Faktor Penyebaran Flora dan Fauna

Bumi adalah planet di desain khusus buat terciptanya kehidupan. Mahluk hidup berkembang dan hidup pada atas lapisan yang dinamakan biosfer.B iosfer merupakan lapisan yg memungkinkan mahluk hidup buat tumbuh dan berkembang baik itu pada atmosfer, hidrosfer, litosfer serta pedosfer.tidak seluruh lapisan di bumi bisa menunjang kehidupan mahluk hidup. Bumi memiliki keanekaragaman flora dan fauna yg beredar di seluruh penjuru bagian atas bumi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penyebaran tumbuhan serta hewan tadi yaitu

1. Faktor Abiotik
Faktor abiotik adalah faktor benda mangkat misalnya iklim yg meliputi cuaca, suhu, dan kelembaban, relief bagian atas bumi dan syarat tanah. Belahan bumi ini terdiri dari zona-zona iklim yg berbeda yang berpengaruh terhadap jenis tumbuhan dan hewan yang bisa tumbuh pada habitat tadi. Flora serta hewan akan secara alami menyesuaikan diri menggunakan syarat wilayahnya agar bisa bertahan hayati. Tumbuhan tertentu juga hanya hidup menyesuaikan dengan kondisi tanahnya. Kaktus misalnya dapat tumbuh dengan baik pada daerah kering bukan daerah basah. Fauna di wilayah kutub biasanya mempunyai bulu yg tebal buat beradaptasi dengan cuaca yg dingin. 


2. Faktor Biotik
Faktor biotik adalah faktor mahluk hidup, dalam hal ini yg paling dominan adalah insan. Manusia bisa merekayasa tanaman serta mengembangbiakan pada loka yang lain. Di Indonesia di Kebun Raya Cibodas misalnya masih ada pohon sakura yang umumnya terdapat pada Jepang. Sakura tadi dibawa berdasarkan Jepang serta ditanam pada Indonesia. Sedangkan penyebaran tumbuhan hewan yg secara alami dikerjakan oleh tanaman serta hewan itu sendiri. Kita sering lihat di fakta National Geographic mengenai migrasi fauna di afrika buat mencari loka yang lebih baik, sedangkan tumbuhan menggunakan donasi angin bisa menerbangkan bubuk sari serta membuatkan bibit di tempat lain.

Selain itu faktor geologis pula berpengaruh terhadap penyebaran tanaman fauna. Pergerakan lempeng tektonik menyebabkan terjadinya pergeseran benua yang mengakibatkan perpindahan letak/posisi benua tersebut. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya perubahan kondisi fisik wilayah tadi yg berdampak dalam pengadaptasian pulang tanaman serta fauna tadi. Seperti model dahulu gurun sahara adalah daerah tropis serta basah, sedangkan kini berubah sebagai gurun lantaran konvoi lempeng afrika. Flora serta hewan menjadi berubah lantaran perubahan syarat fisik wilayah tersebut.
Sumber serta Gambar:disini disini  disini disini disini  

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI