Fungsi Pembelajaran Geografi

Geografi menjadi sebuah ilmu tentunya memiliki fungsi, tujuan serta manfaat bagi kehidupan. Sejak menurut era Yunani kuno sampai sekarang, geografi telah mengalami perkembangan yang besar menurut sekedar catatan perjalanan (logografi) hingga menjadi ilmu yang mempunyai sistematika tersendiri. Geografi semakin sophisticated menggunakan berkembangnya teknologi pemetaan serta personal komputer . Segala bentuk kenyataan keruangan dapat tersaji dalam bentuk peta digital ketika ini serta memudahkan pengguna buat menganalisa karakteristik daerah.

Baca pula:

Potensi fisik dan non fisik desa
Ciri pembangunan berkelanjutan
Berikut ini adalah beberapa fungsi pembelajaran geografi bagi kehidupan
1. Mengasah kecerdasan keruangan (spatial intellegent)
Kecerdasan keruangan merupakan suatu kemampuan buat mengenali, mengorganisasikan, serta memanfaatkan suatu ruang buat kesejahteraan manusia. Seorang kepala wilayah yang memiliki kecerdasan spasial tentunya akan tahu tentang ciri wilayahnya serta mampu menyusun kebijakan untkuk menata wilayahnya agar tumbuh sesuai karakteristiknya sebagai akibatnya tidak menghambat tatanan lingkungan yg telah ada.
2. Menguatkan rasa cinta tanah air
Dengan memeriksa kompleksitas wilayah khususnya Indonesia, maka diharapkan rakyat akan semakin tergugah rasa cinta tanah airnya serta akan berusaha semaksimal mungkin buat menjaga dan melestarikan segala potensi sumberdaya yg adalah pemberian Tuhan.
3. Menambah wawasan mengenai kenyataan geosfer
Geografi mengusut segala bentuk fenomena baik fisik maupun sosial di permukaan bumi yg tersebar secara tidak merata. Dengan memeriksa gejala tadi warga akan memiliki pengetahuan tentang hakikat apa?Mengapa?Kapan?Bagaimana?Dimana? kenyataan tadi umumnya terjadi. Artinya manusia akan bisa mengungkapkan secara menyeluruh (keseluruhan) tentang gejala-gejala alam dan sosial yg terjadi pada lingkungan sekitarnya. Baca pula: Soal USBN Geografi dan jawabannya

Itulah model fungsi dan manfaat pembelajaran geografi, jadi geografi merupakan ilmu yg sangat krusial sekali bagi kehidupan.
Baca pula:
Batuan beku intrusif serta ekstrusif
Fenomena el nino dan la nina itu kaya gimana?
Gambar:

Popular posts from this blog

Pembagian Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia Terbaru

Mencari Keliling dan Luas Gabungan Dari Persegi Panjang dan Setengah Lingkaran Terbaru

Contoh Soal USBN Biologi SMA dan Kunci Jawabannya Part3 Terbaru