik suatu daerah sangat memengaruhi terhadap kepadatan penduduk. Setiap orang pasti akan menentukan daerah yang memiliki sumber air yg baik, daerahnya datar, tanahnya fertile dan lainnya.selain itu syarat cuaca serta iklim pula sangat memengaruhi aglomerasi penduduk. Daerah yang cuacanya hangat dan anomalinya nisbi stabil lebih memungkinkan buat dijadikan sebagai loka tinggal.
2. Faktor sosial budaya
Perubahan pola fikir warga mengakibatkan berkembangnya kondisi fisik suatu wilayah. Hal tersebut akan menjadi magnet bagi rakyat di luar buat datang dan mengadu nasib pada wilayah tersebut. 
3. Faktor ekonomi
Daerah yg pembangunannya sangat pesat akan menarik kaum urban untuk datang serta berkerja disana. Berbagai peluang kerja yang banyak akhirnya mendorong kepadatan penduduk di kota besar seperti Jakarta.
4. Faktor biologis
Tingkat pertumbuhan penduduk suatu daerah berbeda beda. Angka fertilitas yg tinggi dibanding mortalitas akan membuat suatu daerah semakin padat. 
5. Faktor kesalahan rapikan ruang kota
Pembangunan saat ini lebih mengarah pada urban oriented dibanding rural oriented, sehingga pertumbuhan penduduk lebih besar pada kota besar , sedangkan wilayah pedesaan menjadi nir berkembang. Ha tersebut berdampak pada arus urbanisasi yg besar serta desa sebagai kekurangan penduduk. Baca pula: Pola ruang kota Haris Ullman



BSE Geografi SMA kelas XI

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru