Fungsi pemain Gelandang dalam Kesebelasan Sepakbola

Pemain gelandang ibarat pada sebuah tubuh merupakan jantung yang menyuplai serta mengatur genre darah. Dalam sepakbola, pemain gelandang sebagai kunci ritme dan tempo permainan yg mengatur aliran bola. Makanya seorang kapten kesebelasan umumnya merupakan seorang gelandang.
Pengertian gelandang secara sederhana adalah sebuah posisi antara bek serta penyerang. Walaupun begitu, arti gelandang tidak hanya menjadi mediator antara bek serta penyerang, namun menjadi kunci buat menjalankan taktik permainan. Mengapa gelandang diklaim sebagai kunci permainan? Itu karena posisi gelandang adalah posisi yg mengawali skema penyerangan yg asal dari bek/kiper dan menjadi posisi yg mengawali skema bertahan sebelum tim versus mencapai wilayah pertahanan. Oleh karenanya, dalam posisi gelandang terdapat posisi spesifik didalamnya. Berikut merupakan beberapa jenis dan fungsi dari posisi gelandang:

ozil. Pemain gelandang timnas jerman. Dok blogspot.com
1. Deep Lying Midfielder
Posisi ini berada pada depan posisi bek. Pemain yang berposisi ini berperan sebagai pemain pertama yang mengalirkan bola yang dari berdasarkan lini pertahanan. Saat sebuah tim sedang menyerang, pemain ini berfungsi untuk menjaga pemain versus yg paling depan. Pemain ini juga ikut bertanggung jawab saat sebuah tim sedang menguasai bola, dengan passing pendek ataupun sesekali dengan passing kombinasi (Umpan pendek serta jauh). Posisi ini umumnya dimainkan menggunakan perpaduan 4-dua-3-1 dan 4-4-2 diamond. Pemain yg berposisi ini contohnya merupakan Lionel messi, andik vermansyah, evan dimas, atau wesley sneijder Michael Carrick, dan Sergio Busquets.
2. Deep Lying Playmaker
Posisi ini hampir sama misalnya Deep lying midfielder, namun posisi ini memiliki fungsi lebih, yaitu menjadi pengatur permainan. Posisi ini tak hanya mengatur permainan dari wilayah pertahanan sendiri, tetapi sesekali membuat peluang. Walaupun begitu, umumnya pemain ini sporadis memasuki wilayah kotak pinalti versus. Contoh dari pemain yg berposisi ini merupakan Andrea Pirlo, Xabi Alonso, dan Paul Scholes.
3. Box To Box Midfielder
Posisi ini merupakan posisi yang mencangkupi hampir semua lapangan. Lantaran pemain ini berfungsi dalam penyerangan dan bertahan. Pemain ini wajib mempunyai fisik yang prima lantaran tidak hanya bermain ditengah saja, tetapi harus sanggup membuka ruang pada permainan dan bermain melebar. Contoh menurut pemain yg berposisi ini adalah Ramires, Paul Pogba, dan Arturo vidal.
4. Wide Midfielder (gelandang sisi kanan atau kiri)
Posisi ini seperti seperti Box to box midfielder, namun lebih spesifik, yaitu membantu penyerangan serta bertahan berdasarkan sisi sayap. Pemain ini umumnya mempunyai akurasi umpan silang yang baik buat membentuk peluang pada wilayah pertahanan versus. Contoh menurut pemain yg berposisi ini adalah Antonio Valencia dan David Beckham.
5. Winger (sayap)
Posisi ini bermain diposisi sayap. Tetapi tidak seperti Wide midfielder, posisi ini tidak wajib untuk fokus pada bertahan. Lantaran posisi ini lebih membantu penyerangan dan menciptakan peluang. Pemain yg berposisi ini harus mempunyai kecepatan yg sangat baik. Dan jua, winger ini mencangkupi posisi sayap dalam central midfielder, attacking midfielder, striker. Contoh pemain menurut posisi ini merupakan Eden Hazard, Neymar, dan Gareth Bale.
6. Attacking Midfielder (gelandang serang)
Posisi ini berada diantara penyerang serta central midfielder. Biasanya diisi sang seseorang playmaker lantaran buat mengatur pola penyerangan, memberi umpan pada striker serta terkadang bermain melebar. Lantaran posisinya yg berada dibelakang penyerang, maka fungsi berdasarkan posisi ini untuk membangun peluang dan memberi asist pada striker. Tetapi jika suatu tim sudah memakai deep lying playmaker, maka fungsi posisi ini umumnya sebagai penyerang lubang buat membantu striker. Contoh pemain menurut posisi ini antara lain Oscar, Isco, dan Juan Mata.
Itu merupakan beberapa sub-posisi menurut posisi gelandang. Semoga berguna serta jika ada kesalahan mohon di koreksi. Terima Kasih.
Sumber: kompasiana

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Contoh Soal PG Pendidikan Agama Islam PAI Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part3 Terbaru

INILAH CONTOH ISIAN CATATAN FAKTA PKG 14 KOMPETENSI