Fungsi Asli dan Turunan Uang

Uang adalah benda yg sah digunakn menjadi indera tukar. Lalu apa saja fungsi dari uang itu?. Fungsi uang dibagi ke pada fungsi orisinil dan fungsi turunan. Begini penjelasan lengkapnya.

a. Fungsi Asli Uang
1. Uang menjadi alat tukar
Apa yang akan kamu lalukan jika memerlukan laptop?. Kamu mungkin akan membelinya pada toko. Setelah kamu membayar harga laptop maka kamu akan menerima barang tersebut. Dalam hal ini, uang yg kamu gunkan buat membeli kitab berfungsi sebagai indera tukar sebagai akibatnya proses tukar-menukar barang akan lebih mudah, cepat dan lancar.

2. Uang menjadi satuan hitung
Uang merupakan satuan ukuran yang memilih besarnya nilai harga berbagai jenis barang. Contohnya nih, Pak Joko membeli sebuah handphone dengan harga 100.000 rupiah. Oleh karenanya kamu bisa menyatakan bahwa nilai handphone yang dibeli Pak Joko merupakan 100.000 rupiah. Jika beliau membeli dua butir handphone maka harganya 200.000 rupiah.
b. Fungsi Turunan
Selain fungsi asli tersebut, uang jua punya fungsi turunan bro atau sekunder. 
1. Uang menjadi indera pembayaran
Jika kita amati maka uang pula acapkali digunakan menjadi alat pembayaran contohnya buat melunasi kewajiban seperti hutang biaya sekolah, pajak serta tagihan lain.
2. Uang menjadi penimbun kekayaan
Beberapa orang nih mungkin punya kelebihan penghasilan sebagai akibatnya uang yg didapat akan ditabungkan baik dalam bentuk deposito atau tabungan serta ini ialah sama menggunakan menimbun kekayaan
3. Uang sebagai alat pemindah kekayaan
Seseorang yang memiliki kekayaan pada bentuk tertentu dapat memindahkan kekayaan itu pada bentuk lainnya melalui uang. Misalnya Mr Jone punya sebidang tanah di Papua, lalu beliau menjualnya seharga 1 milyar rupiah. Nah uang output penjualan tanah tersebut dia pakai buat membangun tempat tinggal pada Jakarta. Artinya ada pemindahan kekayaan menurut Papua ke Jakarta dalam bentuk tidak selaras.

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI