Faktor Perubahan Kebudayaan

Kebudayaan adalah output cipta, karsa serta rasa insan, oleh karena itu kebudayaan mengalami perubahan dan perkembangan sejalan menggunakan perkembangan peradaban manusia itu sendiri. Perkembangan zaman mendorong terjadinya perubahan-perubahan pada segala bidang termasuk dalam hal budaya dan mau tidak mau budaya dalam seuatu kelompok sosial akan bergeser. Ada 5 faktor yang menjadi penyebab terjadinya perubahan kebudayaan yaitu:
1. Perubahan lingkungan alam
Budaya masyarakat terbentuk salah satunya karena adaptasi berdasarkan masyarakat itu sendiri dengan lingkungan fisik loka tinggalnya. Misalnya budaya rakyat di pesisir laut tentunya akan berbeda dengan budaya masyarakat di pegunungan. Contoh perubahan budaya lantaran adanya perubahan lingkungan alam merupakan budaya di rakyat Banjarmasin. Dulu Banjarmasin merupakan kota yg banyak dialiri singai sebagai akibatnya rakyat banyak yg menggunakan perahu pada beraktifitas. Namun ketika ini kota Banjarmasin poly dibangun jalan raya sehingga budaya penggunaan moda transportasi sungai sekarang banyak beralih ke moda transportasi darat.
2. Perubahan yang disebabkan adanya kontak menggunakan suatu gerombolan lain
Mobilitas yang tinggi waktu ini membuahkan arus pertukaran budaya semakin cepat dan tanpa batas. Contoh konkret merupakan dulu rakyat di Jawa poly yg menganut kepercayaan Hindu tetapi sejak ada pedagang Islam masuk maka cara kehidupan mereka lambat laun berubah mulai menurut sandang, agama sampai perilaku.

3. Perubahan karena adanya penemuan
Perkembangan IPTEK yang pesat menciptakan banyak penemuan misalnya game. Dulu anak-anak Indonesia acapkali memainkan permainan tradisional tetapi ketika ini sejak ditemukannya game seperti PS, Game online dan lainnya perlahan-huma permainan tradisonal mulai ditinggalkan.
4. Perubahan yg terjadi lantaran suatu masyarakat atau bangsa mengadopsi beberapa elemen kebudayaan material yg sudah dikembangkan sang bangsa lain di tempat lain
Contohnya adalah penggunaan aneka macam macam mesin pertanian yg dikembangakan pada negara Eropa atau negara lain. Masyarakat Indonesia dulu nir mengenal teknik pertanian tadi tetapi setelah mengadakan studi banding maka Indonesia mengadopsi metode tadi serta diterapkan pada rakyat Indonesia.
5. Perubahan yang terjadi lantaran suatu bangsa memodifikasi cara hidupnya menggunakan mengadopsi pengetahuan atau agama baru atau lantaran perubahan etos serta konsepsinya mengenai empiris.
Perubahan zaman tentunya akan memaksa manusia buat berubah mengikuti alur zaman itu sendiri. Dahulu rakyat Indonesia poly bergerak pada sektor agraris, namun waktu ini sektor agraris perlahan dirubah ke sektor industri agar kesejahteraan warga semakin tinggi. Apabila dulu petani lebih mengarah dalam subsiten farming tetapi sekarang beralih ke industrial farming.

Gambar:disini

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru