Faktor Lokasi Pemukiman

Pemukiman merupakan suatu kenyataan yang timbul lantaran semakin eksisnya manusia pada bumi. Lalu apa itu pemukiman atau settlement?

Pemukiman bisa diartikan sebagai hunian insan mulai menurut yang terkecil sampai pada bentuk besar /perkotaan. Permukiman bisa bervariasi dalam berbagai berukuran berdasarkan yang sangat mini hingga sangat akbar. Mereka dapat sekecil satu tempat tinggal serta berkembang akbar sebagai megacity, tempat tinggal bagi puluhan juta orang. Pemukiman mampu sebagai tetap atau sementara. Pemukiman dibangun pada tempat yang tidak sama buat alasan yg tidak selaras.
Faktor Yang Memengaruhi Lokasi Pemukiman

Ada poly pertimbangan buat membangun sebuah pemukiman dan dalam dasarnya insan lebih bahagia tinggal pada wilayah yang datar, aman serta gampang memasak sesuatu. Berikut ini faktor-fakotr dalam pertimbangan menciptakan sebuah pemukiman.

1. Ketersediaan Bahan
Ketersediaan bahan bangunan dibutuhkan buat menciptakan tempat tinggal serta pula membentuk huma pertanian. Persediaan batu, pasir dan kayu yg cukup sangat diharapkan untuk membangun pemukiman.

2. Ketersediaan Air
Air sangat dibutuhkan buat mencuci, makan, minum serta membersihkan sesuatu. Jadi lokasi pemukiman lebih enak apabila dekat dengan asal air bersih. Daerah yang kering sangat sulit buat dibangun kecuali dengan rekayasa teknologi misalnya pada Dubai UEA.

3. Topografi Datar
Tanah datar sangat baik untuk menanam flora seperti gandum serta sayuran. Hal ini pula lebih gampang buat membangun tempat tinggal pada tanah datar serta lebih mudah buat melakukan mobilitas pada lebih kurang. Wilayah yang curam dan berelief kasar sangat sulit buat dibentuk lahan pertanian lantaran resiko yang tinggi akan longsor.

4. Keamanan
Manusia tentu ingin hayati di daerah yang kondusif entah itu kondusif berdasarkan perseteruan sosial maupun bencana alam. Jadi kondisi masyarakat dan keadaan alam menentukan penentuan lokasi pemukiman. 

5. Ketersediaan Kayu
Kayu sangat diharapkan buat memasak dan tungku pemanas jika pada wilayah subtropis. Kayu juga digunakan buat menciptakan alat-alat dan alat pertanian. Di Indonesia, kayu diharapkan buat kusen rumah.

6. Transportasi
Aksesibilitas menjadi galat satu faktor krusial penentuan lokasi pemukiman. Semakin dekat dengan jalan, rel, terminal, stasiun, pelabuhan, bandara maka pemukiman semakin baik serta mahal.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI